Sukses

7 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Kekinian dan Tahan Lama, Cocok Dibawa Mudik

Memilih oleh-oleh khas Jakarta yang tahan lama agar bisa dibawa mudik bisa menjadi hal yang membingungkan. Berikut 7 rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta yang kekinian dan bisa awet di jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menjadi tradisi tahunan yang selalu dinanti-nanti oleh kebanyakan orang Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan. Mengunjungi keluarga di kampung halaman menjadi hal yang sangat berkesan dan berharga karena hanya dilaksanakan setahun sekali.

Tidak hanya mereka yang menjalani mudik, para keluarga yang tinggal di desa juga pasti bersuka cita menyambut sanak saudara yang datang dari tempat perantauan.

Banyak hal yang harus dipersiapkan bagi siapa saja yang akan menjalani perjalanan mudik. Bukan hanya memperhatikan kebutuhan penting seperti pakaian atau obat-obatan, menyiapkan hal tambahan seperti oleh-oleh juga menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Terlebih bagi kamu yang berasal dari Jakarta, memilih oleh-oleh khas Jakarta yang tahan lama agar bisa dibawa mudik ke kampung halaman bisa menjadi hal yang cukup membingungkan.

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jakarta yang kekinian dan bisa awet dijalan.

1. Choco Banana (Chocban)

Choco Banana (Chocban) merupakan oleh-oleh kekinian khas Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Chocban terkenal dengan menu utamanya, yaitu pisang cokelat berlapis pastry renyah yang dapat memanjakan lidah.

Bagi kamu penggemar makanan manis dan dessert, Chocban menyediakan beragam pilihan yang tepat untukmu. Chocban sangat mudah untuk ditemukan karena sudah memiliki banyak outlet di Jakarta. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memesan secara online melalui aplikasi ojek online agar semakin praktis.

Sebab seluruh menu Chocban fresh from the oven alias dibuat berdasarkan pesanan, Chocban dapat tahan 2 hingga 4 hari di luar kulkas atau 1 minggu di dalam kulkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Madu Bu Nanik merupakan salah satu jajanan yang sangat terkenal tidak hanya dalam lingkup nasional, namun juga internasional. Meskipun pernah diejek karena bentuknya seperti makanan gosong, namun Bu Nanik berhasil membuktikan bahwa rasa makanan tidak akan bohong.

Saat ini, jajanan manis khas Jakarta ini sudah dikenal oleh banyak orang. Alih-alih gula, Bu Nanik menggunakan resep keluarganya dengan menggunakan madu sebagai pemanis. Hal ini membuat pisang goreng ala Bu Nanik berbeda dari kebanyakan.

Menu Pisang Goreng Madu Bu Nanik dapat tahan 2 hari di suhu ruang atau 4 hari di suhu kulkas. 

3. Jakarta Cheese Factory

Jakarta Cheese Factory (JCF) merupakan oleh-oleh khas Jakarta yang menyediakan berbagai menu seperti chiffon cheese, brownies, hingga bolen keju.

Terlebih bagi kamu yang menyukai keju, jajanan ini tentu sangat cocok untukmu. Kamu tidak perlu risau akan sulit menemukannya, sebab saat ini JCF sudah memiliki banyak cabang di Jakarta.

Menu-menu JCF dapat tahan 3-4 hari di suhu ruang, sehingga masih sangat memungkinkan untuk kamu bawa mudik lebaran dengan perjalanan yang tidak begitu jauh.

3 dari 4 halaman

4. Beard Papa’s

Beard Papa’s menjual roti puff asal Jepang yang mirip dengan kue sus di Indonesia. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir mengenai kehalalannya karena sudah bersertifikasi MUI.

Meskipun banyak yang coba membuat roti puff ala Beard Papa’s, tetap saja tidak ada yang dapat mengalahkannya. Seluruh produk Beard Papa’s memiliki cita rasa khas yang enak dan lumer di mulut.

Produk mereka dapat tahan selama 3 hari di suhu kulkas atau 1 hari di suhu ruang.

5. Mbun Brownies Panggang

Seperti namanya, Mbun Brownies Panggang memiliki menu utama yaitu brownies panggang yang sangat lezat dengan berbagai toping. Oleh-oleh ini cocok untuk dibawa apabila kamu pecinta cokelat.

Namun selain itu, Mbun Brownies Panggang juga menyediakan menu lain yang tidak kalah menggiurkan untuk kamu jadikan alternatif. 

Untuk masa tahan, produk Mbun Brownies Panggang dapat awet selama 5 hari di suhu ruang atau 7 hari di suhu pendingin, terhitung sejak hari pembelian.

4 dari 4 halaman

6. Hokkaido Baked Cheese Tart

Seperti namanya, makanan ini berasal dari Jepang, tepatnya daerah Hokkaido. Hokkaido Baked Cheese Tart menyediakan beragam menu cheese tart dan patisserie.

Meskipun cheese tart pasti memiliki bahan dasar keju, mereka juga berinovasi dengan memadukan rasa lain. Beberapa rasa cheese tart yang mereka sediakan yaitu bluberry, oreo, caramel, hingga durian.

Di suhu ruang, produk mereka dapat bertahan selama 3 hari. Sedangkan jika di suhu kulkas bisa tahan hingga 1 minggu.

7. Roti Romi

Roti Romi merupakan usaha milik artis Baim Wong yang telah disukai oleh banyak orang. Selain memiliki outlet yang sangat nyaman, Roti Romi juga memiliki cita rasa yang dapat mengingatkan dengan kenangan masa lalu.

Dengan harga yang sangat murah, kamu dapat menikmati kelezatan roti jadul bakar. Selain itu, varian yang disediakan juga sangat banyak sehingga menjadikan pilihan menu ini tidak pernah salah.

Produk Roti Romi dapat tahan 4 hingga 5 hari di suhu ruang, tergantung dari tanggal kadaluarsanya. Sehingga, kamu tidak perlu risau jika ingin membawa oleh-oleh ini dengan jarak yang lumayan jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.