Sukses

Madu Hitam Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Turunkan Gula Darah?

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, seperti diabetes. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Liputan6.com, Jakarta Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang dihasilkan lebah hutan dengan menghisap sari bunga pohon mahoni. Warnanya yang hitam pekat dengan rasa cenderung pahit, membuat madu ini kurang begitu diminati.

Namun demikian, rajin ternyata madu hitam mengandung banyak sekali nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Madu hitam diperkaya akan kandungan baik, seperti saponin, kromium, hemoglobin, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, dan berbagai vitamin.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang khasiat madu hitam, berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (29/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Membantu Pengobatan Batuk

Salah satu studi dari Jurnal Paediatrics & Child Health tahun 2013 menemukan bahwa konsumsi madu hitam memiliki khasiat untuk meredakan berbagai gejala batuk pada anak yang mengidap bronkitis. Manfaat ini didapat dari kemampuannya menurunkan risiko peradangan maupun iritasi tenggorokan, dan mengurangi produksi dahak. Bahkan, manfaat konsumsi madu hitam untuk mengatasi batuk ini diklaim lebih efektif dibandingkan dengan konsumsi obat batuk yang beredar di pasaran. 

3 dari 13 halaman

2. Membantu Mengatasi Masalah Lambung

Dilansir dari situ halodoc.com, dalam madu hitam terkandung senyawa hydrogen peroxide yang memiliki sifat antibakteri. Senyawa ini mampu melawan bakteri yang menyebabkan masalah pada lambung, seperti helicobacter pylori. Saat mengonsumsi madu hitam, asam lambung akan mengencerkannya guna mengaktifkan senyawa glukosa oksidase yang menstimulus protein dan sel-sel yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka lambung.

4 dari 13 halaman

3. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Kandungan senyawa alkaloid dalam madu hitam terdeteksi cukup tinggi. Senyawa ini bersifat antihiperglikemik, sehingga bagus untuk pasien diabetes. Ini karena, tingginya alkaloid madu hitam membuatnya tidak berpotensi menaikkan gula darah secara signifikan setelah mengonsumsinya. Karena itu, madu hitam bisa dijadikan pilihan pemanis alami untuk makanan ataupun minuman pasien diabetes maupun individu yang sekadar ingin mengontrol gula darahnya.

5 dari 13 halaman

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Madu hitam diperkaya akan kandungan flavonoid yang terkenal sebagai antioksidan dan anti peradangan. Senyawa ini ampuh dalam membantu mengendalikan kolesterol jahat atau HDL, menguatkan dinding pembuluh darah, dan mencegah aterosklerosis (plak atau lemak yang menyumbat pembuluh arteri). 

6 dari 13 halaman

5. Menurunkan Risiko Kanker

Hasil riset dari Advanced Pharmaceutical Bulletin pada tahun 2022, menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam madu hitam ampuh mengurangi risiko dari efek paparan radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. 

7 dari 13 halaman

6. Menjaga Kesehatan Otak

Polifenol dalam madu hitam juga berkhasiat menurunkan risiko alzheimer dengan cara menghambat kondisinya semakin parah, melindungi sel-sel saraf, mengurangi peradangan pada saraf, serta mencegah penurunan daya ingat dan kecerdasan.

8 dari 13 halaman

7. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Madu hitam bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, madu hitam mengandung fruktosa dan glukosa yang merupakan humektan untuk mengikat kadar air agar kulit tetap lembap. Memiliki sifat antibakteri, madu ini juga bisa membantu mengurangi gejala psoriasis dan eksim, meminimalisir infeksi, dan merangsang pembentukan protein baru di kulit yang bermanfaat dalam proses penyembuhan luka. 

9 dari 13 halaman

Madu Hitam Asli Seperti Apa?

Madu hitam memiliki warna yang cenderung gelap, bisa berupa cokelat tua atau kuning tua.

10 dari 13 halaman

Apa Khasiat Madu Hitam 99?

Madu Pahit Hitam Super, yang diproduksi oleh Madu Bima 99, terbuat dari madu alami yang telah terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan batuk, serta memelihara kesehatan pencernaan. Selain itu, produk ini juga memperbaiki stamina dan mempromosikan proses penyembuhan luka.

11 dari 13 halaman

Apa Bedanya Madu Hitam dan Madu Biasa?

Meskipun demikian, kandungan fenol dalam madu hitam melebihi madu biasa. Kenaikan kandungan fenol akan menyebabkan peningkatan antioksidan flavonoid dalam madu tersebut.

12 dari 13 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Madu?

Tentang kapan yang terbaik untuk mengonsumsi madu, pilihannya adalah sebelum makan atau saat perut dalam keadaan kosong.

13 dari 13 halaman

Kenapa Minum Madu Tidak Boleh Pakai Sendok Logam?

Interaksi antara madu dan sendok logam dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan terbentuknya senyawa garam beracun. Dampaknya adalah perubahan dalam komposisi dan rasa madu itu sendiri. Pemakaian sendok logam yang terendam dalam madu bisa mengakibatkan korosi pada bahan logam tersebut, menimbulkan potensi bahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.