Sukses

8 Rekomendasi Drakor dengan OST Terbaik, Bisa Bikin Gagal Move On

OST drakor seringkali meninggalkan kesan lebih dalam bagi penontonnya. Jika salah satu OST dari suatu drakor diputar, maka ingatan penonton akan langsung terbawa untuk mengingat masa-masa ketika menonton drakor itu atau mengingat kisahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea (drakor) seringkali menjadi perbincangan hangat karena memiliki kisah yang menarik atau menampilkan aktor terkenal. Namun selain itu, kumpulan soundtrack atau OST dalam drakor juga tidak kalah memegang peranan penting.

OST drakor seringkali meninggalkan kesan lebih dalam bagi penontonnya. Jika salah satu OST dari suatu drama Korea diputar, maka ingatan penonton akan langsung terbawa untuk mengingat masa-masa ketika menonton drakor itu atau mengingat kisahnya.

Berikut 10 rekomendasi drakor dengan OST terbaik, seperti merangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/2/2024).

1. Goblin (Guardian: The Lonely and Great God) 2016

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tahun 2016 merupakan salah satu tahun drama Korea terbaik, termasuk di antaranya ada serial Goblin.

Goblin menceritakan kisah Kim Shin (Gong Yoo) yang menjalani kehidupan abadi. Setelah menunggu selama 900 tahun, Kim Shin akhirnya bertemu dengan pengantin manusia yang dapat mengakhiri kehidupan abadinya. Perempuan tersebut adalah Ji Eun Tak (Kim Go Eun).

Selain ceritanya yang menarik, OST drakor Goblin juga menjadi hal yang banyak dibicarakan karena lagu-lagunya yang sangat hits. Selain itu, banyak penyanyi papan atas Korea Selatan yang terlibat mengisi soundtrack drama ini, seperti Chanyeol (EXO), Crush, 10cm, Ailee, hingga Sam Kim.

OST Goblin yang paling terkenal adalah lagu berjudul “Stay With Me” yang dibawakan oleh Chanyeol (EXO) & Punch. Hingga saat ini, lagu tersebut  sudah didengarkan lebih dari 300 juta kali di Spotify.

Selain itu, lagu lain yang juga tidak kalah bagus untuk didengarkan yaitu “Beautiful” (Crush), “I Miss You” (Soyou), “The First Snow” (Jung Jung Joonil), “Wish” (Urban Zakapa), “I Will Go To You Like The First Snow” (Ailee), “My Eyes” (10cm), dan “Who Are You” (Sam Kim).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2. Hospital Playlist 1 & 2 (2020 & 2021)

Drakor Hospital Playlist memiliki dua musim yaitu musim pertama pada 2020 dan musim keduanya pada 2021. Drama ini menceritakan keseharian dari lima dokter yang sudah bersahabat selama hampir 20 tahun, lebih tepatnya sejak masa perkuliahan mereka dimulai, hingga saat ini telah menjadi dokter spesialis di Rumah Sakit Yulje. 

Kelima dokter tersebut yaitu Lee Ik Joon (Cho Jung Seok), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung), dan Chae Song Hwa (Jeon Mi Do).

Akibat terjebak rutinitas yang membosankan, kelima dokter itu memutuskan untuk membangkitkan hobi lama mereka, yaitu membuat band.

Di setiap episodenya, mereka akan membawakan lagu yang dapat membangkitkan sisi nostalgia kepada para penontonnya. Oleh sebab itu, hal ini menjadi poin menarik tersendiri bagi drakor Hospital Playlist karena dapat membuat penonton penasaran dengan lagu yang akan mereka bawakan.

Beberapa OST terkenal dari drama ini yaitu “Aloha” (Cho Jung Seok), “Me to You, You to Me” (Mido and Falasol), “Introduce me a good person” (Joy dari Red Velvet), “Rain and You” (Lee Mujin), dan “Let’s Forget It” (Kim Wan Sun).

Selain yang disebutkan, masih banyak sekali OST Hospital Playlist yang sangat nyaman untuk didengarkan. Kamu dapat mengeksplorasi seluruh lagu itu di berbagai platform musik.

3 dari 8 halaman

3. Descendants of The Sun (2016)

Drama Descendants of The Sun (DOTS) juga merupakan salah satu drama populer pada tahun 2016. DOTS menceritakan kisah Kapten Yoo Si Jin (Song Jong Ki) dengan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) yang berprofesi sebagai dokter. Sebuah insiden telah membuat mereka bertemu hingga akhirnya mereka menjalin kedekatan satu sama lain.

Salah satu soundtrack yang terkenal dari drama ini yaitu lagu berjudul “Everytime” yang dinyanyikan oleh Chen (EXO) dan Punch. Selain lagu itu, terdapat pula lagu lain yang sangat mendukung alur drama ini, di antaranya “You Are My Everything” (Gummy), “This Love” (Davichi), “ALWAYS” (Yoon Mirae), “Talk Love” (K.Will), “Once Again” (Mad Clown & Kim Na Young), “Always” (Yoon Mi Rae), dan “By My Side” (SG Wannabe).

4 dari 8 halaman

4. Castaway Diva (2023)

Castaway Diva menceritakan kehidupan seseorang bernama Seo Mok Ha (Park Eun Bin) yang berasal dari pulau kecil. Sejak SMP, Seo Mok Ha sudah bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi seperti artis idolanya. Namun karena suatu insiden, dia harus terjebak dalam pulau terpencil selama 15 tahun.

Setelah ditemukan, Seo Mok Ha lekas dievakuasi dan melanjutkan hidupnya untuk tinggal di Seoul. Pada akhirnya, takdir membawanya bertemu dengan orang dari masa lalunya serta dia pun perlahan-lahan mencapai impiannya sebagai seorang penyanyi.

Meskipun bukan seorang penyanyi, Park Eun Bin dapat bernyanyi dengan sangat baik sehingga sangat cocok dengan karakter Seo Mok Ha yang berbakat menjadi seorang penyanyi. Dalam menggarap drama ini, Park Eun Bin turut merilis lagu-lagu yang turut menjadi soundrack-nya.

Lagu-lagu yang dirilis Park Eun Bin sendiri terbilang  cukup banyak, di antaranya yaitu “Someday,” “Night and Day,” “Mint,” “Here I am,” “Open Your Eyes,” “Until The End,” “Dream Us,” dan “Fly Away.

5 dari 8 halaman

5. Another Miss Oh (2016)

Another Miss Oh merupakan drakor tahun 2016 yang mengangkat tema percintaan yang matang. Drama ini menceritakan tentang Park Do Kyung (Eric Shinhwa), seorang pria yang berprofesi sebagai sutradara penata suara di industri film.

Akibat sebuah kesalahpahaman, Do Kyung pun membatalkan acara pernikahan Oh Hae Young (Seo Hyu Jin) dengan kekasihnya. Sebelumnya, Do Kyung menduga bahwa Oh Hae Young yang akan melangsungkan pernikahan itu adalah Oh Hae Young mantan kekasihnya (Jeon Hye Bin). Cerita pun berlanjut dengan kedekatan Do Kyung dengan Hae Young yang baru.

Salah satu soundtrack yang paling terkenal dari drakor ini yaitu “If It Is You” oleh Jung Seung Hwan. Lagu ini bahkan pernah di-cover oleh Rose Blackpink dalam sebuah program TV.

Selain itu, lagu lain yang juga sangat mendukung jalan cerita dalam drama ini di antaranya, “Little Miss Sunshine” (WABLE), “Just Like a Dream” (BEN), “Maybe I” (Roy Kim), “Till The End of Time” (The Black Skirts), dan “I’ll Be There (Lee Seok Hoon).

6 dari 8 halaman

6. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama Moon Lovers tentu sangat tidak asing bagi pecinta drakor. Moon Lovers menceritakan kisah Go Ha Jin (Lee Ji Eun/IU) yang kembali ke masa dinasti Goryeo. Dia terbangun dalam tubuh Hae Soo, seorang remaja berusia 16 tahun.

Pada zaman itu, Hae Soo pun bertemu dengan para pangeran istana dan mulai menjalin hubungan yang rumit. Dia pun jatuh hati dengan pangeran kedelapan Wang Wook (Kang Ha Neul), kemudian jatuh cinta lagi dengan pangeran keempat Wang So (Lee Joon Gi).

OST drakor Moon Lovers di antaranya adalah “Say Yes” (Loco & Punch), “Forgetting You” (Davichi), “For You” (EXO-CBX), “All With You” (Taeyeon), “Can You Hear My Heart” (EpikHigh & LeeHi), “I Love You, I Remember You” (I.O.I), “My Love” (LeeHi) dan “A Lot Like Love” (Baek A Yeon).

7 dari 8 halaman

7. Twenty-Five Twenty-One (2022)

Twenty-Five Twenty-One merupakan salah satu drama yang sangat hits pada masanya. Menceritakan kehidupan Na Hui Do (Kim Tae Ri), seorang remaja berusia 18 tahun yang merupakan anggota tim anggar sekolah.

Hui Do kemudian bertemu dengan Back Yi Jin (Nam Joo Hyuk), seseorang berusia 22 tahun yang baru saja jatuh miskin karena krisis IMF yang terjadi pada saat itu.

Jiwa kekanakan dan penuh ambisi Hui Do bertemu dengan jiwa pekerja keras Yi Jin. Setelah waktu berlalu, mereka pun menjalin cinta pada usia 25 tahun dan 21 tahun.

Tidak kalah dengan drama yang telah disebutkan sebelumnya, Twenty-Five Twenty-One juga memiliki deretan soundtrack yang cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Beberapa lagu tersebut di antaranya “Starlight” (Taeil dari NCT), “Very, Slowly” (BIBI), “Your Existence” (Wonstein), “Stardust love song” (Jihyo dari Twice), “With” (Kim Ta Ri, Nam Joo Hyuk) “Go!” (Dokyeom dari Seventeen), dan “Free” (Xydo).

8 dari 8 halaman

8. Reply 1988 (2015)

Reply 1988 merupakan salah satu bagian dari Reply Series. Berlatar tahun 1988, drama ini menceritakan kisah lima orang sahabat yang terdiri dari empat orang laki-laki dan satu orang perempuan, yaitu Duk Sun (Lee Hyeri), Jung Hwan (Ryu Joon Yeol), Sun Woo (Go Kyung Pyo), Taek (Park Bo Gum), dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi).

Mengangkat tema persahabatan, percintaan, dan keluarga, menjadikan series ini sangat berkesan bagi para penontonnya. Tidak hanya mengisahkan kelima peran utama, peran pendukung lain dalam film ini juga memiliki porsi yang pas dengan kisah yang tidak kalah menyentuh.

Selain itu, Reply 1988 juga didukung dengan soundtrack yang mendukung suasana tahun tersebut. Beberapa lagu tersebut yaitu, “Hyehwadong (Park Boram), “Let’s Forget It” (Yeoeun), “Youth” (Kim Feel), “Together” (Noel), “Don’t Worry” (Lee Juck), “Everyday With You” (Sojin), dan “Even if a memorable day comes” (NC.A).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini