Sukses

5 Sunscreen Anak yang Aman untuk Lindungi Kulit dari Sinar UV

Berikut 5 rekomendasi sunscreen yang aman diberikan untuk si kecil.

Liputan6.com, Jakarta Sinar matahari atau ultraviolet (UV) memiliki banyak manfaat demi kelangsungan hidup di bumi. Tidak hanya itu, sinar matahari juga memiliki sumber vitamin D yang baik bagi tubuh, salah satunya membantu proses pembentukan tulang pada anak.

Namun meski bermanfaat, paparan sinar UV langsung ke kulit dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan. Beberapa efek bahaya dari paparan sinar matahari berlebih yaitu perubahan kondisi kulit, sunburn, sistem imun yang menurun, hingga kanker. Satu cara untuk menghindari efek buruk ini yaitu dengan menggunakan sunscreen.

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, efek paparan sinar matahari berlebih juga dapat terjadi pada anak-anak. Oleh sebab itu, anak-anak sudah boleh menggunakan sunscreen. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa anak-anak hanya boleh menggunakan sunscreen jenis physical atau mineral sunscreen.

Physical sunscreen adalah sunscreen yang tidak meresap ke dalam kulit, melainkan hanya membentuk sebuah lapisan pelindung di atas kulit. Ciri dari sunscreen jenis ini yaitu memiliki kandungan titanium dioxide atau zinc oxide di dalamnya.

Berikut 5 rekomendasi sunscreen yang aman diberikan untuk si kecil.

1. Mama’s Choice

Sunscreen anak dari Mama’s Choice ini merupakan mineral sunscreen yang terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk kulit sensitif. Dengan SPF 30 PA++, tabir surya ini turun mengandung avocado yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas, serta aloe vera yang dapat melembabkan kulit secara alami.

Sunscreen ini bekerja dengan memblokir dan memantulkan sinar UVA/UVB yang memapar si kecil. Untuk hasil yang maksimal, gunakan produk ini secara merata pada seluruh bagian tubuh yang tidak tertutupi kain. Selain itu, selalu reapply sunscreen setiap 2 jam sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Expert Care Physical Sunscreen

Expert Care Physical Sunscreen merupakan sunscreen yang dikembangkan oleh dokter anak dan dokter kulit. Sunscreen ini merupakan 100% physical sunscreen sehingga aman digunakan oleh anak, bahkan sejak usia 6 bulan. 

Selain mengandung titanium dioxide dan zinc oxide, produk ini juga dilengkapi dengan niacinamide, hyaluronate, serta multiple ceramides yang dapat bermanfaat untuk mencerahkan, melembabkan, serta mengurangi hiperpigmentasi.

Gunakan sunscreen ini minimal 15 menit sebelum aktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang terpapar sinar matahari. Serta aplikasikan pada bagian tubuh yang tidak tertutup kain seperti wajah, tangan, dan kaki.

3. Glowby Daily Sunscreen

Daily Sunscreen Glowby merupakan sunscreen anak yang memiliki proteksi hingga SPF 50. Selain optimal dalam melindungi kulit anak dari sinar matahari, produk ini juga diperkaya dengan berbagai kandungan seperti niacinamide, aloe vera, serta ekstrak centella asiatica yang dapat mencerahkan serta menjaga kondisi kulit.

Sunscreen ini dapat digunakan mulai dari bayi mulai usia 6 bulan serta sudah water resistant (tahan air). Dengan demikian, orang tua tidak perlu khawatir karena sunscreen ini tidak mudah luntur oleh keringat maupun dibawa untuk aktivitas berat seperti olahraga. 

3 dari 3 halaman

4. Moell Sunscreen

Moell Sunscreen SPF 50+ ini memberikan perlindungan maksimal bagi kulit anak dan bayi dari paparan sinar UVA dan UVB. Dengan 100% mineral sunscreen, produk ini juga dilengkapi dengan formula water resistant sehingga tahan terhadap air maupun keringat.

Telah melalui uji dermatological tested dan hypoallergenic tested, Moell Sunscreen juga aman digunakan oleh kulit sensitif. Selain itu, terdapat pula kandungan organic avocado oil, calendula oil, serta argan oil yang dapat menutrisi kulit si kecil.

5. Beeme Honey Sunscreen Lotion

Honey Sunscreen Lotion dari Beeme merupakan sunscreen yang telah dilengkapi dengan niacinamide sehingga dapat membantu memperkuat skin barrier. Selain itu, proteksi produk ini mencapai SPF 50+++ yang dapat melindungi kulit anak secara maksimal dari paparan sinar matahari.

Diformulasikan untuk segala usia, sunscreen ini aman digunakan oleh bayi mulai dari usia 6 bulan. Selain itu, anak-anak, ibu hamil, serta ibu menyusui juga dapat merasakan manfaat dari produk sunscreen dari Beeme ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.