Sukses

5 Jenis Teh untuk Hilangkan Sakit Tenggorokan, Murah dan Efektif

Masalah sakit tenggorokan dapat diredakan dengan mengonsumsi teh alami yang bisa dibuat sendiri di rumah, salah satu yang umum diketahui adalah teh jahe. Yuk simak daftar selengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Sakit tenggorokan terkadang bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Jika parah, rasa sakit yang ditimbulkan bisa sampai menyebabkan kesulitan berbicara akibat rasa nyeri dan sakitnya yang timbul bahkan saat akan membuka mulut. 

Sebelum memutuskan untuk membeli obat pereda sakit tenggorokan, dapat dicoba untuk mengatasi rasa sakitnya dengan mengonsumsi beberapa teh herbal seperti wedang jahe. Sifatnya yang menghangatkan dipercaya mampu meredakan rasa sakit di tenggorokan. 

Selengkapnya, berikut 5 jenis teh yang bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan. Informasi ini dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (8/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Teh Chamomile

Teh chamomile banyak dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang ampuh untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Namun ternyata, manfaat teh satu ini tidak berhenti di situ. Teh chamomile juga berkhasiat mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Sifatnya yang antiradang membuat teh dari bunga chamomile ini bisa mengatasi rasa sakit dan memberi efek lega di tenggorokan. 

3 dari 11 halaman

2. Wedang Jahe

Rasa jahe yang sedikit pedas dan menimbulkan efek hangat pada tubuh setelah dikonsumsi membuatnya sering jadi alternatif untuk mengatasi beberapa gejala masuk angin hingga radang. Sama seperti teh chamomile, jahe juga memiliki sifat anti radang sehingga bermanfaat membantu mengurangi rasa sakit. Tak sampai di situ, sifat antimikroba dalam jahe juga mampu melawan berbagai infeksi virus maupun bakteri sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga.

4 dari 11 halaman

3. Teh Hijau

Teh hijau yang dikenal bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit ini ternyata juga bisa membantu mengatasi sakit akibat radang tenggorokan. Pasalnya, teh hijau juga mengandung senyawa antiradang yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Jika rasanya sedikit lebih pahit, dari pada menggunakan gula putih bisa dicoba dengan menambahkan satu sendok madu agar lebih sehat.

5 dari 11 halaman

4. Teh Kunyit

Sakit tenggorokan biasanya juga menjadi salah satu gejala flu. Untuk itu, konsumsi teh kunyit direkomendasikan karena kandungan di dalamnya yang bisa secara alami mengobati berbagai gejala flu. Kandungan kurkumin yang bersifat anti inflamasi dalam kunyit inilah yang berguna mengatasi permasalahan terkait flu.

6 dari 11 halaman

5. Teh Lada Hitam

Teh lada hitam mungkin terdengar agak asing dan tidak biasa. Namun jangan salah, lada hitam tinggi kandungan antioksidan dan senyawa anti inflamasi, sehingga bisa sebagai antibiotik alami dan antibakteri. Tak hanya itu, lada hitam juga mengandung vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, niacin, dan pyridoxine. 

7 dari 11 halaman

Tenggorokan Terasa Kering Minum Apa?

Kebiasaan mengonsumsi minuman hangat seperti air hangat, teh, dan madu secara teratur diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tenggorokan yang kering.

8 dari 11 halaman

Bolehkah Minum Teh saat Radang Amandel?

Kombinasi hangatnya teh bersama dengan madu bisa memberikan bantuan untuk meredakan ketidaknyamanan saat menghadapi radang pada amandel.

9 dari 11 halaman

Apa yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan?

Minuman bersoda, alkohol, dan kafein dapat menimbulkan reaksi iritasi pada tenggorokan. Terlebih lagi, mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir dan anggur saat sedang mengalami peradangan pada tenggorokan juga dapat mengakibatkan kekurangan cairan, membuat proses pemulihan tubuh menjadi semakin sulit.

10 dari 11 halaman

Makanan Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan saat Radang Tenggorokan?

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa memperparah kondisi, seperti makan makanan berlemak tinggi, bersantan, atau minuman yang terlalu manis. Selain itu, sebaiknya juga dihindari merokok.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Sembuh dari Radang Tenggorokan?

Umumnya, penyebab utama terjadinya sakit tenggorokan adalah virus yang umum dan biasanya akan sembuh secara alami dalam rentang waktu 3 hingga 10 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.