Sukses

4 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Berhenti Konsumsi Garam

Meskipun benar bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam berbahaya bagi kesehatan, tidak mendapatkan cukup natrium setiap hari juga bisa memengaruhi kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita memutuskan untuk mulai makan makanan sehat, garam seringkali menjadi salah satu hal pertama yang ingin kita hilangkan dari pola makan kita untuk selamanya.

Meskipun benar bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam berbahaya bagi kesehatan, tidak mendapatkan cukup natrium setiap hari juga bisa memengaruhi kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Natrium adalah elektrolit penting yang bertanggung jawab untuk menjaga cairan di dalam sel-sel tubuhmu, dan menghilangkannya sepenuhnya dari makananmu bukan pilihan terbaik untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Berikut beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda berhenti konsumsi garam, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (19/2/2024).

1. Kulit kering

Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik adalah kuncinya jika Anda ingin wajahmu tampak awet muda dan halus dengan garis-garis halus yang lebih sedikit.

Menghilangkan garam sepenuhnya dari pola makanmu sebenarnya bisa menghalangimu mencapai hal tersebut karena ketika tubuhmu tidak mendapatkan cukup natrium, hal itu bisa menyebabkan gejala yang mirip dengan dehidrasi.

Hal ini pada akhirnya bisa membuat kulitmu tampak kering dan berkerut, terutama di sekitar mulut, bibir dan mata.

2. Kulitmu bisa kehilangan elastisitasnya

Anda akan menghabiskan banyak uang untuk membeli krim dan pelembab untuk membuat kulitmu tampak cerah dan bercahaya, namun tidak mendapat cukup natrium justru bisa menyabot semua upayamu.

Jika natrium dalam tubuhmu terlalu sedikit, hal ini bisa menyebabkan kulitmu kehilangan volume dan elastisitasnya serta tampak kendur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Anda akan melihat pola seperti jaring di kulitmu

Mengikuti diet rendah natrium mungkin sesuai dengan anjuran dokter bagi orang-orang yang mengidap penyakit jantung.

Namun jika Anda tidak pernah mengeluh tentang jantungmu, mengonsumsi lebih sedikit garam dari yang dibutuhkan tubuh akan berdampak buruk.

Ketika kesehatan jantungmu tidak seimbang, hal ini juga terlihat di kulitmu dan menyebabkan tubuhmu mengembangkan pola seperti jaring bewarna biru atau ungu di kulitmu.

 

3 dari 3 halaman

4. Muncul kutil seiring waktu

Meskipun memperhatikan seberapa banyak garam yang Anda makan pasti bermanfaat bagi kesehatanmu, menghilangkan garam sepenuhnya dari makananmu mungkin bukan pilihan terbaik.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup natrium setiap hari, lama kelamaan hal ini bisa memengaruhi resistensi insulin, yang selanjutnya akan terlihat pada kulitmu.

Jika tubuhmu tidak merespons insulin dengan baik, hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dan kutil yang sulit dihilangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.