Sukses

Cara Mengolah Daging Kambing Kurban Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Ada beberapa tips praktis yang dapat membantu mengurangi aroma khas dan membuat daging kambing menjadi lebih empuk saat dimasak.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga dengan Hari Raya Kurban menjadi salah satu momen penting bagi umat muslim. Tradisi Hari Raya Idul Adha seringkali dikaitkan dengan berbagai hidangan daging sapi dan kambing.

Meskipun memasak daging sapi mungkin terasa cukup sederhana bagi sebagian orang, namun berbeda ceritanya ketika mengolah daging kambing.

Mengolah daging kambing membutuhkan keterampilan khusus, terutama dalam mengatasi aroma khasnya yang cukup kuat. Selain itu, untuk mencapai tingkat keempukan yang diinginkan juga bukan perkara yang mudah.

Ada beberapa tips praktis yang dapat membantu mengurangi aroma khas dan membuat daging kambing menjadi lebih empuk saat dimasak. Berikut beberapa caranya seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Baluri dengan nanas

Ini bisa menjadi trik ampuh untuk mengurangi rasa prengus pada daging. Nanas dikenal karena kandungan asamnya yang bisa membantu mengurangi aroma khas yang kuat pada daging, sekaligus membuat tekstur daging menjadi lebih lembut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan nanas. Lalu oleskan nanas merata pada permukaan daging, kemudian biarkan selama beberapa jam agar meresap sempurna.

2. Rebus daging dengan rempah-rempah

Merebus daging kambing dengan rempah-rempah dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi aroma khas yang kuat pada daging tersebut.

Rempah-rempah dikenal karena aromanya yang tajam dan khas, sehingga mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan aroma tidak sedap pada daging kambing.

Dengan melumuri daging kambing menggunakan campuran rempah-rempah, kita dapat memastikan bahwa hasil masakan akan lebih sedap dan aromanya lebih merata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Rebus daging dengan cuka

Selain rempah-rempah, Anda juga dapat menggunakan cuka untuk menghilangkan aroma prengus dan amis pada daging kambing.

Caranya cukup sederhana, rebus potongan daging kambing dalam air yang telah ditambahkan cuka selama beberapa saat sebelum dimasak atau sebelum diberi bumbu lainnya.

Proses ini dapat membantu mengurangi atau menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing sehingga hasil masakan menjadi lebih enak dan bersih dari aroma prengus.

3 dari 4 halaman

4. Buang lemak daging

Daging kambing seringkali memiliki aroma khas yang disebabkan oleh lemak yang melekat. Untuk mengurangi aroma prengus ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuang bagian lemak yang terlihat pada daging kambing sebelum diolah.

Dengan menghilangkan lemak ini, kita dapat membantu mengurangi sumber aroma yang kuat pada daging kambing.

4 dari 4 halaman

5. Taburi garam

Setelah membersihkan daging kambing, langkah selanjutnya adalah menaburinya dengan garam. Selain untuk menambah cita rasa pada daging, garam juga membantu mengurangi aroma tidak sedap yang mungkin ada pada daging.

Agar garam dapat terserap dengan baik, biarkan beberapa saat sebelum mengolahnya lebih lanjut. Dengan demikian, daging kambing akan lebih nikmat dan bebas dari aroma yang mengganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.