Sukses

6 Sifat Negatif Ini Dimiliki Orang yang Sering Kesepian Semasa Kecilnya

Perasaan kesepian yang dirasakan saat kecil, ternyata bisa memengaruhi kepribadian dan sifat seseorang ketika dewasa. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Yuk, coba bayangkan kembali masa kecil Anda dulu. Apakah dalam bayangan itu, Anda sedang berjalan-jalan di taman sendirian dan berharap seseorang akan mengajak dan menemani Anda bermain? Anda sering merasa sendirian saat berada dalam sebuah pesta teman sekolah? Atau duduk sendiri di meja makan saat makan siang?

Jika iya, memang sesuatu hal tersebut bisa dibilang begitu menyedihkan. Termasuk menyayangkan bahwa hal tersebut itu yang justru Anda bayangkan ketika masa kecil.

Dihimpun dari Parade, Selasa (5/7/2024), sebuah penelitian membuktikan bahwa kesepian pada masa anak-anak nampaknya semakin mewabah saat ini. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2023, 38,7% remaja melaporkan merasa sangat kesepian, perasaan yang diperburuk oleh pandemi COVID-19.

Sama seperti yang ditemukan oleh Survey Center on American Life pada tahun 2022, mayoritas individu Gen Z mengatakan bahwa mereka merasa kesepian setidaknya sekali atau dua kali sebulan selama masa kanak-kanak mereka.

Kesepian, bagi banyak orang, tampaknya menjadi bagian masa kanak-kanak yang tidak terelakkan. Namun bagi sebagian orang, kesepian itu bahkan lebih ekstrem atau nyata. Jika Anda merasa sering merasa kesepian saat masih kecil, temukan bagaimana kesepian itu bisa terwujud sebagai ciri-ciri di masa dewasa. 

Tentunya hal ini juga bisa menjadi masalah pada kesehatan mental Anda. Untuk itulah, ketahui bagaimana ciri-ciri dan sifat Anda saat dewasa ternyata bisa dipengaruhi oleh rasa kesepian dan kesendirian ketika masa anak-anak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Menyebabkan Anak Merasa Kesepian?

“Kurangnya persahabatan yang erat adalah alasan utama mengapa seorang anak merasa kesepian,” kata Dr. Ray W. Christner, Psy.D., NCSP, ABPP.

“Seorang anak mungkin mengalami kesulitan menjalin atau mempertahankan teman, baik karena rasa malu, cemas, atau kurangnya keterampilan sosial secara umum. Jika mereka menganggap diri mereka berbeda karena minat, perasaan, atau kemampuan mereka, hal ini juga dapat mempersulit mereka dalam menjalin persahabatan dan menciptakan jaringan sosial.”

Christner menambahkan bahwa seringnya relokasi juga dapat mengganggu jaringan sosial anak, sehingga sulit untuk membentuk persahabatan yang langgeng.

“Selain itu, diintimidasi atau dikucilkan oleh teman sebaya dapat menimbulkan perasaan kesepian,” katanya. “Terakhir, perbedaan fisik, kesehatan mental, dan perkembangan saraf juga dapat menyebabkan anak merasa terisolasi dari teman sebayanya.”

3 dari 4 halaman

Sifat Negatif yang Dimiliki Orang Dewasa yang Kesepian Ketika Anak-anak

Menurut psikolog, orang-orang yang merasa kesepian saat kecil biasanya memiliki sifat-sifat negatif ini ketika dewasa, antara lain:

1. Kecemasan sosial

Sebagai orang dewasa, Dr. Christner mengatakan bahwa Anda mungkin takut akan penilaian atau penolakan sosial, sehingga membuat interaksi sosial menjadi sangat menegangkan.

2. Rasa negatif yang tinggi

“Hal-hal yang memengaruhi kita secara emosional selama masa kanak-kanak dapat melekat pada kita sepanjang hidup,” kata Dr. Michele Leno. “Seorang anak yang merasa kesepian karena ditindas dan dikucilkan mungkin secara alami menganggap orang lain tidak dapat diandalkan dan memilih untuk menghindari hubungan dekat.

3. Kesulitan mempercayai orang lain

Mengambil sikap negatif terhadap hubungan juga bisa bermanifestasi sebagai kesulitan memercayai orang lain. Christner mengatakan, “Kesepian di masa kanak-kanak dapat menimbulkan kekhawatiran dalam hubungan orang dewasa, yang berasal dari rasa takut disakiti atau ditinggalkan.”

4 dari 4 halaman

4. Kemandirian yang ekstrem

"Anak kesepian yang memimpikan suatu hari ketika mereka tidak lagi membutuhkan atau peduli dengan keterikatan mungkin mengejar kemandirian secara berlebihan,” Dr. Leno mengamati. “Bahkan dalam suatu hubungan, mereka mungkin menolak tawaran bantuan dari pasangannya.”

5. Alami depresi yang lebih tinggi

Dr. Christner mengatakan jika seseorang memiliki riwayat kesepian atau depresi, hal itu dapat berkontribusi terhadap perasaan sedih dan depresi di masa dewasa.

6. Harga diri rendah

Jika Anda merasa kesepian saat kecil, harga diri Anda mungkin rendah. Dr Leno pun menyebut hal ini sebagai konsep diri yang buruk atau bahkan sindrom penipu.

“Orang ini percaya bahwa mereka tidak efisien dan tidak pantas mendapatkan cinta atau dukungan sejati,” katanya. “Meskipun memiliki prestasi, mereka mungkin merasa seperti penipu atau penipu.”

Dr. Christner setuju dengan sudut pandang ini, dengan mengatakan, “Pengalaman kesepian dapat memengaruhi cara seseorang memandang dirinya sendiri, sering kali mengarah pada persepsi diri yang kritis.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.