Sukses

Cek Syarat, Jadwal Seleksi, dan Tata Cara Pendaftaran Simama Poltekkes Kemenkes 2024, Lulusan SMA Segera Daftar!

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) telah membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (Simama) untuk tahun akademik 2024/2025. Pendaftaran Simama telah dibuka pada 1 Maret dan akan tutup pada 03 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) telah membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (Simama) untuk tahun akademik 2024/2025. Pendaftaran Simama telah dibuka pada 1 Maret dan akan tutup pada 03 Mei 2024.

Simama merupakan seleksi masuk bersama untuk masuk ke berbagai program studi di Poltekkes Kemenkes yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini, Simama menawarkan berbagai progam studi di jenjang Diploma III dan Sarjana Terapan di bidang kesehatan.

Pendaftaran Simama dilakukan secara online melalui website resmi Simama Poltekkes Kemenkes. Sebelum mendaftar, calon peserta diwajibkan untuk membuat akun dan mengisi data diri, program studi yang diinginkan, dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

Dilansir dari laman resmi Simama Poltekkes Kemenkes pada Selasa (05/03/2024), pendaftaran jalur Simama Poltekkes 2024 diperuntukkan bagi lulusan SMA, MA dan SMA hingga Paket C. Pendaftar Simama Poltekkes 2024 akan menjalani tes kesehatan dan ujian tulis berbasis Komputer (CBT) yang terdiri dari dua materi yang diujikan, yaitu Tes Skolastik (Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan, dan Pengetahuan Kuantitatif), dan Tes Literasi (Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika).

Bagi calon mahasiswa yang mendaftar jalur ini, Simama Poltekkes mengenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 125.000 dan akan digelar serentak di 38 Poltekkes se-Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Penting Simama Poltekkes Kemenkes

Jadwal Seleksi Simama Poltekkes Kemenkes

  1. Pendaftaran: 01 Maret-03 Mei 2024
  2. Pelaksanaan CBT Periode 1 : 08-13 Mei 2024P
  3. elaksanaan CBT Periode 2 : 21-26 Mei 2024
  4. Pemeringkatan dan Nominasi : 27-28 Mei 2024
  5. Pengumuman Hasil Seleksi CBT :29 Mei 2024
  6. Pendaftaran dan Pelaksanaan Uji Kesehatan : 30 Mei-05 Juni 2024
  7. Nominasi Uji Kesehatan : 06-07 Juni 2024
  8. Pengumuman Kelulusan Akhir : 08 Juni 2024
  9. Registrasi Calon Mahasiswa Baru : Ditetapkan oleh masing-masing Poltekkes

Persyaratan Simama Poltekkes Kemenkes 2024 Kelas Reguler

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Lulusan SMU/SMA/Ma/SMA/Program Paket C dengan jurusan yang relevan.
  3. Usia calon peserta maksimal 25 tahun pada awal Tahun Akademik 2024/2025 (1 Juli 2024).
  4. Berbadan sehat, tidak buta warna, kondisi fisik tidak menganggu tugas sebagai tenaga kesehatan.
  5. Ketentuan tinggi badan sebagai berikut: Prodi keperawatan dan fisioterapi minimal 155 cm bagi laki-laki, dan 150cm bagi perempuan. Prodi kebidanan hanya menerima peserta dengan tinggi badan minimal 150 cm. Prodi lainnya minimal 145 cm dan tinggi badan untuk prodi lainnya ditetapkan oleh Poltekkes masing-masing.
3 dari 4 halaman

Persyaratan Simama Poltekkes Kemenkes 2024 Kelas Internasional

  1. Warga Negara Indonesia dan/atau Warga Negara Asing.
  2. Lulus pendidikan : SMU/SMA/MA/SMK Kesehatan dengan jurusan yang relevan/sesuai dengan pilihan prodi dan ditetapkan oleh Panitia Nasional.
  3. Maksimal tahun kelulusan 2022.
  4. Berbadan sehat, tidak buta warna, kondisi fisik tidak mengganggu tugas sebagai tenaga kesehatan. (pemeriksaan dilakukan pada tahap uji kesehatan).
  5. Tinggi Badan minimal perempuan 155 cm, laki-laki 160 cm.
  6. Lulus seleksi CBT, wawancara, serta test tambahan TOEFL ITP.
  7. Khusus WNA menyertakan Dokumen keimigrasian yang berlaku dari negara asal apabila sudah diterima.

Persyaratan Khusus

  1. Bagi calon peserta yang berasal dari keluarga miskin/keluarga tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin/ tidak mampu dari Kelurahan/Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah)
4 dari 4 halaman

Tata Cara Pendaftaran Simama Poltekkes Kemenkes 2024

  1. Calon peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi untuk membuat akun pada laman resmi Simama Poltekkes Kemenkes.
  2. Jika sudah memiliki akun, klik "Login" atau "Masuk".
  3. Jika berhasil, pilih opsi "Proses Pendaftaran Buka. Calon peserta dapat memilih 2 hingga 3 program studi dengan cara memilih lokasi kampus dan program studinya. Jika sudah memilih, silakan klik "Simpan Pilihan Program Studi". Pastikan data yang dipilih sudah benar dan sesuai.
  4. Selanjutnya, pilih lokasi ujian untuk tes CBT.
  5. Lakukan pembayaran dengan cara klik "Cetak" untuk mendapatkan No Tagihan dan pastikan melakukan pembayaran tidak melewati masa akhir pembayaran.
  6. Jika sudah melakukan pembayaran, silakan masuk akun kembali untuk melanjutkan pengisian biodata berupa Data Pribadi, Data Orang Tua/Wali, dan Data Sekolah.
  7. Jika semua data sudah disimpan, selanjutnya akan muncul pilihan dan klik "Lanjutkan ke tahap Unggah Raport". Pastikan seluruh file berupa file PDF dan maksimum ukuran per file 200kb.
  8. Input nilai raport. Pastikan data yang di isi benar-benar sesuai, lalu klik simpan dan akan muncul pilihan dan klik "Unggah Data Kesehatan".
  9. Tahap selanjutnya, klik tombol "Unggah foto" sesuai dengan syarat yang ditetapkan.
  10. Selanjutnya masuk ke bagian konfirmasi. Pastikan semua data yang telah diunggah sudah benar dan sesuai dan klik "Kirim Data".
  11. Cetak kartu ujian dengan cara klik "Cetak Kartu Ujian".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.