Sukses

7 Resolusi Kesehatan Mental Ini Dapat Anda Coba di Tahun 2024

Berikut beberapa resolusi kesehatan mental yang dapat Anda coba di tahun 2024

Liputan6.com, Jakarta Di awal tahun baru, pertimbangkan untuk menjadikan kesehatan mental Anda sebagai prioritas di tahun 2024. Mengapa? “Karena itulah pintu gerbang menuju segala hal lainnya,” kata Guy Winch, psikolog klinis, penulis Emotional First Aid, dan salah satu pembawa acara podcast Dear Therapists. 

“Ini adalah kunci utama yang memungkinkan Anda berhasil atau gagal.”

Berikut ini adalah resolusi Tahun Baru yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Dilansir dari TIME, ini dia.

1. Pikirkan kembali penggunaan media sosial Anda

Luangkan waktu untuk merenungkan apakah Anda ingin melanjutkan kebiasaan online yang sama pada tahun 2024, kata Nedra Glover Tawwab, terapis dan penulis Set Boundaries, Find Peace: A Guide to Reclaiming Yourself. 

“Apakah Anda ingin menetapkan batasan untuk diri sendiri? Apakah ada orang yang perlu Anda berhenti ikuti?” tanya Tawwab. 

Misalnya, Anda mungkin membatasi diri Anda hingga 15 menit di media sosial per hari—atau menghapus aplikasi yang paling menyita waktu dari ponsel Anda selama minggu kerja. Anda juga bisa menantang diri sendiri untuk tidak mengecek media sosial saat Anda sedang merasa murung. Ini baik bagi kesehatan mental Anda.

2. Berhubungan kembali dengan teman lama yang hilang

Pepatah lama—”Jalin pertemanan baru, tapi pertahankan yang lama”—adalah sebuah pepatah yang harus dijalani, terutama mengingat kesepian memengaruhi kesehatan fisik dan mental, sementara ikatan sosial yang kuat adalah obatnya. 

Pada tahun 2024, Winch menyarankan untuk menyarankan untuk menghubungi “orang yang kehilangan kontak dengan Anda, yang dulunya sangat Anda sayangi”. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara membuka percakapan, dia menyarankan untuk mengirimkan pesan teks seperti ini: “Aku sedang memikirkanmu. Sudah lama. Apa kabarmu?" Akhiri catatan itu dengan wajah tersenyum, tambahnya. 

“Itu penting karena ketika Anda mengatakan, 'Sudah lama sekali,' itu bisa terdengar menuduh." Wajah tersenyum, kata Winch, dapat memastikan arti sebenarnya— "Aku merindukanmu"—terungkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Kembangkan empati terhadap seseorang yang berbeda dari Anda

Pada tahun 2024, terhubunglah dengan seseorang dari kelompok yang tingkat kesulitan pemahamannya sedang, saran Fitch. Anda dapat mengikuti seseorang dari latar belakang politik, agama, atau etnis yang berbeda di media sosial, menghabiskan waktu di komunitasnya, atau bahkan membaca tentang karakter fiksi dari kelompok tersebut. 

“Bertujuan untuk memahami perspektif mereka dan membaca emosi mereka,” katanya. 

“Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan bijaksana: Apa yang membuat orang ini bahagia? Apa yang membuat mereka khawatir? Apa impian mereka? Pengalaman dan emosi apa yang membentuk pandangan dunia mereka? Dan bagaimana pola pikir mereka mirip dengan pola pikir saya?” 

Seperti yang diungkapkan Fitch, orang-orang dengan tingkat empati yang tinggi cenderung berfungsi lebih baik di masyarakat dibandingkan mereka yang memiliki tingkat empati rendah—dengan jaringan sosial yang lebih kuat dan hubungan yang lebih dekat.

 

3 dari 5 halaman

4. Berhenti sejenak memikirkan pekerjaan

Ini bisa menjadi tahun di mana Anda berhenti menghabiskan malam hari memikirkan kembali pikiran-pikiran menjengkelkan tentang hari kerja, atau terlibat dalam duel fantasi dengan atasan Anda yang kasar. 

Cara paling sederhana untuk mengatasi pikiran-pikiran tidak produktif ini—yang mungkin memicu respons stres mendalam, seperti dada terasa sesak—adalah dengan mengubah apa pun yang Anda renungkan menjadi pertanyaan pemecahan masalah, kata Winch. 

Katakanlah Anda memikirkan berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan dan bagaimana Anda tidak akan pernah menyelesaikannya. “Itulah pemikiran ruminatif,” kata Winch. “Versi pemecahan masalah adalah pertanyaan penjadwalan. Kapan saya punya waktu untuk mengatasi hal yang mengganggu saya? Apa yang dapat saya pindahkan atau prioritaskan ulang? Apakah saya perlu melihat jadwal saya untuk meyakinkan diri sendiri bahwa saya punya waktu?” 

Dengan mengetahui hal tersebut, katanya, memungkinkan Anda untuk “mengurangi stres dan kesusahan dan melanjutkan malam Anda.”

 

4 dari 5 halaman

5. Susun empat kegiatan setiap minggunya

Salah satu cara untuk melindungi diri kita dari tekanan hidup adalah dengan melakukan berbagai aktivitas, saran Fitch. Pertama, carilah sesuatu yang menyenangkan, seperti pergi ke pertandingan sepak bola atau menyanyikan album Taylor Swift favorit Anda. 

Aktivitas menyenangkan semacam ini “menurunkan reaktivitas Anda terhadap stres dengan membantu Anda mengumpulkan lebih banyak kejadian positif dibandingkan kejadian negatif,” katanya. Kemudian centang “aktivitas penguasaan”, seperti membersihkan rumah atau menjalankan tugas yang selama ini Anda tunda. 

Anda mungkin tidak ingin melakukannya, tetapi Anda hampir pasti akan merasa lebih baik setelah selesai. Kuncinya adalah bersosialisasi—rasa memiliki memfasilitasi kesehatan yang lebih baik—dan melakukan aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung Anda.

 

5 dari 5 halaman

6. Lakukan satu hal kecil untuk mengurangi kecemasan terhadap perubahan iklim

Jika Anda merasa tertekan dengan keadaan planet ini, hanya memikirkannya kemungkinan besar akan memperburuk situasi. Sebaliknya, ambillah contoh dari keluarga Winch: Setiap tahun, mereka berjanji untuk melakukan satu hal untuk mengurangi kecemasan mereka terhadap perubahan iklim, seperti menghilangkan kantong plastik, membuat kompos sisa makanan, atau berjalan kaki 15 menit ke tujuan terdekat sebagai pengganti mengemudi. 

“Ini sungguh luar biasa—saya merasa tidak bisa mengatasinya,” katanya. “Tetapi melakukan satu hal kecil adalah cara untuk merasa seperti Anda meningkatkan kemampuan Anda.”

7. Tulis surat terima kasih

Bersyukur dikaitkan dengan serangkaian manfaat, termasuk peningkatan kesehatan mental—tetapi hal itu bergantung pada mempraktikkannya dengan cara yang terasa alami bagi Anda. Setahun sekali, Winch suka menulis surat terima kasih kepada seseorang yang melakukan hal kecil yang mungkin tidak mereka sadari berdampak besar pada dirinya. 

“Saya memberi tahu mereka konteksnya, dan memberi tahu mereka alasan saya mengingatkan mereka tentang sesuatu yang tidak mereka ingat,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.