Sukses

Diprediksi, 1 Juta Pencari Kerja Akan Serbu Jakarta Pasca Lebaran

Labor Institute Indonesia memprediksi akan ada 1 juta orang pencari kerja yang akan masuk ke DKI Jakarta pasca lebaran mendatang.

Citizen6, Jakarta: Labor Institute Indonesia atau Institut Pengembangan Kebijakan Alternatif Perburuhan memprediksi akan ada 1 juta orang pencari kerja yang akan masuk ke DKI Jakarta pasca lebaran mendatang. Sebagian besar adalah unskilled workers atau pekerja yang tidak mempunyai skill.

Modusnya sederhana, yakni dengan mengikuti para pekerja yang pulang mudik untuk balik kembali ke Jakarta. Diprediksi lebih kurang 2 juta pekerja formal di sejumlah kawasan industri di DKI Jakarta yang mudik, 50 % nya akan membawa sanak keluarga atau teman-teman dari kampung halaman untuk datang kembali ke Jakarta ketika arus balik.

Para pekerja baru tersebut masuk ke Jakarta dikarenakan lapangan pekerjaan di daerah asal mereka berkurang atau sudah tidak ada lagi. Dikarenakan banyak lahan yang digunakan untuk pembukaan daerah pertambangan baru dan sarana perumahan, khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu Jakarta masih dianggap sebagai "modernisasi" dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka.

Bila fenomena ini tidak segera dicegah, maka akan masalah sosial seperti menjamurnya tenaga kerja informal, pedagang kaki lima, dan peningkatan angka kriminalitas, serta pembukaan pemukiman illegal baru ditengarai akan memperparah kondisi tata kota dan tata social di Jakarta.

Selain itu, kedatatangan jutaan pekerja baru akan mengancam program kerja dari Jokowi-Ahok yang saat ini sedang menata sistem administrasi kependudukan dan penataan wilayah di DKI Jakarta. Oleh karena itu Pemprov DKI Jakarta juga dihimbau agar segera melakukan operasi kependudukan secara simultan pasca lebaran dan melakukan pengawasan disetiap terminal atau pintu masuk provinsi DKI Jakarta ketika arus balik tiba. (Andy William Sinaga/Mar)

Andy William Sinaga adalah Koordinator Kampanye Labor Institute Indonesia dan juga pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini