Sukses

Bukan Diberi Garam, Ini Cara Rebus Rebung Agar Tidak Bau Pesing

Merebus rebung dijamin lezat tanpa bau pesing sama sekali. SImak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan tekstur yang gurih dan rasa yang nikmat, rebung sering kali dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan masakan. Selain itu, rebung juga dikenal sebagai isian lumpia yang sangat lezat.

Namun, rebung tentu hanya terasa enak saat sudah matang. Ketika masih mentah, rebung malah cenderung pahit dan mengeluarkan bau pesing. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang tidak mau menyimpan dan merebus rebung sendiri di rumah.

Padahal, bau pesing tersebut bisa diatasi dengan sangat mudah seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Hanami spice. Bahkan, ia tidak menggunakan garam untuk menghilangkan bau pesing pada rebung.

Jadi, bahan pengganti apa yang digunakan agar rebung tidak bau. Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Rabu (08/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Cuci Rebung Sampai Bersih

Siapkan rebung yang ingin direbus, lalu cuci sampai bersih dengan air mengalir. Setelah itu, belah atau potong rebung kecil-kecil agar nanti bisa lebih mudah tercampur dengan bahan yang lain saat direbus.

3 dari 11 halaman

Tambahkan 2 Bahan ini

Masukkan rebung yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam panci, lalu tambahkan satu batang serai dan satu buah jeruk limau ke dalam panci. Serai dan jeruk limau memang sudah terbukti dapat memberikan aroma tambahan sekaligus menyingkirkan bau amis atau pesing pada makanan.

4 dari 11 halaman

Rebus Selama 3 Menit

Tuangkan sedikit air ke dalam panci sampai rebung terendam, lalu nyalakan api kompor. Setelah rebusan mulai mendidih, tunggu dan biarkan rebung direbus selama tiga menit dalam keadaan terbuka.

5 dari 11 halaman

Tiriskan Rebung

Jika sudah tiga menit, matikan kompor lalu tiriskan rebung memakai saringan. Jika masih basah, bilas rebung lagi dengan air mengalir. Dengan cara ini, rebung dijamin tidak akan bau pesing lagi saat diolah.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Rebung

7 dari 11 halaman

Apakah Rebung Harus Direbus Dulu Sebelum Dimasak?

Sebelum diolah, rebung perlu direbus sebelumnya. Metode perebusannya berbeda dari cara merebus bahan makanan biasanya. Saat memasak rebung, air rebusan perlu diperkaya dengan beragam rempah-rempah.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengolah Rebung Agar Tidak Bau?

Anda dapat menghilangkan aroma tidak sedap dan rasa pahit dari rebung dengan cara merendamnya dalam air garam selama 30 menit. Setelah proses perendaman selesai, bilas rebung dengan air bersih. Setelah itu, rebung siap untuk dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau metode lainnya sesuai keinginan Anda.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Rebung Agar Tidak Pahit?

Untuk mengurangi bau dan rasa pahitnya, rebung dapat dimasak dengan cara sederhana menggunakan air garam. Proses merebusnya dengan air garam membutuhkan waktu sekitar 45-50 menit.

10 dari 11 halaman

Rebung untuk Mengobati Apa?

Nutrisi yang terdapat dalam rebung mencakup serat, protein, antioksidan, dan kalium. Kandungan nutrisi yang beragam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

11 dari 11 halaman

Apakah Semua Jenis Rebung Bisa Dimakan?

Rebung tidak semuanya dapat dikonsumsi berdasarkan rasa. Terdapat tiga varian rasa pada rebung: ada yang amat pahit sehingga tidak layak untuk dikonsumsi, ada yang manis dengan sedikit rasa pahit yang harus diolah terlebih dahulu, dan ada yang manis langsung bisa dimasak sebagai sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini