Sukses

9 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda

Apakah Anda sudah merawat gigi Anda dengan benar?, berikut adalah 9 cara yang mudah untuk melakukan perawatan ekstra bagi kesehatan gigi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tentunya menciptakan gigi yang sehat sangat penting untuk membentuk senyuman yang indah dan juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda di hadapan orang lain.

Menjaga kebersihan gigi adalah langkah pertama yang penting. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pastikan untuk membersihkan semua bagian gigi, termasuk di antara gigi dengan menggunakan benang gigi atau sikat gigi interdental.

Pola makan juga mempengaruhi kesehatan gigi. Hindari makanan manis dan asam berlebihan karena dapat merusak enamel gigi. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin C untuk membantu menjaga kekuatan gigi dan gusi.

Minum air putih secara teratur juga dapat membantu membersihkan sisa makanan dan mengurangi risiko kerusakan gigi.

Tetapi, terkadang kita lupa menyikat gigi sebelum tidur, tapi jangan khawatir semua orang pernah mengalaminya.

Namun, jangan menganggap sepele hal itu karena bakteri dan sisa makanan tumbuh dapat subur di dalam mulut kita.

Sementara beberapa bakteri mulut ini sehat, bakteri lainnya menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Mungkin Anda akan terkejut bahwa masalah-masalah ini tetap ada meskipun Anda sudah menyikat gigi dua kali sehari.

Dan yang jadi pertanyaan adalah apakah Anda sudah merawat gigi Anda dengan benar?, berikut adalah 9 cara yang mudah untuk melakukan perawatan ekstra bagi kesehatan gigi Anda, melansir dari Bright Side, Selasa (16/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Rawat dan gantilah sikat gigi Anda secara teratur

Memilih sikat gigi berukuran kecil ataupun sedang, dengan bulu sikat yang dapat menjangkau celah-celah di antara gigi Anda sangatlah penting.

Lepaskan penutup sikat gigi Anda karena bakteri-bakteri dapat terjebak disana. Setelah digunakan, cukup bilas sikat gigi Anda dengan air dan biarkan mengering.

Dan jauhkanlah sikat gigi Anda dari toilet untuk menghindari perpindahan kuman.

Ingat, gantilah sikat gigi Anda secara teratur karena bulu sikat yang sudah mulai rusak akan membuat sikat gigi Anda kurang efektif dalam membersihkan gigi Anda.

3 dari 10 halaman

2. Membuat pasta gigi dari bahan alami

Membuat pasta gigi alternatif buatan sendiri dengan bahan-bahan alami adalah cara yang keren untuk meningkatkan kesehatan mulut. Resepnya sederhana dan membutuhkan bahan-bahan yang dapat dibeli di hampir setiap toko, juga bahan yang alami tidak akan membahayakan Anda.

 Resep-resepnya adalah:

  • 2 sdm bubuk kalsium: Menambahkan kalsium karbonat dapat membantu menyembuhkan gigi Anda dan menambah mineral, sehingga gigi berlubang dapat hilang.
  • 1/2 sendok teh gula stevia cair
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 cangkir soda kue
  • 1/2 cangkir minyak kelapa: Minyak kelapa memiliki banyak komponen antibakteri yang dapat membersihkan mulut dari kotoran dan gigi berlubang. Anda mungkin juga ingin mencoba mengulum pasta gigi ini selama beberapa menit sebelum meludahkannya untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.
  • 1 sendok the perasa peppermint

Campur semua bahan ini secara menyeluruh sampai menjadi pasta yang halus. Pasta gigi ini harus memiliki tekstur tanpa gumpalan. Gantilah pasta gigi biasa Anda dengan campuran buatan sendiri ini untuk mendapatkan alternatif yang lebih alami.

4 dari 10 halaman

3. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun

Kami mengerti, kunjungan ke dokter gigi bukanlah hal yang menyenangkan, tetapi mencegah masalah jauh lebih baik daripada mengobatinya di kemudian hari.

Tidak peduli seberapa rajin Anda menyikat  gigi dikarenakan ada beberapa bagian dalam mulut Anda yang sulit dijangkau.

Selama kunjungan ke dokter gigi, dokter gigi akan menangani area-area sulit di dekat garis gusi Anda, baik di bagian depan maupun belakang, untuk menghilangkan penumpukan plak dan karang gigi.

Langkah tarsebut penting dalam melawan gigi berlubang. Banyak orang juga yang menikmati pembersihan gigi ini, karena gigi mereka terasa halus dan segar setelahnya.

Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun.

Jika Anda mendapatkan masalah gigi berlubang atau masalah mulut lainnya, dokter gigi Anda mungkin akan menggunakan sinar-X dan laser untuk melihatnya lebih dekat.

Mereka juga akan melakukan tindakan pencegahan, seperti memakai masker dan sarung tangan, untuk menjaga bakteri dan kuman tetap terkendali.

5 dari 10 halaman

4. Mengunyah permen karet bebas gula

Air liur sangat penting dalam membersihkan makanan dan bakteri dari gigi Anda.

Namun, mineral dalam pasta gigi dapat luntur karena air liur yang bersifat asam, sehingga menciptakan lingkungan yang ramah terhadap bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan masalah gusi.

Mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan produksi air liur dengan pH netral, menyeimbangkan keasaman mulut, serta melindungi gigi dan gusi. Namun, permen karet bukanlah pengganti menyikat gigi, tetaplah untuk menyikat gigi Anda!

Permen karet dengan xylitol telah terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab gigi berlubang secara instan. Selain itu, permen karet bebas gula juga memperkuat enamel gigi, sehingga lebih tahan terhadap asam yang menjadi pemicu gigi berlubang.

6 dari 10 halaman

5. Hilangkanlah batu amandel di mulut Anda

Jika Anda pernah mengeluarkan bongkahan kecil berwarna kekuningan dari tenggorokan Anda, itu mungkin batu amandel.

Meskipun batu ini tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan bau mulut. Batu amandel adalah bakteri dan kotoran sisa makanan yang terbentuk di celah-celah amandel Anda, mulai dari yang kecil dan lembut hingga batu yang lebih besar dan mengeras.

Meskipun biasanya tidak berbahaya, dalam beberapa kasus, batu ini dapat menyebabkan infeksi.

Untuk mencegahnya, cobalah menggunakan obat kumur non-alkohol secara teratur untuk mengurangi bakteri dalam mulut Anda dan gunakan benang gigi secara teratur.

7 dari 10 halaman

6. Ubahlah kebiasaan makan Anda menjadi lebih sehat

Memperbaiki pola makan Anda dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk gigi Anda.

Sebuah studi dari The British Medical Journal menyoroti bahwa mengubah apa yang Anda makan dapat mencegah atau membalikkan kerusakan gigi, tergantung pada stadiumnya saat ini.

Kita tahu bahwa mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan masalah gigi, jadi ubahlah kebiasaan makan Anda sehingga dapat menghilangkan masalah pada gigi.

Pertama, perbanyak  konsumsi kalsium. Kalsium berperan besar dalam membangun tulang dan gigi yang kuat, jadi cobalah untuk memasukkan produk susu seperti susu, yogurt, krim, dan keju ke dalam asupan harian Anda.

Tukar minuman manis dengan minuman yang lebih alami. Kurangi konsumsi soda, dan minuman berperisa buatan lainnya. Minumlah lebih banyak smoothie buah atau teh tanpa gula.

Air putih adalah juara sejati disini, dikarenakan air putih membantu hidrasi dan meningkatkan aliran air liur, yang tentnya baik untuk tubuh dan gigi Anda.

8 dari 10 halaman

7. Tambahkan suplemen dan vitamin ke dalam makanan Anda

Menghindari makanan manis adalah langkah yang baik, tetapi ada hal lain yang dapat meningkatkan kemampuan air liur Anda untuk melawan plak gigi yaitu mengonsumsi vitamin, karena vitamin akan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi.

Pilihlah  makanan dari biji-bijian yang kaya akan vitamin B, zat besi, dan magnesium, yang membantu penyerapan kalsium dan memperkuat gigi.

Tingkatkan asupan vitamin D Anda dengan mengonsumsi makanan laut seperti ikan salmon, herring, tuna, dan makarel.

Hindari makanan manis seperti jeli yang dapat memicu plak. Setelah menikmati makanan manis, menyikat gigi dalam waktu 20 menit sangat membantu untuk menangkal potensi gigi berlubang.

9 dari 10 halaman

8. Cobalah gunakan minyak kelapa untuk mengangkat kotoran pada gigi Anda

Minyak kelapa menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk cara alami untuk melindungi gigi Anda dari pembusukan melalui cara “oil pulling”.

Cara dari metode ini adalah memasukkan satu sendok makan minyak kelapa dalam mulut Anda selama sekitar 20 menit untuk mengeluarkan bakteri dan meningkatkan penyembuhan alami untuk gigi Anda.

Ingat, jangan menelan minyaknya!, ini adalah praktik yang mudah namun sangat efektif yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Dan metode ini adalah tindakan pencegahan terhadap gigi berlubang. Perlu dicatat bahwa menggabungkan teknik ini dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi dapat membuatnya dua kali lebih efektif untuk menjaga kesehatan mulut.

10 dari 10 halaman

9. Minum lebih banyak air putih

Mengidam latte atau secangkir kopi pada pagi hari, setiap hari? Minum minuman asam seperti kopi atau teh, terutama dengan tambahan gula atau susu, dapat meningkatkan risiko gigi berlubang jika dikonsumsi secara sering.

Nikmati secangkir kopi Anda, tapi batasi hingga sekitar 20 menit, dan berkumurlah dengan air putih.

Masalah dengan kopi yang dicampur dengan bahan tambahan pemicu gigi berlubang seperti gula tersebut akan bertahan dalam air liur Anda.

Untuk mengatasinya, minumlah air putih bersamaan dengan minuman tersebut untuk mencuci mulut Anda dan mencegah penumpukan gula yang berlebihan yang dapat merusak gigi Anda.

Menghirup melalui sedotan juga dapat membantu menjauhkan cairan manis tersebut dari gigi dan air liur Anda.

Cara lainnya agar lebih bersih ialah berkumur air garam setelah menyikat gigi.

Masukkan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Teguk dan kumur cairan tersebut selama 15 detik. Berkumur setelah mengonsumsi makanan dapat mencegah penumpukan makanan sisa dalam mulut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.