Sukses

Profil dan Agama Gervonta Davis, Juara Tinju Dunia Kelas Ringan yang Dijuluki ‘Tank’

Berikut ulasan singkat profil Gervonta Davis yang merupakan juara tinju dunia kelas ringan.

Liputan6.com, Jakarta Abdul Wahid atau sering dikenal dengan nama Gervonta Davis, adalah seorang petinju profesional asal Amerika Serikat yang dijuluki "Tank". Gervonta Davis lahir pada tanggal 7 November 1994.

Diketahui dirinya telah berhasil memenangkan beberapa gelar juara dunia di tiga kelas berat yang berbeda, dari kelas bulu super hingga kelas welter ringan. Salah satu prestasinya termasuk memperoleh gelar kelas ringan dari Asosiasi Tinju Dunia (WBA) sejak tahun 2019.

Keunggulan tinju Gervonta Davis, kecerdasan dalam bertinju, dan kemampuan untuk melakukan serangan balik telah membuatnya populer sebagai petinju kelas ringan.

Gervonta Davis menduduki peringkat tertinggi sebagai petinju terbaik menurut BoxRec, peringkat ketiga oleh ESPN, dan peringkat kelima oleh Dewan Peringkat Tinju Transnasional serta majalah The Ring.

Dikutip dari sumber lain, Gervonta Davis juga baru-baru ini mengumumkan pergantian agamanya menjadi Islam pada tanggal 25 Desember 2023.

Berikut ulasan profil sosok petinju dunia kelas ringan yang dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu, (07/02/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Biodata Gervonta

Nama Lengkap: Gervonta Davis

Nama Panggilan: Tank

Tempat dan Tanggal lahir: Baltimore, Maryland, 7 November 1994

Profesi: Petinju kelas ringan WBA

Instagram: @gervontaa

3 dari 9 halaman

Perjalanan Karir

Dikutip dari sumber lain, Davis mulai mengasah kemampuan tinjunya di sebuah gym lokal di kota kelahirannya ketika ia berusia 18 tahun.

Sejak itu, Davis telah terlibat dalam beberapa kompetisi tinju lainnya. Suatu prestasi yang signifikan, ia berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Tinju Nasional tahun 2012.

4 dari 9 halaman

Kejuaraan Dunia WBA

Pada 2013, Gervonta Davis memulai perjalanan profesionalnya di dunia tinju. Kemudian, pada 2017, ia menjadi bagian dari Mayweather Promotions dan berhasil mengamankan gelar juara dunia IBF. Davis juga sukses meraih gelar juara dunia kelas ringan WBA pada tahun 2019 dan 2020.

5 dari 9 halaman

Petinju Gervonta Davis Seorang Mualaf

Davis mengucapkan kalimat 'syahadat' di bawah bimbingan Imam Masjid Hassan Somali. Proses tersebut disaksikan oleh dua tokoh Islam.

Sehari setelah memeluk agama Islam, Gervonta mengumumkan perubahan namanya menjadi Abdul Wahid. Keputusan ini sepertinya mengikuti jejak Cassius Clay, yang dikenal sebagai Muhammad Ali, serta Mike Tyson dan Malik Abdul Aziz.

6 dari 9 halaman

Pendidikan

Davis tumbuh di lingkungan Sandtown-Winchester di bagian barat Baltimore.

Ia sekolah di Digital Harbour High School. Namun, pada saat itu ia juga memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mengejar karirnya dan mendapatkan gelar pendidikan menengahnya melalui program GED.

7 dari 9 halaman

Apa Agama Gervonta Davis?

Diketahui Gervonta Davis berpindah agama, yaitu menganut agama Islam.

8 dari 9 halaman

Kapan Gervonta Davis Mualaf?

Dilansir dari sumber lain, Davis resmi menjadi mualaf satu hari sebelum Natal.

9 dari 9 halaman

Apa Julukan Gervonta Davis?

Dikenal dengan julukan Tank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.