Sukses

SEO: Perlukah Dilakukan Sendiri atau Sewa Jasa SEO?

Search Engine Optimazion (SEO) merupakan suatu teknik yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan pelanggan baru ke toko online Anda.

Citizen6: Berbisnis secara online atau yang biasa kita kenal sebagai bisnis online kini semakin hari semakin bertambah peminatnya. Para pelaku Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) kini berbondong-bondong membuat toko online untuk melebarkan bisnisnya melalui internet.

Semakin banyaknya saingan, maka tentu Anda membutuhkan branding yang kuat atau toko online Anda bisa lebih mudah di temukan oleh orang lain melalui search engine dengan keyword atau kata kunci yang potensial.

Search Engine Optimazion (SEO) merupakan suatu teknik yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan pelanggan baru ke toko online, karena dengan SEO, toko online atau web bisnis Anda dapat menempati halaman pertama pada search engine yang biasa kita gunakan yaitu google.

Materi teknik SEO atau pengoptimalan mesin telusur sebenarnya telah banyak di bagikan di berbagai forum dan website yang membahas tentang ilmu ini.

Manajemen pembuatan konten yang menggunakan teknik ini, memudahkan untuk berada di halaman pertama google, struktur website dari nama website, url dan platform, begitu juga dengan brand building ke berbagai situs-situs yang relevan.


Lalu apakah Anda perlu melakukan optimasi SEO sendiri atau menyewa jasa SEO?

SEO merupakan sebuah ilmu yang tidak pasti dan berkembang mengikuti jaman. Sebagai praktisi SEO yang telah berpengalaman selama mengoptimisasi banyak client, perubahan dari teknik SEO serta alogaritma search engine itu sendiri sudah banyak dilakukan.
 
Untuk optimasi SEO secara otodidak membutuhkan waktu dan sumber yang terpercaya. Anda dapat melakukan riset tersendiri atau bergabung di berbagai forum dan media diskusi khusus SEO. Atau Anda dapat mencarinya melalui search engine tentang website-website yang membahas tentang SEO, seperti Moz.org dan sebagainya.

 
SEO Bukanlah Sebuah Software

SEO bukanlah suatu software yang bisa kita beli dan di jalankan begitu saja. SEO merupakan suatu proses dimana hampir setiap hari kita melakukan optimasi dengan berbagai cara yang benar dengan membangun branding, dan tentunya website Anda berada di halaman satu pada google dan akan mendatangkan pengunjung yang nantinya akan menjadi customer Anda.

Bila Anda masih memiliki banyak waktu untuk belajar SEO dan  mengoptimasi website Anda sendiri maka lebih baik optimasilah website Anda sendiri. Namun bila Anda masih bingung dengan apa itu SEO dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurus website Anda maka sebaiknya gunakanlah jasa SEO.

Karena biar bagaimanapun akan lebih baik jika website Anda diserahkan kepada ahlinya daripada Anda mencoba-coba website pribadi. Karena jika salah atau berlebihan website Anda bisa hilang dan tidak lagi di tampilkan pada search engine.

Di luar sana banyak jasa SEO yang menyajikan tawaran jasa SEO dengan harga murah. Namun dalam memilih jasa SEO Anda harus tetap berhati-hati, carilah jasa SEO dengan teknik optimasi yang benar atau "White-hat".  Lebih baik cari jasa SEO yang telah terpercaya dan alokasikan dana promosi Anda dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penerimaan konsumen melalui online.

Lalu apa pilihan Anda? Mencoba belajar SEO sendiri atau menyewa Jasa SEO untuk website Anda?(Iqbal Maulana/Mar)

*Iqbal Maulana merupakan pewarta warga dan juga seorang jasa SEO  di Datamaya Consulting, dapat di hubungi melalui e-mail di iqbal@datamaya.com atau http://www.datamaya.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini