Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Apakah Mungkin Kondom Bisa 'Tertinggal' di Dalam Miss V?

Kondom adalah salah satu metode yang efektif untuk menghindari kehamilan dan penularan penyakit menular seksual. Namun, bagaimana jika kondom terjebak di dalam organ intim wanita? Tidak perlu cemas! Berikut adalah penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun belum umum, ada kemungkinan kondom bisa terperangkap di dalam vagina selama berhubungan seksual.

Kondom mungkin bisa terlepas dari organ reproduksi pria karena ukurannya yang tidak pas, terlalu besar, terlalu kecil, atau mungkin kurangnya pelumas.

Bagaimana jika kondom terperangkap di dalam organ reproduksi wanita? Saat kondom terjebak, bisa menyebabkan keluarnya cairan yang tidak normal, perdarahan, dan rasa sakit di panggul.

Lalu, bagaimana cara mengeluarkan kondom yang terperangkap? Langkah-langkahnya dijelaskan dalam artikel yang dikutip dari Health.com (07/03) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gejala Kondom Tersangkut di Dalam Miss V

Terdapat beberapa metode untuk mengidentifikasi apakah kondom terperangkap di dalam organ intim wanita.

Tanda yang paling mencolok adalah tidak ditemukannya kondom setelah pasangan melakukan hubungan seksual.

Kondisi di mana kondom terperangkap tidak seberisiko lupa memasukkan tampon, namun bisa menjadi penyebab infeksi.

3 dari 10 halaman

Apa yang Harus Dilakukan saat Kondom Tertinggal di Miss V

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan bernapas dalam-dalam.

Organ intim wanita terhubung dengan leher rahim yang biasanya hanya melunak dan terbuka saat proses persalinan atau tindakan medis tertentu. Kondom umumnya hanya dapat mencapai tingkat leher rahim sebelum berhenti.

Meskipun kondom yang tertinggal mungkin tidak menimbulkan risiko kesehatan secara langsung, kondisi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan atau penularan infeksi menular seksual.

4 dari 10 halaman

Cara Melepas Kondom yang Tersangkut

Pilihan pertama dalam mengatasi kondom yang tersangkut adalah segera menghubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat.

Alternatifnya, Anda dapat mencoba mengatasinya sendiri.

  1. Pertama, cuci tangan dengan air dan sabun.
  2. Duduklah di bak mandi yang berisi air hangat atau di atas toilet. Walau berdiri dan menunduk dapat membantu kondom keluar, posisi tersebut mungkin kurang nyaman.
  3. Pastikan untuk rileks dan hindari menegangkan atau mengencangkan otot vagina.
  4. Oleskan sedikit pelumas pada jari untuk memudahkan proses pengeluaran kondom.
  5. Gunakan gerakan seperti mengait untuk mengeluarkan kondom dengan lembut.
  6. Pastikan untuk mengeluarkan seluruh bagian kondom karena pecahan yang tertinggal di dalam vagina dapat menyebabkan masalah.
5 dari 10 halaman

Upaya Pencegahan

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah kondom tersangkut di dalam vagina:

  • Pastikan pasangan Anda menarik kondom dengan benar: Pasangan sebaiknya memegang bagian dasar kondom saat menariknya, terutama jika ereksi mulai menurun. Idealnya, pasangan akan memberi tahu jika kondomnya hilang.
  • Gunakan kondom dengan benar: Pastikan pasangan Anda memilih kondom dengan ukuran yang sesuai. Kondom harus pas dan nyaman serta dapat digulung ke bawah pada penis yang sedang ereksi.
  • Gunakan pelumas: Pelumas membantu mengurangi risiko kondom tersangkut, mencegah luka bakar, dan robekan yang dapat membuat hubungan seksual menjadi tidak nyaman atau tidak aman.
6 dari 10 halaman

Apakah Kondom yang Tertinggal Bisa Keluar Sendiri?

Meskipun jarang terjadi, kondom masih bisa terlepas. Menurut beberapa studi, sekitar 28-33% pengguna kondom mengalami masalah seperti robek, lepas, atau keduanya. Dalam satu penelitian, dari 834 kejadian pemakaian kondom selama berhubungan seks, 7% kondom terlepas saat berhubungan dan 8% terlepas saat penarikan.

 

7 dari 10 halaman

Sperma Keluar di Kondom Apakah Bisa Hamil?

Apabila kondom yang digunakan oleh pria terlalu kecil dibandingkan dengan ukuran penisnya, hal itu dapat mengakibatkan kebocoran atau sobeknya kondom, yang kemudian meningkatkan risiko pembuahan dan kehamilan. Sebaliknya, ketika pria menggunakan kondom yang terlalu longgar atau lebih besar dari ukuran penisnya, ada kemungkinan kondom akan terlepas dan tertinggal di dalam vagina.

 

8 dari 10 halaman

Apakah Sperma Bisa Keluar saat Menggunakan Kondom?

Apabila kondom tidak segera dilepaskan setelah penis mulai mengendur, ada potensi bahwa cairan sperma dapat keluar dari bagian pangkalnya.

 

9 dari 10 halaman

Apa Ciri-Ciri Kondom Bocor?

Setelah menggunakan kondom, tampak kulit penis yang menonjol keluar. Kondom yang awalnya terasa sempit, tiba-tiba terasa lebih longgar.

 

10 dari 10 halaman

Pakai Kondom Keluar di Mana?

Gunakan jari untuk menjepit bagian tengah lingkaran kondom saat hendak digunakan, hal ini bertujuan untuk mencegah udara masuk. Letakkan kondom di atas ujung penis sambil memegang ujungnya, pastikan penis telah ereksi sepenuhnya. Dengan lembut, buka gulungan kondom ke arah pangkal penis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.