Sukses

Kontroversi Piramida Baru di Antartika Timbulkan Perdebatan Teori Konspirasi

Heboh munculnya piramida di Antartika yang memicu munculnya ruang diskusi dan berbagai teori konspirasi.

Liputan6.com, Malang Selama sekitar tujuh tahun terakhir, sebuah puncak piramida di Pegunungan Ellsworth Antartika telah menjadi subjek berbagai teori konspirasi yang melibatkan alien dan peradaban kuno. Gambar satelit pertama kali muncul secara daring pada tahun 2016, mengungkapkan bahwa puncak ini memiliki dimensi sekitar 2 kilometer persegi di setiap arah dasarnya, dengan desain yang menyerupai piramida Mesir, yang kemudian memicu spekulasi yang luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Asal Mula Munculnya Piramida di Antartika

Sebagian orang berpikir bahwa struktur puncak mungkin dibangun oleh peradaban kuno sekitar 10.000 tahun lalu saat Antartika masih hangat. Tetapi, ada juga spekulasi bahwa piramida itu mungkin dibuat oleh alien. Meskipun piramida itu terlihat alami, banyak yang meragukan kemungkinannya.

3 dari 8 halaman

Pendapat Ahli Geologi Mengenai Kemunculan Piramida

Profesor Geologi Irvine, Eric Rignot, mengatakan kepada LiveScience bahwa bentuk piramida di gunung bukanlah hal yang aneh. Banyak gunung memiliki satu atau dua sisi yang menyerupai piramida, meskipun jarang memiliki empat sisi seperti itu. "Ini hanya kebetulan bahwa gunung ini terlihat seperti piramida."

Menurut ahli geologi lain, piramida tersebut sebenarnya adalah ciri umum dari daerah glasier yang disebut sebagai gunung berpuncak piramida. Mereka terbentuk ketika gletser bertemu dengan daratan.

Dr. Mitch Darcy, seorang ahli geologi di Pusat Penelitian Geosains Jerman di Potsdam, menjelaskan bahwa bentuknya tidak rumit dan bukanlah suatu kebetulan. Menurut definisi, itu adalah nunatak, puncak batu yang menonjol di atas gletser atau lapisan es. Meskipun berbentuk piramida, ini bukan hasil konstruksi manusia.

4 dari 8 halaman

Dimanakah Letak Puncak Pegunungan yang Memiliki Bentuk Serupa dengan Piramida Mesir?

Puncak dengan bentuk yang menyerupai piramida tersebut terletak di Pegunungan Ellsworth Antartika. 

 

5 dari 8 halaman

Apakah Ada Piramida di Antartika?

Antartika adalah benua yang luasnya ditutupi oleh es. Kondisi ini membuatnya tidak dapat dihuni oleh manusia, sehingga keberadaan bangunan seperti piramida di sana adalah mustahil.

6 dari 8 halaman

Dimanakah Letak Piramida Terbesar di Dunia?

Giza, yang dikenal juga sebagai nekropolis Giza, ialah sebuah kompleks piramida yang terletak di pinggiran Kairo, Mesir.

7 dari 8 halaman

Apakah Ada Piramida Lain Selain di Mesir?

Piramida kuno tidak hanya dimiliki oleh Mesir dan Sudan, tetapi juga oleh beberapa negara lain.

8 dari 8 halaman

Piramida Terbuat dari Apa?

Batu kapur mendominasi material konstruksi dalam sebagian besar piramida, sementara pualam banyak digunakan untuk membuat patung, lantai, dan dinding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini