Sukses

Jangan Diabaikan, Kenali 5 Tanda Seseorang Sangat Iri pada Anda

Berikut ini beberapa tanda seseorang sangat iri pada Anda

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan adalah emosi alami manusia, dan kita semua merasakannya dari waktu ke waktu—misalnya, ketika seorang tetangga memenangkan liburan mewah gratis, atau ketika seorang rekan kerja mendapatkan promosi yang didambakan tersebut. Namun ketika seseorang membiarkan rasa cemburu mengambil alih, atau tidak bisa mengatasinya dengan cara yang sehat, hal ini dapat menyabotase hubungan, kebahagiaan, dan kesejahteraan mentalnya.

“Kecemburuan atau rasa iri, yang merupakan perpaduan antara rasa takut, rasa tidak aman, dan perbandingan, sering kali secara diam-diam menyerang hati dan pikiran kita,” kata Joel Frank, PsyD, psikolog klinis berlisensi dan neuropsikolog di Duality Psychological Services. 

“Hal ini memicu ketidakmampuan dan memicu siklus destruktif yang dapat mengikis kepercayaan dan keintiman. Dalam persahabatan, hal ini dapat bermanifestasi sebagai kebencian ketika seorang teman mencapai sesuatu yang kita dambakan, sehingga mengaburkan kemampuan kita untuk merayakan kesuksesannya. Dalam keluarga, hal ini dapat menimbulkan keunggulan kompetitif. itu mengurangi cinta tanpa syarat yang seharusnya ada."

Terkadang mudah untuk mengetahui kapan rasa cemburu muncul. Namun terkadang Anda mungkin salah mengira perilaku cemburu seseorang sebagai sifat kompetitif, arogansi, atau kekejaman yang tidak masuk akal. 

Berikut ini beberapa tanda bahwa seseorang sangat iri kepada Anda. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Mereka terus-menerus menunjukkan kekurangan Anda

Cobalah untuk tidak tersinggung jika rekan kerja, teman, saudara kandung, atau orang lain dalam hidup Anda sengaja mengutarakan ketidaksempurnaan Anda.

"Jika Anda memperhatikan seseorang bersikap terlalu kritis terhadap Anda, berfokus pada kesalahan atau kekurangan kecil, itu mungkin bukan karena ingin membantu—sebaliknya, itu bisa jadi merupakan tanda kecemburuan," kata Frank.

“Misalnya, kesuksesan Anda di tempat kerja mungkin akan ditanggapi dengan sikap rewel, bukan pujian,” ujarnya. “Perilaku ini sering kali berasal dari konflik batin mereka, perasaan tidak mampu ketika membandingkan perjalanan mereka dengan perjalanan Anda.”

Dengan kata lain, orang yang terus-menerus menunjukkan hal-hal ini biasanya melakukannya karena menyoroti kekurangan Anda akan membuat mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka meremehkan kesuksesan Anda

Orang yang percaya diri akan bisa merayakan kesuksesan Anda. Jadi, jika seseorang dalam hidup Anda terus-menerus meremehkan atau meremehkan pencapaian Anda, itu tandanya dia iri pada Anda.

Frank mengatakan mereka mungkin mengaitkan pencapaian Anda hanya dengan keberuntungan, bukan kerja keras atau keterampilan, atau mereka mungkin menyiratkan bahwa apa yang Anda lakukan mudah untuk dicapai atau bukan masalah besar.

“Yang mereka bicarakan adalah ketidakamanan mereka—mereka tidak bisa mengakui kesuksesan Anda karena khawatir kesuksesan mereka akan menutupi kesuksesan mereka,” jelasnya.

Deborah Gilman, seorang psikolog berlisensi dan pemilik Fox Chapel Psychological Services, mencatat bahwa orang yang cemburu berupaya mengurangi kesuksesan Anda untuk mempertahankan rasa superioritas.

“Saat membahas kesuksesan Anda, mereka mungkin menekankan area di mana Anda gagal atau menghadapi tantangan, menyoroti aspek negatifnya daripada merayakan pencapaian Anda,” katanya. 

"Strategi ini bertujuan untuk mengalihkan fokus dari kesuksesan Anda dengan menarik perhatian pada kelemahan yang dirasakan, sehingga melindungi harga diri mereka dari ancaman yang dirasakan atas pencapaian Anda."

 

3 dari 4 halaman

3. Mereka sering kali memberikan pujian tidak langsung

Tanda klasik lain dari kecemburuan? Pujian yang tidak langsung.

“Mereka mungkin menyamarkan kecemburuannya dengan pujian yang bernuansa negatif, seperti memuji kesuksesan Anda sambil menyiratkan bahwa hal itu tidak terduga atau tidak pantas dilakukan,” jelas Gilman.

Pujian yang tidak langsung membuat mereka terlihat mendukung dan secara halus meremehkan pencapaian Anda, kata Gilman, yang berfungsi sebagai pelampiasan pasif-agresif untuk kecemburuan mereka.

Seringkali, Rinaldi mengatakan komentar-komentar ini disamarkan sebagai upaya humor. Dengan begitu, jika Anda melontarkan pernyataan yang didasari rasa cemburu, mereka bisa mengelak dari tanggung jawab dan menganggap Anda "terlalu sensitif" atau "tidak bisa menerima lelucon".

4. Mereka mulai menarik dukungan atau kasih sayang mereka

Meskipun ada beberapa kemungkinan alasan seseorang menarik diri secara emosional dari suatu hubungan, Frank mengatakan kecemburuan adalah salah satunya. Misalnya, orang yang cemburu mungkin akan memberikan jaminan pada acara penting yang Anda undang atau lalai memberi selamat atas pertunangan Anda.

“Penarikan diri mereka adalah wujud perjuangan mereka untuk membahagiakan Anda ketika mereka berharap penghargaan Anda menjadi milik mereka,” jelasnya.

Daniel Rinaldi, seorang terapis, pelatih kehidupan, dan pendiri Mind Noise, menambahkan bahwa orang sering kali menjauhkan diri ketika rasa cemburu mereka menumbuhkan kebencian.

 

4 dari 4 halaman

5. Mereka harus selalu merasa lebih dari Anda

Perhatikan bagaimana respons orang-orang dalam hidup Anda ketika Anda berbagi berita tentang hal-hal positif dalam hidup Anda. Jika Anda memberi tahu seseorang bahwa Anda mendapat kenaikan gaji di tempat kerja, apakah mereka menekankan bahwa mereka menghasilkan lebih banyak uang? 

Jika Anda memberi tahu mereka bahwa hubungan Anda berjalan baik, apakah mereka langsung membual tentang kebahagiaan romantis mereka?

“Mereka adalah orang yang tak mau kalah, artinya ketika Anda berbagi kabar baik, mereka ingin berbagi kabar yang lebih baik lagi,” kata Jackie Golob, seorang terapis, pelatih bisnis, dan pelatih seks dan kesehatan spiritual.

Pada akhirnya, seseorang yang terus-menerus harus mencoba dan mengagung-agungkan kabar baik atau pencapaian Anda kemungkinan besar akan iri pada Anda. Mereka melakukan ini untuk memuaskan ego mereka dan menghindari perasaan rendah diri yang menyakitkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.