Sukses

Jenis-jenis Hari Kiamat dan Tanda-tandanya, Sudah Tahu?

Hari kiamat atau biasa disebut sebagai hari akhir merupakan hari dimana berakhirnya kehidupan manusia yang ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta.

Liputan6.com, Malang Hari kiamat adalah saat terakhir bagi semua makhluk hidup di dunia ini, dengan kehancuran alam semesta dan isinya. Tidak ada yang bisa mengetahui kapan hari kiamat akan tiba, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-A’raf ayat 187:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةًۭ ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ١٨٧

Yang artinya: "Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” 

Al-Qur’an dan hadist memberikan banyak penjelasan mengenai hari kiamat dan bagaimana kiamat akan terjadi. Walaupun waktu pastinya tidak diketahui, Allah telah memberikan pengetahuan tentang tanda-tanda dan jenis-jenis kiamat yang akan terjadi. Berikut adalah penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Jenis-jenis Kiamat

Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa terdapat dua jenis kiamat, yaitu kiamat kecil (kiamat sugra) dan kiamat besar (kiamat kubra) yang menandakan akhir kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi.

 

3 dari 10 halaman

Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil

Dalam bahasa Arab, "sugra" berarti kecil. Kiamat sugra merujuk pada kehancuran sebagian kecil alam semesta, yaitu berakhirnya kehidupan individu atau sebagian makhluk di bumi. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

"Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, 'Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat,'" (H.R. Bukhari).

Berikut ini adalah contoh-contoh kiamat sugra:

  • Bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, longsor, banjir, atau angin topan yang menyebabkan kehancuran dan kerugian bagi individu serta wilayah yang terkena dampaknya.
  • Kematian, sebagai akhir dari kehidupan seseorang, juga dapat dianggap sebagai kiamat sugra.
4 dari 10 halaman

Kiamat Kubra atau Kiamat Besar

Dalam bahasa Arab, kata "kubra" berarti besar. Istilah kiamat kubra merujuk pada kiamat yang sesungguhnya. Kiamat kubra dimulai dengan tiupan terompet Israfil, malaikat yang bertugas meniup sangkakala, yang menandakan kehancuran alam semesta beserta isinya. Dalil mengenai kiamat kubra dapat ditemukan dalam surah Al-Qari'ah ayat 1-11.

“Hari kiamat; apakah hari kiamat itu?; Dan tahukah kamu apa hari kiamat itu?; Pada hari itu manusia seperti laron yang berterbangan; dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan; maka adapun orang yang berat timbangan [kebaikan]-nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan [senang]; dan adapun orang yang ringan timbangan kebaikannya; maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah; Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?; Yaitu api yang sangat panas,”.

5 dari 10 halaman

Tanda-tanda Kiamat Kubro

Kiamat kubro memiliki tanda-tanda yang luar biasa, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Berikut adalah tanda-tanda besar yang menandakan datangnya kiamat kubro.

Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj dijelaskan dalam Al-Quran sebagai kaum yang merusak bumi. Mereka memiliki ciri-ciri seperti mata sipit, hidung pesek, dan rambut pirang, serta terkurung dalam lembah diapit oleh dua gunung oleh Raja Zulkarnain. Dengan tembok besar yang mengelilingi mereka, mereka tidak bisa keluar.

Munculnya Dajjal

Kedatangan Dajjal adalah tanda kiamat yang mendekat. Dajjal, makhluk Allah, memiliki ciri-ciri unik: rambut keriting, satu mata di sebelah kiri, dengan kata "kafir" di dahinya, dan akan muncul di Danau Tiberias.

Dajjal dapat memerintahkan langit untuk hujan setelah kemarau panjang, menyebabkan kesulitan bagi tumbuhan dan hewan. Namun, dia juga mampu membuat tanah subur sehingga tumbuhan dan hewan ternak dapat berkembang.

Munculnya Imam Mahdi

Imam dalam bahasa Arab artinya pemimpin, sementara Mahdi adalah orang yang mendapat petunjuk. Jadi, Imam Mahdi adalah utusan Allah yang dipilih sebagai pemimpin dan diberi petunjuk.

Ciri-ciri Mahdi termasuk keturunan Nabi Muhammad, berwajah lebar, dan hidungnya mancung. Dia akan melawan kekejaman Dajjal yang sebelumnya berkuasa, meniadakan segala tindakan jahatnya.

Turunnya Nabi Isa AS

Imam Mahdi dan Nabi Isa akan bersama-sama melawan Dajjal. Nabi Isa tidak datang dengan ajaran baru, tetapi memperkuat iman kepada Allah.

Matahari Terbit dari Barat

Salah satu tanda kiamat yang mencengangkan adalah matahari terbit dari arah barat, seperti yang disebutkan dalam Hadis Muslim.

“Hari kiamat tidak akan datang sebelum matahari terbit dari arah barat. Ketika matahari terbit dari barat, semua akan berubah menjadi beriman. Namun, iman seseorang sudah tidak lagi bermanfaat jika sebelumnya tidak beriman atau tidak mendapatkan manfaat dari imannya itu”.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis dan tanda-tanda hari kiamat. Allah adalah sebaik-baiknya pengampun bagi hamba-Nya. Oleh karena itu, sebelum Allah menutup pintu ampunan, hendaknya kita sebagai manusia harus mawas diri dan beribadah hanya kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

6 dari 10 halaman

Hari Kiamat Jatuh Pada Hari Apa?

Menurut riwayat dari Aus, Rasulullah SAW pernah menyatakan: "Hari yang paling mulia bagi kalian adalah Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan meninggal, serta pada hari itu akan terjadi tiupan sangkakala dan kehancuran kiamat.

 

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Kiamat Akan Terjadi?

Dalam Kitab Ihya' Ulumuddin yang ditulis oleh Imam al-Ghazali, disebutkan bahwa hari kiamat akan berlangsung selama 50 ribu tahun.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Hari Kiamat Akan Terjadi?

Awal Hari Kiamat dimulai ketika malaikat Isrofil meniup sangkakala, mengakibatkan kehancuran bumi dan segala isinya. Kapan Hari Kiamat akan terjadi tidak dapat diprediksi karena itu merupakan rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT, tidak ada yang dapat mengetahuinya.

9 dari 10 halaman

Apa Contoh Hari Kiamat?

Kiamat besar digambarkan sebagai kehancuran total alam semesta beserta isinya, di mana matahari, bumi, dan planet lain tidak lagi berputar pada porosnya dan saling bertabrakan. Bumi mengalami guncangan dahsyat, tanpa ada makhluk yang tersisa di permukaannya.

10 dari 10 halaman

Apa itu Kiamat Kecil?

Kiamat sugra, yang juga dikenal sebagai kiamat kecil, adalah saat di mana kehidupan di dunia berakhir sebelum kiamat kubra atau kiamat besar terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini