Sukses

4 Obat Rumahan yang Efektif Redakan Sakit Gigi

Ternyata, ada beberapa pengobatan rumahan yang efektif mengatasi sakit gigi. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Rasa sakit yang berhubungan dengan sakit gigi sangatlah tidak tertahankan dan dampaknya terasa pada wajah dan kepala.

Apa pun alasannya, kebanyakan individu mencari pengobatan rumahan untuk meredakan sakit gigi. Ternyata, ada beberapa pengobatan rumahan yang efektif mengatasi sakit gigi. Penasaran apa saja? Ini dia ulasannya, seperti melansir dari Times of India, Selasa (26/3/2024).

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah pengobatan rumahan yang sederhana namun efektif untuk meredakan sakit gigi. Garam memiliki sifat antibakteri alami sehingga efektif mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di mulut.

Untuk menyiapkan obat kumur air garam, Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok the garam ke dalam segelas air hangat. 

Berkumurlah larutan tersebut di mulutmu selama 30 detik sebelum dibuang. Ulangi proses ini beberapa kali sehari, terutama setelah makan atau sebelum tidur, untuk meringankan ketidaknyamanan sakit gigi dan meningkatkan kebersihan mulut.

2. Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk sakit gigi karena sifat analgesic dan antimikroba yang kuat.

Eugenol, senyawa yang ditemukan dalam minyak cengkeh, bertindak sebagai anestesi topical, mematikan rasa pada area yang terkena dan meredakan nyeri sementara. 

Untuk menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi, rendam kapas dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan oleskan langsung ke gigi atau gusi yang sakit. Ulangi proses ini sesuai kebutuhan untuk meredakan sakit gigi secara efektif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan bawang putih

Bawang putih terkenal dengan sifat antimikroba dan anti-inflamasinya, menjadikannya obat rumahan yang ampuh untuk meredakan sakit gigi. 

Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, menunjukkan aktivitas antibakteri, membantu melawan infeksi mulut dan mengurangi rasa sakit dan bengkak yang berhubungan dengan sakit gigi. 

Untuk menggunakan bawah putih untuk merekadan sakit gigi, hancurkan satu suing bawang putih untuk mengeluarkan sarinya, lalu oleskan bawang putih yang telah dihancurkan langsung ke gigi atau gusi yang sakit.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengunyah satu suing bawah putih atau pasta bawang putih selama beberapa menit untuk melepaskan senyawa bermanfaat. Ulangi proses ini beberapa kali sehari untuk meredakan sakit gigi dan meningkatkan kesehatan mulut secara efektif.

 

3 dari 3 halaman

4. Gunakan teh pepermin

 

Teh pepermin mengandung mentol, senyawa alami yang dikenal memiliki sifat mendinginkan dan mematikan rasa. Dapat membantu meringankan sakit gigi dan mengurangi peradangan bila digunakan sebagai obat kumur atau dioleskan. 

Jika Anda tertarik menggunakan teh pepermin untuk meredakan sakit gigi, Anda hanya perlu menyelupkan kantong the pepermin ke dalam air panas selama beberapa menit, lalu biarkan hingga agak dingin.

Gunakan teh tersebut sebagai obat kumur. Lalu kumur-kumur selama 30 detik sebelum dibuang. Ulangi proses ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan untuk meredakan sakit gigi secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.