Sukses

5 Aplikasi Editing Foto Gratis Terbaik Tahun 2024

Software editing foto memanglah tidak murah, dan juga tidak mudah untuk menguasai mereka tanpa pelatihan formal. Itulah sebabnya kami akan membahas software editing foto gratis terbaik di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi editing foto adalah alat yang sangat penting bagi fotografer dan desainer grafis untuk meningkatkan dan memodifikasi gambar. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menyesuaikan warna, kontras, kecerahan, dan banyak aspek lain dari sebuah foto. aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memotong, mengubah ukuran, dan bahkan menghapus elemen yang tidak diinginkan dari gambar.

Salah satu fitur utama dari aplikasi editing foto adalah kemampuannya yang memiliki banyak fitur. Ini memungkinkan pengguna untuk mengedit bagian tertentu dari gambar tanpa mempengaruhi area lain. Pengguna juga dapat menambahkan teks, bentuk, dan efek khusus untuk memberikan sentuhan artistik pada karya mereka.

Namun, penggunaan aplikasi editing foto juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah membutuhkan waktu dan keterampilan untuk menguasai penggunaannya.

Selain itu, penggunaan aplikasi editing foto yang berlebihan juga dapat merusak kualitas asli foto dan membuatnya terlihat tidak alami. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan aplikasi editing foto dengan bijak dan juga mengutamakan keaslian foto dari tangkapan kamera.

Beberapa contoh aplikasi editing foto populer termasuk Adobe Photoshop, Lightroom, dan Skylum Luminar AI. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dan sering kali dipilih berdasarkan kebutuhan spesifik pengguna, tetapi tentunya aplikasi tersebut kerapkali berbayar.

Aplikasi editing foto memanglah tidak murah, dan juga tidak mudah untuk menguasai mereka tanpa pelatihan formal.

Itulah sebabnya kami akan membahas aplikasi editing foto gratis terbaik di pasaran, melansir dari Digitaltrends.com, Rabu (27/03/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. GIMP

Sering digembar-gemborkan sebagai alternatif gratis terbaik yang hampir seimbang dengan Photoshop, GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah aplikasi yang mengandalkan dari komunitas pengembang sukarela yang memelihara dan meningkatkan produk tersebut.

Aplikasi ini tersedia untuk MacOS, Windows, dan Linux. Aplikasi ini menyediakan banyak alat pengeditan dan retouching tingkat profesional, dan sangat sempurna bagi para desainer yang tidak bisa atau tidak mau mengeluarkan uang banyak hanya untuk Adobe Photoshop.

Setelah Anda meluncurkan program ini, Anda akan menemukan jendela khusus yang menampilkan gambar. Anda juga akan melihat dua dermaga mengambang: Satu dengan kotak peralatan dan satu lagi untuk mengelola lapisan, jalur, kuas, dan lainnya.

Anda akan memiliki ruang kerja yang luas untuk mengedit gambar saat menggunakan layar besar atau dua monitor. Ikon dalam kotak alat mewakili alat tertentu, seperti Skala, Pensil, Kuas, Airbrush, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menerapkan berbagai filter, seperti menghilangkan bayangan, menambahkan efek neon, menambahkan warna merah pada mata agar telihat jahatdan sebagainya.

Secara keseluruhan, GIMP mungkin terasa seperti versi gratis dari Photoshop. Membiasakan diri untuk menggunakan aplikasi ini memang akan membutuhkan waktu, tetapi Anda akan menghemat biaya Anda dengan aplikasi gratis yang satu ini.

3 dari 6 halaman

2. Paint.NET

Paint.NET diciptakan sebagai "proyek desain" mahasiswa tingkat sarjana yang dibimbing oleh Microsoft.

Aplikasi ini awalnya dikembangkan sebagai aplikasi editing foto pengganti tanpa biaya untuk Microsoft Paint, yang menjadi satu paket dengan sistem operasi Windows Microsoft.

Paint.NET telah melampaui Microsoft Paint dalam hal fungsionalitas dan juga menyediakan fitur yang lebih canggih.

Paint.NET memiliki antarmuka pengguna yang mudah dipahami, alat hapus tak terbatas untuk membatalkan kesalahan apa pun, berbagai efek khusus, dan utilitas lainnya.

Sementara Microsoft Paint memiliki keterbatasan dalam fitur-fiturnya, Paint.NET dapat menangani pengeditan foto tingkat lanjut yang Anda harapkan, seperti halnya yang dapat dilakukan oleh Photoshop dan program editing foto berbayar lainnya.

Paint.NET tersedia sebagai program desktop tradisional gratis untuk Windows dan tersedia di Microsoft Store dengan harga US$10.

4 dari 6 halaman

3. Pixlr

Pixlr menyediakan dua alat yang dapat Anda akses secara gratis: Pixlr X (ekspres) dan Pixlr E (advance). Keduanya menyediakan alat pengeditan yang penting dan layer yang terbatas.

Alat-alat ini didukung iklan, meskipun Anda dapat meningkatkan ke Plus (US$2/bulan saat membayar bulanan) atau Premium (US$8/bulan saat membayar bulanan) untuk menghapus iklan dan membuka fitur tambahan.

Aplikasi ini disertai dengan 12 alat penting, mulai dari menggambar, menerapkan filter, hingga memotong gambar.

Lalu ada Pixlr E, perangkat lunak pengeditan foto sederhana yang memberi Anda akses ke 24 alat yang berguna. Pengguna dapat dengan mudah menggambar bentuk, mengaburkan, mempertajam, atau mengkloning foto, dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan, cara termudah untuk mengakses Pixlr adalah melalui aplikasi web Pixlr X dan Pixlr E.

5 dari 6 halaman

4. Adobe Lightroom Mobile App

Dengan Adobe Lightroom di perangkat seluler, Anda bisa melakukan banyak penyesuaian yang biasa Anda lakukan pada aplikasi pengeditan lainnya: memotong, menyesuaikan pencahayaan, menyesuaikan warna, atau menambahkan filter.

Aplikasi ini mudah digunakan karena memiliki antarmuka yang sederhana dengan ikon-ikon yang diberi label yang jelas dan tombol yang mudah digunakan untuk membantu Anda menyesuaikan aspek-aspek tertentu dari foto Anda dengan cepat.

Lightroom juga memiliki kontrol setting kameranya sendiri untuk membantu meningkatkan kualitas foto yang Anda ambil dengan perangkat seluler Anda. Anda dapat memilih dari mode kamera seperti Raw, HDR, dan Profesional.

Ada beberapa fitur yang terkunci yang Anda bisa membukanya dengan membeli langganan, tetapi Anda tidak perlu berlangganan dikarenakan fitur-fitur yang gratis itu sudah cukup untuk memperindah foto Anda.

6 dari 6 halaman

5. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro adalah opsi pengeditan foto gratis yang layak untuk pengguna Windows. Dan hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah software ini benar-benar menekankan kemudahan penggunaan dan pengalaman pengguna yang disesuaikan.

Bahkan, saat pertama kali membuka perangkat lunak ini, Anda akan disambut dengan serangkaian pertanyaan tentang bagaimana Anda ingin menggunakan software ini.

Pertanyaan paling penting yang akan ditanyakan adalah, ketika Anda diminta untuk memilih di antara dua antarmuka utama (berdasarkan tingkat pengalaman mengedit foto Anda) antarmuka untuk para ahli (PRO) atau antarmuka untuk pemula (Novice).

Dan antarmuka yang Anda pilih akan menentukan bagaimana Anda akan mengedit menggunakan software ini ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.