Sukses

Top 3: Profil Alexei Navalny, Musuh Putin yang Tewas di Penjara

Artikel tentang profil Alexei Navalny yang tewas dipenjara dan bagaimana ia menjadi musuh Putin yang tangguh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny meninggal di penjara. Selama beberapa dekade terakhir, pria berusia 47 tahun ini menjadi terkenal sebagai penentang paling sengit Presiden Rusia Vladimir Putin, yang berjuang melawan korupsi pejabat dan melancarkan protes besar-besaran anti-Kremlin.

Diwartakan oleh Euronews, di Rusia pada masa Putin, lawan-lawan politik sering kali memudar di tengah perselisihan antar faksi atau mengasingkan diri setelah dipenjara.

Namun Navalny semakin kuat, naik ke puncak oposisi berkat ketabahan dan pemahaman yang tajam tentang bagaimana media sosial dapat menghindari cengkeraman ketat Kremlin terhadap berita di Rusia.

Ia lahir di Butyn, sekitar 40 kilometer di luar Moskow. Ia menerima gelar sarjana hukum dari Universitas Persahabatan Rakyat pada tahun 1998 dan menyelesaikan beasiswa di Yale pada tahun 2010.

Alexei Navalny menarik perhatian dengan fokus pada korupsi di kalangan elite Rusia. Salah satu langkah awalnya adalah membeli saham perusahaan minyak dan gas Rusia untuk menjadi aktivis pemegang saham dan mendorong transparansi.

Dengan berfokus pada korupsi, karya Navalny menarik perasaan masyarakat Rusia yang telah ditipu, dan hal ini lebih bergema dibandingkan kekhawatiran yang lebih abstrak dan filosofis mengenai cita-cita demokrasi dan hak asasi manusia.

Artikel tentang profil Alexei Navalny yang tewas dipenjara dan bagaimana ia menjadi musuh Putin yang tangguh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang waspada digital dementia, perubahan kognitif akibat pengguna teknologi berlebihan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang trailer ke-2 Godzilla x Kong: The New Empire dirilis, Kong bakal pakai sarung tangan lebih canggih.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Profil Alexei Navalny yang Tewas Dipenjara dan Bagaimana Ia Menjadi Musuh Putin yang Tangguh

 

Mengapa Navalny dipenjara?

Pada tahun 2013, ia dinyatakan bersalah melakukan penggelapan dalam apa yang disebutnya sebagai tuntutan bermotif politik dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara, namun kantor kejaksaan kemudian secara mengejutkan meminta pembebasannya sambil menunggu banding.

Pengadilan yang lebih tinggi kemudian memberinya hukuman percobaan. Sehari sebelum dijatuhi hukuman, Navalny mendaftar sebagai calon walikota Moskow.

Pihak oposisi melihat pembebasannya sebagai akibat dari protes besar-besaran di ibu kota terhadap hukuman yang dijatuhkan kepadanya, namun banyak pengamat menghubungkan hal tersebut dengan keinginan pihak berwenang untuk memberikan legitimasi pada pemilihan walikota.

Navalny berada di urutan kedua, dengan kinerja yang mengesankan melawan petahana, yang mendapat dukungan dari mesin politik Vladimir Putin dan terkenal karena meningkatkan infrastruktur dan estetika ibu kota.

Popularitas Navalny melonjak setelah politisi karismatik lainnya, Boris Nemtsov, ditembak mati di jembatan dekat Kremlin pada tahun 2015.

Setiap kali Putin berbicara tentang Navalny, dia menegaskan untuk tidak pernah menyebut nama aktivis tersebut, menyebutnya sebagai "orang itu" atau frasa serupa, sebagai upaya untuk mengurangi arti penting dirinya.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Waspada Digital Dementia, Perubahan Kognitif Akibat Penggunaan Teknologi Berlebihan

Di era digital sekarang, adanya gadget atau gawai memang tidak pernah bisa lepas dari genggaman. Selain dikarenakan aktivitas sehari-hari lebih banyak menggunakan handphone atau laptop, kita juga bisa menggunakannya untuk mencari informasi terbaru.

Selain itu, jika tengah bosan atau meluangkan waktu, pastinya Anda akan membuka media sosial, membaca buku digital, atau sekadar melihat foto-foto lama yang tersimpan di galeri. Padahal, tanpa disadari waktu terus berjalan.

Hal ini bisa membuat Anda lupa waktu selama berjam-jam tanpa beranjak dan lupa melakukan kegiatan lain, seperti makan, tidur, mandi, atau sekadar bersosialisasi dengan orang lain. Nah, kondisi ini sebenarnya bisa memicu "digital dementia", lho.

Namun, digital dementia berbeda dengan demensia yang selama ini kita kenal. Jika, demensia adalah kondisi yang menggambarkan penurunan kemampuan berpikir dan mempengaruhi memori, bahasa, dan penalaran, karena perubahan pada otak, maka digital dementia dikarenakan teknologi.

Dilansir dari Healthline, Kamis (15/2/2024), beberapa tahun terakhir para ahli menggunakan digital dementia atau demensia digital untuk menggambarkan perubahan kognitif yang terkait dengan penggunaan teknologi yang berlebihan.

Meskipun demensia digital bukanlah kondisi yang sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan perubahan serupa demensia dan bahkan mungkin meningkatkan risiko demensia.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang apa itu demensia digital. Terrmasuk langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi potensi dampak berbahaya bagi kesehatan mental dari kelebihan screen time.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Trailer ke-2 Godzilla x Kong: The New Empire Dirilis, Kong Bakal Pakai Sarung Tangan Lebih Canggih

Warner Bros telah merilis trailer baru Godzilla x Kong: The New Empire yang disutradarai oleh Adam Wingard. Ini adalah film fitur kelima dalam franchise yang di-boot ulang, yang juga mencakup serial animasi Skull Island dan Monarch: Legacy of Monsters dari Apple TV+.

Seperti diberitakan sebelumnya, Godzilla x Kong hadir beberapa saat setelah pendahulunya pada tahun 2021. Godzilla vs. Kong tidak hanya menampilkan pertarungan besar antara raksasa titulernya—di mana Godzilla muncul sebagai pemenangnya—tetapi juga keduanya bekerja sama di final klimaks untuk mengalahkan Mechagodzilla, makhluk yang dikendalikan secara telepati dengan kepala Ghidorah yang terpenggal. 

Kesadaran Ghidorah mengambil alih ketika Mechagodzilla diaktifkan, dan dibutuhkan Kong dan Godzilla (ditambah bantuan tepat waktu dari manusia) untuk mengalahkannya.

Wingard memiliki keunggulan sebagai satu-satunya sutradara Monsterverse yang membuat dua film dalam franchise tersebut. "Segera setelah film [terakhir] keluar dan penonton mulai menontonnya, saya berpikir, 'Kamu tidak bisa memisahkan kedua orang ini lagi,'" kata Wingard kepada IGN. 

''Terlalu menarik jika mereka ada dalam satu film." 

Jadi Godzilla x Kong mengembangkan hubungan para monster sedikit lebih jauh dengan membuat mereka bekerja sama lagi untuk mengalahkan musuh yang sama. Rebecca Hall, Brian Tyree Henry, dan Kaylee Hottle mengulangi peran mereka di tahun 2021 sebagai Dr. Ilene Andrews, Bernie Hayes, dan putri angkat Andrews, Jia. 

Dan Stevens bergabung dengan pemeran sebagai karakter baru bernama Trapper. Pemerannya juga termasuk Fala Chen, Alex Ferns, dan Rachel House.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.