Sukses

TokoBanten.com, Startup yang Bantu Mempermudah Promosi

Citizen6, Banten: "Awalnya saya tidak pernah berpikir sama sekali untuk masuk ke dunia bisnis ecommerce di Indonesia. Sampai suatu hari, saya sedang tukar pikiran dengan pembimbing lapangan skripsi. Dalam perbincangan tersebut Beliau memberi ide dan menyarankan saya untuk membuat sebuah website jual beli," ujar Lukas.

Berawal dari ide tersebut itulah, muncul ide Lukas untuk menamai website tersebut dengan nama Toko Banten. Kenapa nama tersebut dipilihnya, karena perkembangan Provinsi Banten yang semakin meningkat. Hal tersebut dilihat dari masyarakatnya yang sudah mulai melakukan jual beli melalui internet serta cakupan wilayah Banten yang tidak terlalu luas, sehingga mempermudah user dalam hal jual beli.

Dalam mengembangkan websitenya ini, Lukas juga menceritakan tidak adanya dukungan dari orangtuanya. Karena seperti keinginan orangtua pada umumnya, mereka ingin anaknya mendapatkan  mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang tetap.

"Saat itu saya sempat down, karena orang tua tidak mendukung apa yang saya kerjakan ini. Walau orang tua tidak mendukung, saya tetap berusaha sendiri untuk mengembangkan website tokobanten.com ini agar bisa digunakan dan bisa bermanfaat untuk masyarakat Banten," tutur Lukas.

"Tidak hanya untuk mempermudah masyarakat Banten dalam mempromosikan barang, produk, jasa, dagangan, usaha atau bisnis mereka dengan cara memasang iklan secara gratis, tokobanten.com juga berupaya untuk ikut memajukan ecommerce di Indonesia khususnya pada Provinsi Banten," tambah Lukas.

Untuk memperkenalkan TokoBanten.com kepada masyarakat Banten, Lukas mulai mempromosikannya dengan cara membagikan kupon kode promosi gratis melalui sosial media. Dengan kupon kode promosi ini user bisa mendapatkan sejumlah deposit yang bisa digunakan untuk membeli iklan premium.
 
Contoh Kupon Kode Promosi

Adalah dengan menggunakan url referal. Dengan url referal ini user bisa mendapatkan iklan premium secara gratis, dengan cara mengajak 3 orang teman untuk daftar menggunakan url referal milik user. Setelah 3 orang teman tersebut terdaftar, user akan mendapatkan bonus berupa iklan premium gratis.

Selain menggunakan kupon kode promosi dan url referal, pengembang dari website TokoBanten.com ini juga menggunakan media sosial dalam memperkenalkan websitenya. Yaitu menjalin kerja sama dalam hal promosi dengan Regional Leader, Aktifis Regional, Kaskuser Banten, dan para pemilik dari akun twitter dari wilayah-wilayah yang ada di Provinsi Banten. Lukas juga menggunakan media lain, berupa spanduk yang dipasang di tempat strategis.

Menurut pengakuan Lukas, TokoBanten.com miliknya saat ini belum mendapatkan investor dan semua biaya masih ditanggungnya sendiri. Yaitu didapat dari hasil jasa pembuatan website dan penjualan reseller hosting dan domain.

Untuk mendapatkan investor, hal pertama yang Lukas lakukan adalah emperkenalkan kelebihan dan kekurangan dari website tokobanten.com. Setelah itu berusaha memberikan solusi untuk memperbaiki kekurangan yang ada. (Lukas Agustinus/mar)

Lukas Agustinus adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.