Sukses

5 Langkah Skincare Routine untuk Remaja, Simpel dan Bikin Kulit Sehat!

Berikut 5 langkah skincare routine untuk remaja yang efektif dan bikin kulit sehat.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari jerawat merupakan impian setiap orang, terutama para wanita. Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu melakukan perawatan secara rutin atau yang biasa dikenal dengan skincare routine.

Bagi kamu remaja perempuan yang mulai peduli dengan penampilan mungkin akan bertanya-tanya mengenai langkah memulai skincare routine yang tepat untuk remaja. 

Skincare routine yang ideal umumnya menggunakan berbagai produk yang tidak jarang memakan waktu serta biaya yang lebih. Sedangkan untuk para remaja yang umumnya memiliki segudang aktivitas dengan budget yang terbatas, tidak perlu melakukan demikian.

Kamu bisa menggunakan beberapa produk skincare esensial atau yang dikenal dengan basic skincare. Apabila digunakan dengan benar dan rutin, produk basic skincare saja sudah sangat cukup dalam memperbaiki serta melindungi kulit wajahmu agar sehat.

Berikut 5 langkah skincare routine untuk remaja yang efektif dan bikin kulit sehat.

1. Membersihkan Wajah (Pagi dan Malam)

Membersihkan wajah merupakan hal mutlak yang wajib dilakukan oleh semua orang. Cuci muka dilakukan minimal dua kali dalam sehari, idealnya pada pagi dan malam. Terlebih untuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, mencuci muka membantu membersihkan kotoran penyebab jerawat di wajah.

Pilihlah sabun muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Hindari juga menggosok wajah terlalu keras karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit serta membuat kulit kering.

Dalam membersihkan, gunakan pola melingkar dengan lembut dan pastikan setiap sisi wajah tersentuh oleh sabun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Toner (Pagi dan Malam)

Toner bertujuan untuk melembutkan, menghidrasi, serta mempersiapkan kulit kamu untuk perawatan selanjutnya. Pilihlah toner yang sesuai dengan permasalahan kulit kamu, serta perhatikan cara penggunaan setiap produk. Pastikan produk yang kamu pilih aman digunakan untuk remaja seusiamu.

Misalnya bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, maka pilihlah toner untuk mencerahkan. Sedangkan bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering dapat memilih toner untuk menghidrasi kulit.

3. Moisturizer (Pagi dan Malam)

Pelembab menjadi salah satu basic skincare yang juga tidak boleh ditinggalkan, Kulit yang terhidrasi merupakan kunci dari kulit yang sehat. Gunakan moisturizer setiap selesai membersihkan wajah. Selain menjaga kelembaban wajah, pelembab juga membuat kulit semakin kencang dan terhindar dari kerutan dini.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, moisturizer juga tetap diperlukan. Namun pilihlah pelembab yang ringan dan bisa digunakan di jenis kulit berminyak. Lalu, jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, kamu bisa memiliki pelembab yang berbentuk gel. Sedangkan jika kamu memiliki kulit sensitif, hindari pelembab yang memiliki tambahan pewangi.

3 dari 3 halaman

4. Sunscreen (Setiap Pagi dan Siang)

Indonesia sering kali memiliki cuaca yang sangat panas, terutama bagi kamu yang tinggal di kota besar. Pada saat pagi dan siang hari, sinar matahari yang masuk ke bumi mengandung sinar UV yang tidak baik bagi kesehatan kulit. 

Oleh sebab itu, sunscreen merupakan produk yang sangat penting digunakan bagi kamu yang melakukan kegiatan di luar ruangan atau di dalam ruangan yang masih terpapar sinar matahari. 

Pilihlah sunscreen yang mengandung minimal 30 SPF atau lebih tinggi agar mendapatkan proteksi yang maksimal. Jangan lupa untuk melakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali. Selain itu, kamu juga bisa memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Perhatikan petunjuk pada kemasan produk.

5. Eksfoliasi (Seminggu Sekali)

Optimalkan seluruh perawatan yang kamu lakukan dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah perawatan yang berguna untuk mengangkat minyak, kotoran, serta sel kulit mati di permukaan kulit. 

Kamu bisa mulai melakukan eksfoliasi dengan produk yang mengandung bahan aktif dengan persentase yang rendah. Dengan demikian, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan gentle dan cocok untuk pemula.

Eksfoliasi dapat dilakukan minimal seminggu sekali. Frekuensi ini dapat ditingkatkan menjadi dua atau tiga kali seminggu apabila kulitmu sudah terbiasa dengan eksfoliasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.