Sukses

10 Buah Enak yang Dapat Turunkan Kolesterol dan Asam Urat

Jangan khawatir lagi dalam memilih camilan jika Anda memiliki kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Ada beberapa jenis buah yang tidak hanya lezat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Ini adalah alternatif camilan yang sempurna. Yuk, simak apa saja buahnya!

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan dikenal kaya akan vitamin dan nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Meski demikian, masih banyak orang yang enggan mengkonsumsinya. Ironisnya, buah bisa menjadi alternatif sehat untuk camilan tidak sehat, terutama bagi mereka yang menghadapi masalah kolesterol atau asam urat. Ada beberapa jenis buah yang tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Berikut adalah daftar 10 buah yang dapat menggantikan camilan sehari-hari dan membantu menurunkan kadar kolesterol serta asam urat, dirangkum pada (22/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Jeruk

Buah pertama yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan asam urat adalah jeruk. Buah ini kaya akan serat pektin, yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selain itu, jeruk mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3 dari 16 halaman

Apel

Apel adalah buah yang kaya akan pektin dan serat larut air lainnya, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam apel juga berperan dalam mengatur kadar gula darah dan menstabilkan asam urat dalam tubuh. Selain itu, apel telah lama dikenal sebagai salah satu buah terbaik untuk program diet sehat.

4 dari 16 halaman

Avokad

Avokad mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal) yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah ini juga kaya serat dan mengandung banyak nutrisi penting lainnya. 

Selain itu, avokad juga tinggi asam folat, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, balita, dan anak-anak guna memaksimalkan perkembangan otak mereka.

5 dari 16 halaman

Pisang

Buah pisang adalah sumber kalium yang sangat baik, dipercaya dapat membantu mengatur tekanan darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga berguna untuk mengendalikan kadar kolesterol. Mengkonsumsi pisang secara teratur juga diyakini dapat menstabilkan asam urat dalam tubuh dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

6 dari 16 halaman

Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa stroberi merupakan salah satu buah yang efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

7 dari 16 halaman

Anggur Merah

Anggur merah memiliki resveratrol, senyawa yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, buah ini mengandung nutrisi penting dan gula alami yang lebih sehat, yang dapat menjadi sumber energi terbaik untuk tubuh.

8 dari 16 halaman

Blueberry

Blueberry dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin yang dapat mengurangi peradangan dan gejala asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi blueberry secara teratur juga diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

9 dari 16 halaman

Delima

Buah delima kaya akan polifenol yang dikenal sebagai punicalagin. Manfaatnya telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Delima bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi jus buah.

10 dari 16 halaman

Kiwi

Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan mengandung serat tinggi, yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mendukung kesehatan pencernaan. Kiwi dikenal sebagai salah satu makanan super yang kaya akan manfaat kesehatan. Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

11 dari 16 halaman

Pir

Pir mengandung serat larut air yang bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, pir merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh semua orang, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu harian secara rutin.

12 dari 16 halaman

Buah Apa yang Menghilangkan Kolesterol dan Asam Urat?

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

 

13 dari 16 halaman

Buah Apa yang Paling Cepat untuk Menurunkan Kolesterol?

Selain pisang dan alpukat, beri juga termasuk dalam daftar buah yang efektif untuk menurunkan kolesterol dan baik dikonsumsi setiap hari. Buah beri memiliki indeks glikemik rendah, sehingga selain menurunkan kolesterol, mereka juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

14 dari 16 halaman

Sayur Apa yang Boleh Dimakan Orang Tinggi Asam Urat dan Kolesterol?

Secara umum, sayuran yang tidak tinggi purin cocok untuk penderita asam urat dan kolesterol. Beberapa sayuran rendah purin lainnya termasuk kentang, timun, dan kubis.

15 dari 16 halaman

Apakah Timun Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat?

Timun memiliki kandungan purin yang rendah dan banyak mengandung air, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki asam urat dan kolesterol.

 

16 dari 16 halaman

Buah Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Orang yang Punya Asam Urat?

Fruktosa yang terdapat dalam makanan kemasan dapat merangsang produksi asam urat yang berlebihan. Selain minuman kemasan, fruktosa juga ada dalam beberapa buah seperti apel, pir, anggur, dan kurma. Buah-buahan ini sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini