Sukses

Pernah Merasa Diawasi Saat Sedang Sendirian? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Menurut Leslie Dobson, seorang psikolog klinis dan forensik, ada beberapa alasan mengapa seseorang merasa seolah-olah sedang diawasi.

Liputan6.com, Brisbane - Anda sedang sendirian dan tiba-tiba merasa curiga ada seseorang bersama Anda. Mungkin Anda menonton film yang menakutkan atau membaca novel thriller terbaru dan bertanya-tanya apakah ada pembunuh yang mengintai di kamar?

Lalu Anda mencoba melihat sekeliling dan membuka pintu lemari, tetapi tidak ada orang di sana. Jadi, mengapa pikiran secara tiba-tiba membuat Anda merasa seolah-olah sedang diawasi?

Dilansir dari Live Science, Senin (13/5/2024) menurut Leslie Dobson, seorang psikolog klinis dan forensik, ada beberapa alasan mengapa seseorang merasa seolah-olah sedang diawasi.

Penyebab ini mencakup berbagai hal, termasuk adanya paparan film, buku, atau berita yang menakutkan, kewaspadaan yang berlebihan setelah kejadian yang membuat stres atau traumatis, dan kondisi kesehatan mental yang serius.

"Dalam kasus yang lebih ekstrem, seseorang mungkin mengalami paranoia (berpikir aneh dan berkhayal) dan kewaspadaan berlebihan, yang sering kali berkaitan dengan kondisi kesehatan mental yang mendasari atau penyakit otak fisik," kata Dobson dalam sebuah pesan tertulis.

Tentu saja, terkadang kita benar-benar sedang diawasi. Manusia kemungkinan besar berevolusi untuk peka terhadap tatapan orang lain, dan ada dugaan bahwa otak manusia memiliki jaringan saraf yang didedikasikan khusus untuk memproses tatapan mata, menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Harriet Dempsey-Jones, seorang peneliti pascadoktoral di bidang neurosains kognitif di The University of Queensland, Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kewaspadaan yang Tinggi

Ada kemungkinan bahwa perhatian kita terhadap tatapan mata orang lain muncul karena hal ini dapat mendukung interaksi kooperatif antar manusia.

Kemampuan ini biasanya tidak sulit untuk dikuasai, cukup mudah untuk melihat ke mana seseorang melihat karena kita dapat melihat ke mana pupil mata mereka terfokus, dan dengan penglihatan periferal (sudut) kita dapat menangkap isyarat, seperti bahasa tubuh, yang mengindikasikan bahwa seseorang sedang menatap kita.

Namun terkadang, meskipun tidak ada orang yang melihat, rangsangan dari luar dapat membuat kita merasa takut dan melihat sekeliling untuk melihat apakah kita sedang diawasi. Hal ini dapat mencakup menonton atau membaca film thriller di mana tokoh utama sedang dibuntuti oleh sosok yang mengancam, atau mendengar suara berisik saat berada di rumah sendirian.

Bagi orang-orang yang pernah mengalami peristiwa traumatis, kewaspadaan tinggi menjadi mekanisme pertahanan yang dimaksudkan untuk mencegah kita mengalami stres di masa depan dengan menghindari bahaya, menurut sebuah studi tahun 2023 dalam jurnal Frontiers in Psychology. Gejala seperti paranoia dan kecemasan yang biasanya muncul setelah kejadian yang membuat stres dapat terjadi di wilayah otak yang sama, jelas Dobson

"Amigdala memproses emosi kita seperti stres dan kecemasan," katanya. "Jika terlalu aktif atau terluka akibat kerusakan fisik atau stresor trauma yang sedang berlangsung, hal itu dapat menyebabkan respons emosional yang meningkat seperti merasa terancam."

3 dari 4 halaman

Penyakit Mental yang Mendasari

Alice Feller, seorang psikiater klinis yang berbasis di California mengatakan, "Jadi, bagaimana Anda membedakan kewaspadaan yang wajar dengan masalah yang lebih serius?" Masalahnya muncul ketika seseorang terus-menerus merasa diawasi atau paranoid akan diawasi dalam jangka waktu yang lama.

"(Dengan) penyakit mental, yang terjadi adalah Anda kehilangan kemampuan untuk bertanya-tanya apakah itu hanya perasaan, Anda tahu, Anda seperti kehilangan wawasan tentang proses tubuh dan mental Anda sendiri," kata Feller. "Anda dapat melakukan pemeriksaan realitas, tetapi itu tidak selalu tahan."

Sebagai contoh, gejala skizofrenia meliputi kewaspadaan yang berlebihan dan paranoia, yang dapat mencakup khayalan bahwa seseorang sedang mengawasi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa pada orang dengan skizofrenia, paranoia dikaitkan dengan aktivitas abnormal pada sistem limbik, bagian otak yang mencakup amigdala dan mengendalikan respons perilaku emosional dan bertahan hidup, seperti respons fight or flight (lawan atau lari).

4 dari 4 halaman

Mencari Bantuan dari Ahli Secepatnya

Sebuah penelitian pada tahun 2022 menjelaskan bahwa pada pasien dengan skizofrenia, paranoia telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah selama keadaan istirahat di amigdala.

Selain itu, konektivitas yang tidak biasa antara amigdala dan area lain di otak, seperti korteks visual, hipokampus, dan korteks prefrontal, telah dikaitkan dengan paranoia, menunjukkan bahwa "paranoia saat ini terkait dengan konektivitas yang menyimpang dalam sirkuit limbik inti" yang menunjukkan "pemrosesan ancaman yang diperkuat dan regulasi emosi yang terganggu."

Terlepas dari penyebabnya, Feller dan Dobson mengatakan bahwa ada baiknya Anda mencari bantuan kesehatan mental jika Anda mengalami paranoia yang terus-menerus. terutama jika perasaan diawasi terjadi meskipun ada bukti fisik bahwa tidak ada orang lain di sana, atau jika kecemasan akan diawasi menjadi lebih buruk.

"Saya mendorong orang untuk mencari intervensi mental dan medis ketika mereka mulai menyadari bahwa mereka sedang berjuang, daripada mencoba untuk menunggu," kata Dobson. "Intervensi dini adalah kuncinya. Jika seseorang mengalami hari yang terasa sulit lebih banyak dalam seminggu daripada tidak, atau jika pekerjaan, pendidikan, atau hubungan mereka mulai terganggu, penting untuk mencari bantuan profesional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.