Sukses

Jangan Diremehkan, Ini 5 Dampak Heatwave Terhadap Kesehatan Mentalmu

Berikut ini dampak heatwave atau gelombang panas terhadap kesehatan mental

Liputan6.com, Jakarta Merasa lebih marah dan mudah tersinggung dari biasanya? Salahkan kondisi gelombang panas yang sedang berlangsung yang tidak hanya berdampak negatif pada fungsi tubuh Anda tetapi juga ketenangan pikiran Anda.

Berdasarkan penelitian, panas ekstrem dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda, menyebabkan peningkatan agresi, perilaku bunuh diri, kecenderungan depresi, dan penggunaan narkoba. Penelitian telah mengonfirmasi bahwa paparan panas ekstrem dalam jangka waktu tertentu dapat menguras memori, perhatian, dan waktu reaksi.

Hal ini dapat membuat Anda merasa bingung, tidak efisien, dan tentu saja ketidakstabilan emosi. Salah satu alasan di balik hal ini adalah kesulitan untuk tidur. Orang yang tidak memiliki akses terhadap AC dapat menderita insomnia akibat heatwave, yang sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental mereka.

“Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa suhu di luar ruangan dapat memengaruhi kesehatan mental, yang khususnya mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim,” kata meta-analisis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Lancet. Analisis tersebut menemukan bahwa suhu di luar ruangan dikaitkan dengan percobaan bunuh diri, kehadiran di rumah sakit atau masuk rumah sakit karena penyakit mental, dan dampak buruk terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan masyarakat.

Sucheta Gore, Psikolog menyarankan orang untuk tetap berada di dalam rumah selama kondisi gelombang panas dan melakukan aktivitas dengan lambat. Melakukan latihan pernapasan dan hidrasi yang cukup juga dapat menjaga suasana hati Anda tetap stabil.

Berikut ini dampak gelombang panas terhadap kesehatan mental seperti dihimpun dari Hindustan Times:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ini benar-benar bisa membuat darah Anda mendidih

Gore mengatakan panas terik di musim panas dapat membuat seseorang menjadi marah dan mudah tersinggung dan seseorang tidak boleh menganggap remeh kesehatan mentalnya dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.

“Ketika merkuri meningkat dan gelombang panas melanda wilayah-wilayah di seluruh dunia, sebuah pertanyaan berkisar pada bagaimana gelombang panas berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita. Dari meningkatnya kecemasan hingga meningkatnya depresi, panas terik dapat melampaui dunia fisik dan masuk ke dalam jiwa individu yang sudah bergulat dengan tekanan kehidupan modern. Temperatur yang lebih tinggi dapat menyebabkan orang merasa lebih marah, frustrasi, dan mudah tersinggung,” kata psikolog tersebut.

2. Hal ini mampu mendatangkan malapetaka pada kesejahteraan Anda

Pakar tersebut mengatakan kondisi panas ekstrem harus dipandang seperti bencana alam lainnya yang mempunyai kemampuan menghancurkan kesejahteraan kita.

“Gelombang panas ekstrem adalah salah satu peristiwa cuaca yang paling mengancam. Jutaan orang dan hewan berisiko terkena penyakit terkait panas selama gelombang panas. Karena alasan ini, sama seperti bencana apa pun, risiko tekanan emosional dan masalah kesehatan mental lainnya juga ada. selama gelombang panas ekstrem,” katanya.

 

3 dari 4 halaman

3. Menimbulkan pemikiran kabur dan perilaku agresif

Panas dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kemampuan berpikir bahkan bagi orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa area otak yang bertanggung jawab untuk menyusun dan menyelesaikan tugas-tugas kognitif yang kompleks terganggu oleh tekanan panas.

“Ketika orang tidak berpikir jernih karena cuaca panas, kemungkinan besar mereka akan menjadi frustrasi dan hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan perilaku agresif,” kata psikolog tersebut.

4. Meningkatkan kecemasan terhadap lingkungan

Hari-hari yang panas juga dapat meningkatkan kecemasan terhadap lingkungan. Sebuah survei yang dilakukan oleh Forum Ekonomi Dunia menemukan bahwa 60% generasi muda sangat khawatir terhadap perubahan iklim.

 

4 dari 4 halaman

5. Gelombang panas dapat menyebabkan kesulitan tidur

Masih banyak yang harus kita pahami tentang interaksi dan umpan balik yang kompleks antara perubahan iklim dan kesehatan mental. Gelombang panas saja dapat mengganggu tidur, pembelajaran, kinerja tes kognitif, dan kinerja sekolah menengah.

Gejala tekanan emosional selama gelombang panas meliputi:

  • Perasaan cemas atau terisolasi yang meningkat dan berkepanjangan.
  • Kesulitan berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas-tugas penting di rumah, sekolah, dan tempat kerja.
  • Perubahan suasana hati yang nyata; sifat lekas marah.Kesulitan Tidur
  • Penyalahgunaan zat termasuk alkohol, tembakau, dan obat resep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.