Sukses

Bukit Sikunir, `Golden Sunrise` di Dataran Tinggi Dieng

Citizen6, Wonosobo: Dieng merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang termasuk ke dalam 2 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letak Dieng ada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Wilayah Dieng memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, dikarenakan suhu udara yang dingin dan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Objek wisata yang dapat dikunjungi antara lain Telaga Warna, Dieng Plateau (tempat pemutaran film tentang kawasan Dieng), Museum Kaliasa, Kawah Sikadang, dan masih banyak lagi.

Tetapi masih ada satu tempat objek wisata yang mungkin jarang dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan tempatnya lumayan jauh dan akses menuju ke tempat itu cukup ekstrim. Apakah objek wisata tersebut? Ya, Bukit Sikunir adalah jawabannya.

Letak Bukit Sikunir tidak jauh dari Telaga Cembong. Bukit Sikunir ini sangat dingin, sehingga orang-orang yang ingin berwisata ke sana harus mempersiapkan pakaian hangat, jaket, sarung tangan, kaos kaki, dan masker. Jika tidak membawa, banyak juga warung-warung kecil di sekitar Telaga Cembong yang menjual peralatan tersebut. Selain menjual berbagai gorengan dan minuman hangat, mereka juga menjual sarung tangan, masker, dan kaos kaki bagi para wisatawan yang kurang persiapan dan tidak bisa menahan dingin pada saat di Bukit Sikunir.

Dari puncak Bukit Sikunir ini kita bisa melihat "golden sunrise" yang indahnya sangat menjanjikan dan sangat bisa memanjakan mata. Biasanya wisatawan yang ingin melihat sunrise secara dekat bisa mendaki bukit ini selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai puncaknya. Sekitar pukul 05.00-05.30 WIB, matahari akan terbit dengan indahnya dan diiringi oleh awan-awan yang tebal. (Ajeng Novita Tunjungsari/mar)

Ajeng Novita Tunjungsari adalah Mahasiswa UNDIP Semarang dan pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.