Sukses

Cara Simpan Kue Kering Agar TIdak Jamuran dan Awet Berbulan-bulan, Hanya Pakai 1 Bahan

Hanya dengan menggunakan 1 bahan ini, kue kering dijamin akan awet berbulan-bulan tanpa jamuran. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kue kering sering kali disajikan saat hari perayaan atau momen-momen penting seperti lebaran dan natal.

Pada momen-momen itulah biasanya akan banyak orang yang bertamu ke rumah, sehingga kue kering dibuat dalam jumlah yang cukup banyak.

Meskipun begitu, tetap saja kue kering sebanyak itu kadang-kadang juga tidak habis, bahkan sampai berbulan-bulan.

Sebenarnya, kue kering bisa bertahan hingga 6 bulan jika tidak pernah dibuka. Namun, tentu akan lain cerita saat hari-hari perayaan, karena toples kue kering pasti akan selalu dibuka setiap ada tamu yang berkunjung.

Belum lagi kue kering juga rentan melempem atau dihinggapi jamur jika tidak disimpan dengan benar.

Lantas, bagaimana cara menyimpan kue kering yang tepat? Seorang YouTuber dengan kanal bernama Blyana memiliki caranya, yang dirangkum pada Rabu (17/04/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Jaga Kebersihan Toples

Salah satu penyebab kue kering atau makanan lain jadi tidak awet dan mudah dihinggapi jamur adalah karena kebersihan wadah yang jarang diperhatikan.

Apapun bentuk dan jenis toples yang digunakan untuk menyimpan kue kering wajib dijaga kebersihannya. Pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel pada toples.

3 dari 10 halaman

Jangan Masukkan Kue ke Toples Saat Masih Panas

Sesaat setelah kue kering dikeluarkan dari oven, jangan langsung masukkan ke dalam toples. Tunggu sampai kue kering dingin terlebih dahulu.

Jika kue langsung dimasukkan saat masih panas, maka akan banyak uap keluar yang menyebabkan kue jadi cepat melempem dan berjamur. Agar kue jadi lebih cepat dingin, bisa gunakan rak kawat.

4 dari 10 halaman

Gunakan Silica Gel

Salah satu bahan yang cukup ampuh untuk membuat kue kering awet berbulan-bulan adalah silica gel.

Silica gel berfungsi untuk menyerap kelembaban pada kue, sehingga kue akan tetap renyah dan awet dalam waktu yang lama. Cukup letakkan saja silica gel ini di dasar toples, lalu tumpuk dengan kue kertas pelapis dan kue kering.

Kertas pelapis sendiri berfungsi  untuk menutupi setiap lapisan kue kering agar rapi dan tidak mudah hancur.

5 dari 10 halaman

Tutup Toples dengan Rapat

Cara yang paling penting untuk menjaga keawetan kue kering adalah dengan menutup toples rapat-rapat.

Gunakan bahan toples yang berkualitas agar toples bisa ditutup rapat. Jika perlu, lapisi penutup toples dengan selotip agar lebih rapat. Jika toples tidak rapat, maka kue kering akan mudah terpapar udara, sehingga berpotensi jadi tidak renyah lagi.

6 dari 10 halaman

Kue Sering Sebaiknya Disimpan di Mana?

Untuk menjaga kue kering agar tetap renyah, metode terbaik adalah dengan menyimpannya dalam toples yang kedap udara. Dengan demikian, risiko kue kering terpapar langsung oleh udara dapat diminimalkan. Hal ini penting karena paparan udara dapat menyebabkan kue kering menjadi lembek dengan cepat.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Kue Kering Bisa Bertahan?

Jika dibandingkan dengan kue basah, kue kering memiliki daya tahan yang lebih baik. Akan tetapi, kue kering bisa menjadi keras atau lembek jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itu, penempatan kue kering harus dilakukan dengan cermat. Secara umum, kue kering dapat disimpan hingga 6 bulan apabila belum pernah dibuka.

8 dari 10 halaman

Apa Penyebab Kue Kering Cepat Melempem?

Kue bisa menjadi lembek karena kurangnya waktu pemanggangan sehingga meskipun bagian luar kue sudah matang, bagian dalamnya masih terasa basah atau belum cukup kering. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan memasukkan kue ke dalam toples ketika masih dalam keadaan panas. Selain itu, penyebab lain adalah keadaan toples yang tidak cukup rapat. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanggang kue selama 45 menit hingga matang secara keseluruhan.

9 dari 10 halaman

Kue Kering Apa Bisa Disimpan di Kulkas?

Menempatkan kue kering dalam lemari es yang memiliki suhu dingin dan udara kering dapat membantu kue tersebut tetap menjaga tekstur dan kesegarannya, sehingga terasa seolah-olah baru saja dipanggang.

10 dari 10 halaman

Apakah Kue Kering Bisa Dipanggang Kembali?

Apabila kue kering masih mempertahankan kelembabannya, langkah yang bisa diambil adalah memasukkannya kembali ke dalam oven dengan suhu yang rendah (sekitar 120-150°C) untuk beberapa saat hingga kembali kering dan renyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini