Sukses

Menurut Ahli Fitnes, Ini 4 Makanan yang Bikin Susah Turun Berat Badan

Jika Anda benar-benar ingin langsing, Anda bisa melakukan langkah ekstra dan menghindari empat makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Merancang diet untuk menurunkan berat badan tentunya memerlukan pemahaman yang baik tentang aspek-aspek kunci dari program penurunan berat badan yang sehat dan efektif. Dan ada banyak sekali cara-cara untuk membantu Anda mengetahui merancang diet program penurunan berat badan.

Tapi menurut pelatih kebugaran Jenna Rizzo, apa yang tidak boleh Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan.

Beberapa makanan, kata Rizzo dalam video TikTok-nya (@jennaaaamariee) yang baru-baru ini viral sebenarnya bisa membuat Anda untuk sulit menurunkan berat badan.

"Saya tidak mengatakan untuk tidak makan makanan ini. Jika Anda menyukainya, ya, makanan tersebut bisa melebihi target kalori harian Anda," kata Rizzo.

Tetapi ia menambahkan bahwa dari pengalamannya sebagai pelatih kebugaran selama enam tahun terakhir, makanan-makanan ini seharusnya dihindari untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, juga berdampak kepada kesehatan secara umum.

Tentu saja, cara tercepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan menerapkan gaya hidup dengan pola makan yang seimbang dan olahraga teratur.

Juga tentunya, diet dengan mengonsumsi makanan sehat adalah pola makan yang berfokus pada konsumsi makanan yang memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tapi jika Anda benar-benar ingin langsing, Anda bisa melakukan langkah ekstra dan menghindari empat makanan berikut ini, melansir dari Best Life, Senin (15/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Makanan beku siap saji

Dua hal yang menjadikan makanan ini digemari banyak orang yaitu mereka sangat mudah disimpan dan disajikan.

Tapi makanan beku tersebut berbahaya untuk proses penurunan berat badan. Entah itu paket nasi siap saji, pizza beku, kue-kue, dan lain-lain.

Menurut Rizzo makanan beku adalah salah satu makanan yang membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan.

"Ini tidak hanya akan menjadi beberapa makanan berkalori tertinggi yang bisa Anda dapatkan, dan untuk jenis makanan ini bahan-bahannya benar-benar sampah, sehingga tidak akan meningkatkan fungsi tubuh yang sehat,” ucap Rizzo

Jika Anda harus mengisi kulkas Anda, isilah dengan buah beri dan sayuran, atau lihatlah pilihan-pilihan makanan yang lebih sehat dan alami lainnya.

3 dari 5 halaman

2. Granola Bar

Granola bar telah mendapatkan citra sehat selama bertahun-tahun dikarenakan "granola" sebagai istilah yang diasosiasikan dengan gaya hidup alami. Namun pada kenyataannya, mereka adalah makanan ringan yang tidak sehat.

"Banyak orang mengira makanan ini sehat karena dipasarkan seperti itu, tapi mereka dimasukkan ke dalam daftar ini karena, sekali lagi, makanan ini sangat tinggi kalori dan tinggi gula," kata Rizzo.

"Mereka tidak benar-benar melakukan apa pun untuk Anda kecuali melonjakkan gula darah Anda dan nantinya Anda hanya akan menginginkan lebih banyak junk food." jelasnya.

Alih-alih granola bar, carilah bar yang tinggi protein (setidaknya 20 gram per bar) dan rendah gula.

4 dari 5 halaman

3. Makanan

Ada manfaat kesehatan untuk mengikuti diet keto, vegan, atau bebas gluten. Tetapi banyak makanan seperti itu yang bisa berdampak buruk bagi proses penurunan berat badan Anda.

Sebelum membeli makanan kemasan keto, vegan, atau bebas gluten yang dipasarkan, perhatikan label nutrisinya dan tinggalkan apa pun yang mengandung banyak gula atau lemak.

"Produk-produk ini dipasarkan kepada orang-orang sebagai 'pilihan yang lebih sehat', jadi Anda melihatnya dan berpikir, 'Oh, ini akan menjadi sesuatu yang akan membantu menurunkan berat badan, bukan?’ terlihat menyehatkan memang, tetapi tidak demikian," kata Rizzo

Rizza juga mejelaskan bahwa sebagian besar makanan olahan dalam kemasan tersebut hanyalah junk food yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Tentu saja, ada satu pengecualian besar di sini, menurut Rizzo: "Jika Anda menderita celiac dan harus makan produk bebas gluten, ini tidak berlaku untuk Anda."

5 dari 5 halaman

4. Frappuccino

Jika Anda menginginkan suguhan kafein yang manis, pesanlah sesuatu yang tidak terlalu berat, seperti iced oat milk latte atau iced americano dengan sedikit perasa.

"Saya menyebut Frappuccino secara khusus karena banyak orang memesannya dengan mengira mereka akan mendapatkan kopi, padahal sebenarnya mereka hanya mendapatkan milkshake yang dimodifikasi sedemikian rupa, karena satu gelas kecil saja bisa mengandung lebih dari 500 kalori," kata Rizzo.

Lebih buruk lagi, kalori tersebut adalah apa yang disebut oleh para ahli kebugaran sebagai "kalori kosong", artinya makanan atau minuman yang menambah jumlah kalori harian Anda tanpa memberikan manfaat kesehatan apa pun.

"Sebagian besar hanya gula, jadi tidak akan bermanfaat apa pun untuk Anda," jelas Rizzo.

Rizzo menambahkan bahwa hal tersebut tidak akan membuat Anda kenyang, tidak akan membantu perbaikan otot Anda, dan akan membuat Anda sangat mudah untuk makan dengan kelebihan kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.