Sukses

Terungkap, 3 Alasan Kate Middleton Umumkan Sendiri Diagnosis Kankernya Bukan Lewat Juru Bicara Kerajaan

Ternyata ada beberapa alasan mengapa Kate Middleton memilih untuk mengumumkan sendiri diagnosis kankernya

Liputan6.com, Jakarta Internet telah dibanjiri dengan spekulasi dan teori tentang keberadaan Putri Wales. Namun, dia mengesampingkan semua rumor tersebut setelah mengungkapkan kepada publik bahwa Kate Middleton idap kanker.

Dalam pernyataannya kepada publik, dia mengatakan bahwa dia "semakin kuat" setiap hari dan mengatakan bahwa dia sekarang akan menjalani kemoterapi. Hilangnya Kate dari perhatian publik sejak Januari untuk operasi yang direncanakan sangat terasa dan menimbulkan kekhawatiran publik.

Segalanya meningkat setelah foto sang Putri yang dimanipulasi dibagikan bersama anak-anaknya Pangeran George, sepuluh tahun, Putri Charlotte, delapan tahun, dan Pangeran Louis, lima tahun pada Hari Ibu. Foto tersebut menjadi berita utama global setelah sejumlah kantor berita global mengeluarkan "kill notice" dan memutuskan untuk berhenti mendistribusikan gambar tersebut, sambil menyebut Istana Kensington sebagai sumber yang tidak dapat dipercaya.

Ternyata, ada beberapa alasan mengapa akhirnya Kate Middleton memutuskan untuk mengumumkan sendiri diagnosis kankernya dan bukannya lewat juru bicara kerajaan. Pernyataan Putri Wales ini memperlambat kegaduhan publik, dan melindungi anak-anaknya dengan pernyataan singkat. Berikut beberapa alasan tersebut seperti dihimpun dari Mirror.

1. Kewajiban kepada publik

Sebagai calon Ratu dan tokoh senior kerajaan, Kate menjalankan peran publiknya dengan sangat serius. Pernyataannya telah memungkinkan masyarakat yang peduli untuk mengesampingkan rumor tentang kesejahteraannya. Meskipun banyak yang menganggap kesehatan sang Putri adalah masalah pribadi, Kate adalah figur publik yang dicintai dan dia menyadari bahwa banyak yang mengkhawatirkan kesehatannya.

Seorang teman dekat sang Putri berbicara kepada The Sunday Times tentang pentingnya Kate dapat menyampaikan berita kesehatannya langsung kepada publik, mereka berkata: "Hal ini memungkinkan dia untuk berbicara langsung kepada publik yang, sebagian besar, selalu bersama dia dan keluarganya dan yang tidak percaya pada konspirasi dan gosip. Itu semua adalah dia, dia menulis setiap kata di dalamnya, dan semuanya terjadi dengan sangat cepat."

Teman-teman lain yang berbicara kepada surat kabar tersebut minggu sebelumnya mengatakan bahwa Pangeran dan Putri Wales berencana untuk lebih "terbuka" dan "jujur" tentang kondisi Kate di masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tetap tenang dan menjalani hidup

Motivasi lain dari pernyataan sang Putri adalah agar dia dan keluarganya dapat beraktivitas seperti biasa tanpa spekulasi dan hiruk pikuk. Kate ingin melanjutkan tugasnya semaksimal mungkin, jika kesehatannya memungkinkan.

Seorang teman dekat kerajaan mengatakan kepada The Sunday Times: "Dia ingin dapat menjalani rutinitas seaktif dan senormal mungkin dan tidak menjadikannya masalah besar ketika dia pergi ke toko pertanian dekat rumah mereka di Windsor, dengan orang-orang kemudian menyarankan bahwa itu adalah langkah humas. Ke depannya, mereka akan sangat ketat dalam menegakkan hak privasi mereka."

 

3 dari 4 halaman

3. Demi George, Charlotte, dan Louis

Namun, alasan terpenting sang Putri menyampaikan pernyataan tentang kesehatannya adalah anak-anaknya. Dia berkata: “Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini membutuhkan waktu. Saya membutuhkan waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya. Namun, yang terpenting, kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka, dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja.”

Sekolah anak-anak, Lambrook, dibubarkan untuk liburan Paskah pada Jumat sore, dan saat itulah media diberitahu oleh Istana Kensington tentang pengumuman Kate yang akan segera terjadi. Sumber istana mengatakan kepada The Sunday Times: “George sekarang berusia 10 tahun dan tidak dapat dilindungi dari semua ini sekarang. Begitu sampai di gerbang sekolah dan di taman bermain sekolah, dia tidak akan bisa menghindarinya.”

4 dari 4 halaman

Keberanian Kate Middleton Ungkap Idap Kanker Gambaran Simbol Kelas dan Keanggunan

Kemunculan Kate Middleton di hadapan publik pada Sabtu, 23 Maret 2024, waktu setempat, menggemparkan seluruh dunia. Bagaimana tidak? Selain merupakan penampilan perdananya setelah berbulan-bulan seolah ditelan bumi, Kate membawa kabar kurang mengenakkan. Ia didiagnosis kanker.

Melalui sebuah unggahan di akun Instagram resmi @princeandprincessofwales, Kate Middleton menceritakan awal mula dirinya diketahui memiliki kanker. Seperti diketahui bahwa istri Pangeran William menjalani operasi abdominal di London pada Januari 2024 dan kondisinya dianggap non-kanker.

"Operasinya sukses, hanya saja tes setelahnya menunjukkan adanya sel kanker," katanya.

Kate dan keluarganya sangat terkejut saat mengetahui dirinya memiliki sel kanker. Mereka berusaha untuk memproses dan menerima kabar tersebut secara pribadi, dan ini membutuhkan waktu. Dirinya juga butuh waktu untuk pulih dari operasi besar sebelum memulai pengobatan penyakit kanker.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.