Sukses

Tak Perlu Siram Air Panas atau Menggunakan Microwave, Begini Cara Cepat Mencairkan Ayam Beku

Cairkan ayam yang sudah beku dengan menggunakan cara cepat berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Daging ayam sering menjadi pilihan lauk favorit di rumah tangga dengan berbagai variasi masakan seperti ayam goreng, ayam bakar, tumis ayam, pepes ayam, dan lainnya. Kelezatan rasa dan kelembutan tekstur daging ayam selalu memikat selera.

Selain kenikmatannya, daging ayam diakui sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi tubuh. Healthline.com menyebutkan bahwa daging ayam mengandung lemak, selenium, fosfor, vitamin B6 dan B12, zinc, serta nutrisi lainnya. Nutrisi ini dapat membuat perut kenyang lebih lama, membantu penurunan berat badan, memperkuat otot, dan lain sebagainya.

Untuk mempermudah dalam memasak, banyak orang menyimpan stok daging ayam beku yang sudah diungkep atau dimatangkan sebelumnya. Hal ini memungkinkan daging ayam beku dapat langsung dicairkan dan dimasak dengan berbagai teknik secara cepat.

Meski demikian, beberapa orang mengalami kesulitan saat mencairkan daging ayam beku karena potongan daging yang melekat kuat dan sulit dilepaskan. Selain itu, jika dibiarkan pada suhu ruangan, daging ayam memerlukan waktu berjam-jam untuk kembali ke keadaan tidak beku.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya orang memanaskan daging ayam dengan microwave atau merendamnya dalam air panas. Namun, ada cara lain yang tak kalah mudah, seperti yang disarankan oleh Devina, seorang pengguna TikTok. Setelah diinvestigasi, terungkap bahwa Devina hanya menggunakan satu alat agar daging ayam dapat dicairkan dalam waktu singkat, hanya dalam 1 menit.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok dengan akun @devinasalim13, pada Selasa (09/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Alat yang Digunakan

Dalam video TikTok-nya, Devina memanfaatkan hair dryer untuk men-defrost (mencairkan es) pada daging ayam.

3 dari 11 halaman

Langkah Pertama

Ambil daging ayam yang sudah beku dari freezer untuk memulai tahap men-defrost. 

4 dari 11 halaman

Langkah Kedua

Setelah itu, gunakan hair dryer untuk mengalirkan udara selama 1 menit. Dengan menggunakan alat ini secara merata, lapisan es yang menempel pada daging ayam akan segera mencair.

5 dari 11 halaman

Langkah Ketiga

Setelah berhasil mencairkan daging ayam, langkah berikutnya ialah mengambil dan memisahkan potongan-potongan ayam tersebut. Terlihat dengan jelas bahwa potongan daging ayam yang tadinya melekat satu sama lain kini sudah terpisah dan tidak lengket lagi.

6 dari 11 halaman

Ulasan dari Pengguna TikTok Lainnya

72 ribu orang telah menonton video ini dan memberikan berbagai komentar antusias di TikTok, menyatakan keinginan mereka untuk mencoba mencairkan daging ayam dengan hair dryer.

"punya hairdryer nganggur besok mau buat deforst aja ach," tulis TikTok @sandrandindot08.

"Lah ya gak kepikiran," tutur TikTok @saltedboba_.

"Lah iya juga yahh ga kepikiran," imbuh TikTok @nic__87.

7 dari 11 halaman

Bolehkah Ayam Beku Direndam Air?

Dikutip dari Kompas.com, sebaiknya, hindari merendam daging ayam beku secara langsung di dalam air, karena metode ini dapat memicu pertumbuhan bakteri dengan cepat dan mengurangi kelezatan daging ayam. Apabila memilih untuk mencairkannya dengan menggunakan air, tempatkan ayam dalam wadah tertutup sebelum merendamnya bersama dengan wadah tersebut.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Ayam Beku Bertahan di Freezer?

Di dalam lemari es (freezer), potongan daging ayam mentah dapat disimpan selama 9 bulan, sementara ayam utuh bisa dibekukan hingga 1 tahun. Ayam yang sudah dimasak dapat bertahan antara 2 hingga 6 bulan jika disimpan dalam freezer.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Ayam Giling Bertahan di Freezer?

Daging giling, apakah itu berasal dari potongan daging sapi, domba, atau ayam, hanya dapat bertahan di dalam kulkas selama 1 hingga 2 hari. Jika disimpan di dalam freezer, daging giling dapat tetap awet hingga 3 – 4 bulan.

10 dari 11 halaman

Sehatkah Daging Ayam yang Dibekukan?

Dikutip dari dailymail.co.uk, daging ayam yang dihasilkan melalui proses pembekuan memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri campylobacter yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pencernaan dan potensi keracunan. Proses pembekuan ini juga membantu "menidurkan" bakteri lainnya yang kemudian akan mati saat dipanaskan selama proses memasak.

11 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas?

Daging ayam sebaiknya disimpan di dalam plastik atau wadah kedap udara kemudian masukkan ke dalam kulkas. Untuk penyimpanan di kulkas, daging ayam bisa bertahan hingga 2 sampai 3 hari. Sedangkan di dalam freezer, daging ayam bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.