Sukses

Mudah Ditiru, Ini Trik Lepasksn Daging Kelapa dari Cangkangnya Tanpa Pisau

Dengan cara ini, daging kelapa yang berwarna putih dapat dilepaskan dengan sangat mudah, bahkan hanya dengan centong nasi. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jika ada yang sering pergi ke toko kelapa, pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian berwarna putih yang ada dalam kelapa. Nah, itu sebenarnya merupakan daging kelapa.

Melansir dari Healthline, daging kelapa memiliki segudang manfaat seperti meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan, hingga membantu pencernaan.

Terlebih lagi, daging kelapa juga dapat diolah menjadi bahan makanan seperti santan dan minyak kelapa. Selain itu, serundeng diketahui juga diolah dari parutan kelapa.

Meski memiliki banyak manfaat, daging kelapa cenderung sulit untuk dilepaskan dari cangkang. Namun, ada cara yang jauh lebih mudah untuk melepaskan daging kelapa, seperti yang dijelaskan oleh kanal YouTube Asty Arsyad Official.

Pada salah satu video yang diunggah, ia tidak menggunakan pisau, melainkan centong nasi. Lalu, apa yang harus dilakukan agar daging kelapa bisa dilepaskan dengan mudah? Dirangkum pada Minggu (16/6/2024), simak langkah-langkahnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Panaskan Air hingga Mendidih

Selain untuk melunakkan daging sapi atau ayam, rebusan air mendidih juga dapat melunakkan daging kelapa agar mudah dilepaskan.

Rebus air dalam panci hingga mendidih. Gunakan panci yang agak besar agar kelapa bisa muat masuk ke dalam panci.

3 dari 10 halaman

Rebus Kelapa

Masukkan kelapa ke dalam rebusan air mendidih dalam keadaan terbuka, lalu diamkan sejenak selama 5-10 menit.

Jangan lupa untuk membelah dan mencuci semua kelapa yang ingin dilepaskan dagingnya sebelum direbus di air mendidih.

4 dari 10 halaman

Aduk Rebusan Kelapa

Sembari menunggu 5-10 menit, aduk rebusan kelapa sambil dibolak-balikkan agar semuanya bisa terkena air panas.

Jika sudah 10 menit, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan kelapa satu per satu.

5 dari 10 halaman

Lepaskan Daging Kelapa

Siapkan centong nasi untuk mengambil daging kelapa beserta capitan untuk menjaga kelapa agar tetap seimbang.

Bisa dilihat, daging kelapa dapat dilepaskan dengan utuh dan sangat mudah walau hanya menggunakan centong nasi.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Membuka Kelapa?

Untuk mengupasnya, pegang erat buah kelapa, lalu tancapkan pisau untuk membuang kulitnya hingga dekat dengan tempurung. Kemudian, putar buah kelapa dan kupas kulitnya dalam posisi miring. Teruskan hingga tempurung kelapa terlihat.

7 dari 10 halaman

Membersihkan Sisa Serabut pada Permukaan Tempurung Kelapa Menggunakan Apa?

Setelah itu, serabut halus yang tersisa di permukaan batok dibersihkan dengan menggunakan amplas. Batok kemudian dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diperlukan untuk kerajinan yang akan dibuat. Permukaan batok dihaluskan dengan amplas dan digosok secara merata.

8 dari 10 halaman

Apakah Batok Kelapa Bisa Terurai?

Batok kelapa merupakan bahan yang dapat terurai secara alami oleh mikroorganisme di tanah. Tanpa melalui proses tambahan, baik batok kelapa mentah maupun batok kelapa bekas produksi, keduanya dapat membusuk dan terurai secara alami oleh lingkungan.

9 dari 10 halaman

Daging Kelapa Diolah Menjadi Apa?

Biji buah kelapa memiliki kemampuan untuk dijadikan kelapa parut yang kering sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Kelapa parut kering tersebut dapat diubah lagi menjadi beragam produk makanan, termasuk tepung kelapa, kue kering, krim kelapa, manisan kelapa, kelapa panggang, dan keripik kelapa.

10 dari 10 halaman

Apa Manfaat Daging Buah Kelapa?

Manfaatnya  adalah memelihara kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung penurunan berat badan, serta menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini