Sukses

Nex Carlos Bikin Perusahaan Investasi Khusus Kuliner, Suntik Modal ke UMKM Daerah

Nex Carlos bercerita, untuk menyiapkan masa pensiun, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan berinvestasi dari sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan konten kreator atau youtuber kuliner Nex Carlos. Pria yang suka jalan-jalan dan menjajal kuliner hiden gem di kota-kota di seluruh Indonesia ini ternyata memiliki perusahaan investasi.

Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini tengah membangun sebuah perusahaan penyertaan modal atau modal ventura khusus bisnis kuliner Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Nex Carlos bercerita, untuk menyiapkan masa pensiun, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan berinvestasi dari sejak dini. Ada dua investasi yang dijalankan saat ini yaitu berinvestasi di pasar keuangan danjuga berinvestasi di sektor riil.

"Gua tuh ending-nya selalu pengen jadi investor. Pensiunnya gua tuh pengennya jadi investor," jelas dia dalam siniar dengan Raditya Dika dikutip Minggu (16/6/2024).

Untuk itu, dia pun kemudian mendirikan sebuah perusahaan investasi yang mendanai UMKM kuliner yang potensial. Mengapa masuknya UMKM Kuliner?

Food vlogger ini menjelaskan bahwa usaha kuliner merupakan bidang yang ia kuasai saat ini. Seperti diketahui bahwa dia sering mencoba berbagai makanan di banyak kota dengan jargon anabel atau analisis gambel dan makan cuy ini.

Perusahaan modal ventura ini akan mendanai UMKM kuliner di daerah untuk dibawa ke ibu kota dan bisa dibranding dengan baik.

 

"Jadi ini perusahaan investasi, bukan perusahaan kuliner. Jadi pendanaan khusus untuk perusahaan kuliner," terang dia.

 

Salah satu UMKM yang telah didanai adalah Gudeg Mercon Bu Prih. UMKM ini dibawah youtuber dengan subscriber 4,99 juta dari Yogyakarta ke Jakarta.

Tak tanggung-tanggung Gudeg Mercon Bu Prih dibawa oleh Nex Carlos ke kawasan elit Pantai Indah Kapuk dan Sudirman Central Busines District (SCBD) Senayan.

Sulit Ajak UMKM Bekerja Sama

Nex pun bercerita bahwa sulit untuk meyakinkan UMKM untuk berkembang. Butuh pendekatan khusus untuk bisa melakukan hal tersebut.

Hal ini terjadi karena biasanya para UMKM di daerah memang hidup seadanya dan tidak ambisius. "Bu Prih ini orangnya mau maju. Enggak semua bisa diajak," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Food Vlogger Nex Carlos Alami “Kecelakaan” Saat Makan Soto di Tangerang

Sebelumnya, konten kreator makanan Nex Carlos viral di media sosial lantaran mengalami “Kecelakaan” saat bekerja. Detik-detik kecelakaan yang dialaminya pun dibagikan dalam sebuah video singkat.

Seperti konten makan yang biasa dibagikan, dalam video ini ia pun melakukan pembukaan. Food vlogger ini pun menerangkan bahwa dirinya sedang berada di Tangerang untuk me-review sebuah makanan yang dijual di sana.

Makanan kali ini adalah soto bening yang terkenal murah. Satu porsinya hanya Rp6.000.

“Gua lagi mau nyari sarapan di Tangerang, sotonya cuman enam ribu, hari gini fi Jabodetabek masih ada yang jual soto harganya enam ribu,” kata Nex Carlos dalam video yang diunggah di akun Instagram centang biru @nexcarlos.

Untuk memastikan, Nex pun bertanya pada penjual soal harga soto itu.

“Beneran soto seger cuma enam ribu? Dapat apa aja?” tanyanya.

“Iya, dapat soto nasi campur,” jawab penjual.

Soto pun sudah dihidangkan di meja lengkap dengan nasi. Tanpa basa-basi, Nex menyeruput kuah soto yang bening dan menggugah selera.

“Bener nih soto seger,” katanya.

Namun, pada suapan berikutnya kecelakaan itu pun terjadi. Saat hendak menyuap nasi dan soto ke mulut, Nex tiba-tiba terjatuh. Wajahnya membentur mangkuk yang berisi kuah soto dengan sendok masih di dalam mulut. Kecelakaan itu pun membuat mangkuk sotonya tersenggol dan isinya tumpah.

3 dari 3 halaman

Akibat Kursi Patah

Nex yang jatuh sontak menjadi perhatian pengunjung lain. Pasalnya, jatuhnya Nex menimbulkan suara yang keras.

“Apaan tuh?” kata seorang pelanggan.

“Patah ya? (kursinya),” kata pengunjung lainnya.

Diduga, jatuhnya Nex secara tiba-tiba diakibatkan kursi yang diduduki patah. Diduga Nex duduk di kursi plastik yang sudah tidak kuat menopang tubuhnya sehingga patah dan membuat pria bertubuh tambun itu jatuh. 

Video itu pun diberi judul “’Kecelakaan’ dalam Bekerja! Malu Banget! Ini Semua Gara-Gara Soto Rp6.000.”

“Men! Di Video ini pasti kalian bakalan puas banget ngetawain gue,” tulisnya dalam keterangan video.

Meski begitu, ia tetap me-review soto yang ia makan di kolom keterangan video.

“Dan sekaligus terheran-heran dengan soto yang yang gue makan ini, karena harganya cuman Rp6.000! Kelewat murah!”

Menurutnya, dengan harga semurah itu, porsi sotonya termasuk banyak. “Badabest pula, walaupun selesai makan dengan rasa malu,” ungkapnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini