Sukses

7 Kebiasaan Ini Dapat Mempercepat Proses Penuaan pada Tubuh Anda

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang, kecuali anak-anak dan remaja, berharap terlihat lebih muda. Meskipun perawatan kulit mahal dan produk kosmetik dapat meningkatkan penampilan, investasi terbaik mungkin terletak pada perubahan kebiasaan sehari-hari. Ternyata, rahasia terbesar anti-penuaan mungkin terkandung dalam rutinitas harian Anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat proses penuaan, seperti yang dilaporkan oleh Brightside:

1. Menggunakan sedotan setiap hari

Selain merusak lingkungan, penggunaan sedotan juga dapat merugikan wajah. Para ilmuwan menunjukkan bahwa penggunaan sedotan dapat meningkatkan garis-garis halus dan kerutan di sekitar bibir. Penggunaan berulang otot yang sama juga dapat merusak kolagen dari waktu ke waktu, membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Mengonsumsi banyak makanan manis

Penelitian menunjukkan bahwa kue panggang dan makanan manis lainnya seringkali mengandung gula dan lemak tambahan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan mulut. Gula yang bersifat pro-inflamasi dapat mempercepat proses penuaan, menyebabkan wajah terlihat lelah, bengkak, dan berkerut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kurang tidur

 

Tidur kurang dari 7 jam setiap malam dapat mempercepat proses penuaan, membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua. Kurang tidur dapat menghabiskan stamina mental dan fisik, membuat kesuksesan pribadi dan profesional lebih sulit dicapai. Selain itu, kurang tidur merugikan kesehatan jantung, otak, dan produksi hormon pertumbuhan manusia.

 

4. Tidak menggunakan kacamata hitam

Meskipun cahaya luar tidak terlalu terang, menggunakan kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar matahari, mencegah pembentukan garis-garis halus di sekitar mata dan dahi. Paparan sinar matahari yang berlebihan atau penggunaan tanning bed dapat menyebabkan ketidakteraturan pigmentasi.

3 dari 3 halaman

5. Tidak memberi diri cukup waktu

Mengabaikan diri sendiri dapat mempercepat proses penuaan. Memberikan waktu untuk diri sendiri dengan mengembangkan rutinitas kecil harian, seperti menulis catatan harian atau berolahraga, dapat berkontribusi pada kepuasan diri dan kesehatan jangka panjang.

6. Mengabaikan kesehatan mental

Depresi dapat mempercepat kerusakan otak dan proses penuaan. Jika Anda mengalami depresi lebih dari 2 minggu, mencari bantuan profesional untuk kesehatan mental dapat membantu memulihkan kebahagiaan Anda lebih cepat.

7. Kurang berolahraga

Kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu cara tercepat untuk mempercepat proses penuaan. Melibatkan diri dalam aktivitas seperti jalan-jalan, pergi ke gym, atau berlatih yoga minimal 3 kali seminggu dapat membantu meredakan ketegangan dan menjaga tubuh tetap bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.