Sukses

Rahasia Lumpia Rebung Tanpa Bau Pesing, Cuma Direbus 1 Bahan Dapur

Hanya dengan satu bahan dapur ini, lumpia rebung akan terbebas dari bau pesing yang mengganggu. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Lumpia rebung atau yang juga dikenal sebagai lumpia semarang adalah kudapan seperti rolade yang berisi udang, rebung, telur atau daging ayam.

Diketahui lumpia rebung pertama kali dibuat di Semarang pada sekitar abad 19. Makanan ini dibawakan oleh seorang pendatang dari Fujian. Oleh karena itu, lumpia rebung juga dikenal sebagai perpaduan kuliner Jawa dan Tionghoa.

Rasa dari lumpia rebung cenderung gurih dengan isian yang segar. Selain itu, kulit lumpia rebung juga memiliki tekstur yang renyah.

Meski demikian, ada satu hal mengganggu dari lumpia rebung, yakni baunya yang sering kali sangat pesing. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa dari kualitas rebung yang digunakan atau cara pembuatan yang kurang tepat.

Namun, bau pesing pada lumpia rebung sebenarnya dapat dihindari dengan beragam cara. Bahkan, hanya dengan satu bahan dapur saja juga sudah cukup untuk membuat lumpia rebung terbebas dari bau amis.

Dilansir dari berbagai sumber pada Senin (15/04/2024), berikut adalah beberapa cara agar lumpia rebung tidak bau pesing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gunakan Rempah Aromatik

Ada beragam jenis rempah aromatik yang bisa digunakan mulai dari daun salam, kemangi, daun jeruk hingga ketumbar. Namun, cukup gunakan salah satu saja sudah cukup untuk membuat lumpia jadi tidak pesing.

3 dari 10 halaman

Cari Rebung yang Tepat

Rebung sendiri terbagi jadi beberapa jenis seperti rebung bambu betung atau rebung bambu kuning.

Namun, rebung yang paling cocok dibuat lumpia adalah rebung bambu betung atau rebung putih. Rebung bambu betung juga berukuran lebih besar dari jenis yang lain.

4 dari 10 halaman

Rebus Rebung Menggunakan Air Garam

Garam sendiri menghasilkan zat netral dengan pH yang dapat menghilangkan atau mengurangi bau. Oleh karena itu merebus rebung dengan air garam adalah salah satu alternatif yang tepat.

Hanya saja, proses merebus rebung dengan air garam memakan waktu yang lama, yakni sekitar 30-45 menit.

5 dari 10 halaman

Rebus Rebung dengan Kunyit

Alternatif lain agar lumpia rebung tidak bau pesing adalah merebus rebung dengan kunyit. Cukup siapkan kunyit yang sudah digeprek, lalu rebus kunyit tersebut bersamaan dengan rebung selama 15 menit.

Kunyit diketahui mengandung zat yang aktif membunuh bakteri yang dapat menghilangkan bau.

6 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Lumpia Semarang Bau Pesing?

Terdapat suatu hal yang menyebabkan lumpia Semarang tidak disukai oleh sebagian orang, yaitu aroma tidak sedap yang berasal dari rebung yang digunakan sebagai isian. Rebung, atau tunas bambu muda, adalah salah satu bahan makanan yang cukup unik dan sebenarnya cukup diminati oleh masyarakat kita.

7 dari 10 halaman

Mengapa Rebung Bau Pesing?

Pentingnya memperhatikan pengendalian bau pesing saat mengolah rebung menjadi isian lumpia sangatlah utama. Senyawa-senyawa tertentu yang terbentuk selama pertumbuhan dan pematangan rebung merupakan penyebab utama bau tersebut saat dikonsumsi.

8 dari 10 halaman

Apakah Rebung Harus Direbus Dulu?

Setelah membeli rebung, sebaiknya segera direbus sampai lunak. Setelah empuk, buang air rebusannya dan tiriskan rebung. Cuci hingga bersih sebelum mengolahnya menjadi hidangan lezat.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Lumpia Semarang Tahan?

Lumpia yang direbus dapat bertahan selama 12 jam pada suhu kamar, sementara lumpia yang digoreng bisa bertahan hingga 24 jam.

10 dari 10 halaman

Apa Ciri Khas Lumpia Semarang?

Karakteristik lumpia jenis ini terletak pada komposisi isinya yang meliputi rebung (pucuk bambu), telur, potongan daging ayam, dan daging udang. Kombinasi bahan-bahan tersebut, bersama dengan tekstur kulit yang crunchy, menghasilkan rasa lumpia yang semakin lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.