Sukses

5 Tanda di Tubuh Beri Sinyal Tentang Kondisi Kesehatanmu

Ketahui beberapa sinyal yang dikirim tubuh untuk memberitahumu bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita sangat cerdas, seringkali memberi kita petunjuk halus ketika ada sesuatu yang tidak beres. Dari ketidaknyamanan ringan hingga gejala yang lebih parah, sinyal-sinyal ini berfungsi sebagai indikator berharga bagi kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa sinyal yang dikirim tubuh untuk memberitahumu bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuhmu, seperti melansir dari Bright Side, Senin (15/4/2024).

1. Lidah putih

Lidah putih terjadi ketika lapisan putih muncul di sebagian atau seluruh permukaan lidahmu. Bisa disertai dengan gejala seperti bau mulut, lidah berbulu dan iritasi.

Penyebabnya bisa berupa:

  • Mengabaikan perawatan mulut, seperti tidak sering menyikat gigi, membersihkan benang gigi, atau membersihkan lidah.
  • Mengonsumsi antibiotik yang bisa menyebabkan infeksi jamur di mulut.
  • Pola makan yang kurang buah-buahan dan sayuran serta tinggi makanan lunak.
  • Menggunakan gigi palsu atau meluikai lidah dengan benda tajam.

2. Kuku pucat atau putih

Apakah kukumu bewarna pucat atau putih? Hal ini mengindikasikan jumlah sel darah, merah yang rendah. 

Kuku putih juga bisa menandakan berbagai kondisi seperti trauma, penyakit hati, diabetes, tiroid yang terlalu aktif, gagal jantung, keracunan logam berat, kemoterapi, atau kekurangan nutrisi dalam makananmu.

Jika sebagian besar kukumu bewarna putih dengan garis tipis bewarna merah jambu di ujungnya, Anda mungkin memiliki kuku Terry. 

Kondisi ini bisa terjadi akibat penuaan, namun bisa juga merupakan tanda adanya masalah kesehatan seperti diabetes, ginjal, hati, atau penyakit jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jari putih

Penyakit Raynaud membuat bagian tubuhmu, seperti jari tangan dan kaki, terasa mati rasa dan dingin saat cuaca dingin atau saat Anda stres. 

Hal ini terjadi karena arteri kecil yang membawa darah ke kulit menjadi sempit sehingga mengurangi aliran darah ke area tersebut. Penyempitan ini dinamakan vasospasme.

Penyakit Raynaud lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan cenderung menyerang orang yang tinggal di tempat yang lebih dingin.

4. Wajah bengkak 

Terkadang, wajahmu membengkak karena masalah kesehatan seperti cedera, infeksi, atau alergi. Beberapa dari alasan ini bisa sangat serius.

Anda terkadang terbangun dengan wajah bengkak. Hal ini bisa terjadi jika ada sesuatu yang menekan wajahmu saat Anda tidur. Namun jika wajahmu bengkak atau sembab karena cedera atau sering terjadi, itu bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Pembengkakan pada wajah bukan hanya terjadi pada wajahmu, itu juga bisa memengaruhi leher atau tenggorokanmu. Jika wajahmu bengkak dan tidak ada cedera, itu bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius.

3 dari 3 halaman

5. Pupil putih

 

Leukocoria berarti “pupil putih,” dan ini terjadi ketika pupil matamu terlihat putih, bukan hitam. Ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. Ada banyak hal berbeda yang bisa menyebabkan leukocoria, jadi penting bagimu untuk segera menemui dokter mat ajika Anda menyadarinya.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab leukocoria antara lain:

  • Katarak

Ini adalah area keruh pada lensa mata yang umum terjadi seiring bertambahnya usia dan bisa diperbaiki dengan operasi.

  • Ablasi retina

Ini adalah kondisi ketika jaringan tipis di bagian belakang mata, yang disebut retina, lepas. Ini darurat dan perlu perawatan segera.

  • Endophthalmitis

Ini adalah infeksi di dalam matamu yang memerlukan perhatian medis segera. Hal ini bisa menyebabkan kebutaan jika tidak segera ditangani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.