Sukses

3 Tanda Seseorang Iri Padamu dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli

Rasa cemburu bisa mengubah persahabatan yang tadinya baik-baik saja menjadi toxic. Untungnya, mengenali tanda-tanda seseorang iri padamu dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Katakanlah kamu memenangkan perjalanan sekali seumur hidup yang semua biayanya ditanggung ke pulau tropis impian—tetapi satu-satunya orang yang paling membuatmu bersemangat untuk berbagi berita tampaknya tidak menunjukkan reaksi apapun.

Faktanya, ketidaktertarikan mereka terhadap pencapaian besar yang kamu lakukan terlihat begitu nyata sehingga Anda mulai bertanya-tanya apakah itu pertanda bahwa mereka iri padamu.

Apa yang menyebabkannya? Tentu saja, seorang teman yang baik tidak akan pernah iri padamu dan seharusnya mereka menganggap pencapaianmu sebagai pencapaiannya, bukan? Tenyata, rasa cemburu membuat hubungan menjadi rumit dan sering kali berasal dari sumber rasa sakit hati dan ketidakmampuan yang lebih dalam.

Jackson, seorang penulis Fighting for Our Friendships menunjukkan bahwa kecemburuan muncul ketika kita menganut pola pikir tetap, bukan pola pikir berkembang.

Pertama kali ditemukan oleh peneliti dan psikolog Carol Dweck, pola pikir tetap berkisar pada keyakinan bahwa kemampuan dan keadaan pribadi kita tidak dapat diubah, sedangkan pola pikir berkembang berasumsi bahwa kita dapat mengatasi tantangan apa pun yang menghadang dan kita mampu mengembangkan keterampilan dan kemampuan kita.

Meskipun sumber kecemburuan mungkin berasal dari perasaan terluka atau tidak mampu, perasaan tersebut dapat menjadi motivasi positif untuk melakukan perubahan. Namun, rasa cemburu bisa mengubah persahabatan yang tadinya baik-baik saja menjadi toxic.

Untungnya, mengenali tanda-tanda iri dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi. Dilansir dari Well Good, Minggu (28/1/2024), berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Tanda Seseorang Iri Padamu

1. Tidak Senang Mendengar Kabar Baik

Dr. Morgan, seorang psikolog klinis mengungkap bahwa tanda umum dari rasa cemburu adalah kurangnya antusiasme terhadap kabar baik yang kamu miliki. Mereka akan menganggap kabar baik kamu sebagai potensi ancaman terhadap kebahagiannya sendiri.

2. Terlalu Kritis

Menurut Jackson dan Dr. Morgan, komentar pasif agresif dan terlalu kritis bisa menjadi tanda bahwa seseorang iri padamu. Dalam upaya untuk menguatkan diri mereka, orang-orang yang iri hati akan berusaha menjatuhkan orang-orang yang mereka anggap lebih unggul.

Komentar-komentar yang mereka berikan adalah upaya untuk menyoroti kesalahan atau kekuranganmu agar mereka merasa lebih baik atas kekuranga mereka yang nyata atau yang dirasakan.

3. Meremehkan Pencapaian Anda

Orang yang cemburu cenderung meremehkan pentingnya pencapaian yang kamu raih serta kerja keras yang diperlukan untuk mencapainya.

Jika kamu sedang berbagi pencapaian dan mereka berusaha mengubah topik pembicaraan, menghindari menanyakan pertanyaan lanjutan, atau mengungkapkan ketidaknyamanan secara fisik (misalnya memutar mata), mereka mungkin cemburu. 

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Kecemburuan Orang Lain?

1. Jadilah Seorang yang Ingin Tahu

Saat kamu melihat tanda-tanda kecemburuan yang orang lain tunjukkan, coba dekati dengan rasa ingin tahu, bukan tuduhan. Berfokuslah pada tindakan orang lain, bukan pada kesimpulan apa pun yang Anda ambil tentang perilakunya.

Misalnya, jika temanmu memberikan komentar sinis tentang bagaimana kamu bisa naik jabatan, cobalah untuk mencari tahu dan tanyakan mengapa mereka memberikan komentar tersebut dan jelaskan apa yang mereka maksud dengan komentar tersebut.

2. Latih Empati

Melatih empati dapat membuka jalur komunikasi di antara kalian berdua, dan memberikan konteks bagi tindakan teman yang cemburu tersebut.

Dengan melatih empati, kamu mungkin akan melihat sisi lain seperti adanya kemungkinan mereka baru saja mengalami kehidupan yang sulit akhir-akhir ini sehingga mendengar tentang promosimu yang berhasil mendapat promosi membuat mereka iri dan menjadi emosional.

Tentu saja, hal ini tidak membenarkan tindakan mereka, tetapi hal ini dapat memberimu masukan tentang alasan mereka bereaksi seperti itu.

3. Refleksi Diri

Meskipun kritik mungkin merupakan tanda bahwa seseorang iri padamu, masukan yang jujur ​​dapat dengan mudah disalahartikan sebagai kecemburuan, terutama jika kritik tersebut menyangkut aspek kehidupan yang kamu rasa perlu dipertahankan atau dilindungi.

Jika dirimu sampai pada kesimpulan bahwa sebagian besar temanmu dulu dan sekarang iri padamu, refleksi diri mungkin perlu dilakukan.

4 dari 4 halaman

4. Tetapkan Batas

Bahkan setelah menyikapi perilaku orang lain dengan rasa ingin tahu dan menyelidiki akar penyebab kecemburuannya, namun mereka tetap menunjukkan sikap negatifnya kepadamu dan tidak kunjung membaik.

Oleh karena itu, pentingnya untuk menetapkan batas. Jika hal tersebut tidak berhasil, ada baiknya mempertimbangkan apakah persahabatan kalian perlu untuk dilanjutkan.

5. Tetap Berbagia atas Pencapaian Anda

Jika tanda-tanda kecemburuan masih ada, Jackson menyarankan untuk mengalihkan energi dan perhatianmu pada orang-orang yang dapat membuatmu lebih bersinar, bukan melemahkan cahaya yang kamu miliki.

Kamu berhak untuk merasa gembira dengan pencapaian yang kamu raih, dan kamu juga berhak untuk mendapatkan pujian dan timbal balik emosional dari orang lain. Kamu tidak bisa membuat orang lain merasa lebih besar dengan menjadikan dirimu jauh lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.