Sukses

Resep Praktis Minuman Herbal dengan 2 Bahan Dapur untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Dua bahan dapur berikut ini memiliki efek efektif dalam menurunkan kolesterol dan asam urat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya menjaga kesehatan, semakin banyak orang yang mencari solusi alami untuk mengatasi permasalahan kesehatan seperti asam urat dan kolesterol. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk menurunkan tingkat asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Dua bahan spesifik telah menarik perhatian banyak orang karena keefektifannya dalam mengatasi masalah ini tanpa harus mengandalkan obat-obatan kimia yang berpotensi memiliki efek samping.

Bahan-bahan dapur tersebut bukan hanya terkenal sebagai bagian integral dari berbagai hidangan lezat, tetapi juga memiliki sifat-sifat yang dapat membantu menurunkan tingkat asam urat dan kolesterol. Dengan memanfaatkan kombinasi bahan-bahan tersebut, individu dapat mengambil tindakan proaktif dalam menjaga kesehatan mereka tanpa bergantung pada obat-obatan yang mungkin memiliki risiko efek samping.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (05/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Dua Bahan Dapur yang Digunakan

Dikutip dari Instagram @dr.zaidulakbar.resep, disebutkan bahwa memanfaatkan ramuan herbal yang terbuat dari kunyit dan lada dapat membantu menurunkan tingkat asam urat dan kolesterol yang tinggi.

3 dari 8 halaman

Kandungan Kunyit

Dikutip dari informasi Dinas Kesehatan DIY, kunyit menyajikan beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari keberadaan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Menurut informasi dari halodoc yang direview oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, kunyit telah dikenal sebagai ramuan herbal yang memiliki potensi yang cukup tinggi. Salah satu kegunaan utamanya adalah kemampuannya dalam meredakan peradangan kronis. Tumbuhan herbal ini bekerja dengan mengurangi aktivitas oksidase xanthine, yaitu suatu enzim yang berperan dalam produksi asam urat.

4 dari 8 halaman

Kandungan Lada

Lada merupakan jenis rempah yang mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan informasi dari Rumah Sakit An-Nisa, satu sendok teh lada mengandung 6 kalori, 0,2 gram protein, 1,4 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat.

Tidak hanya itu, lada juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan vitamin K, meskipun dalam jumlah yang terbatas. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tidak mengherankan jika lada dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

5 dari 8 halaman

Cara Mengolah Kunyit dan Lada Jadi Resep Minuman Herbal

Siapkan terlebih dahulu 2 cubit lada hitam dan 1 ruas kunyit. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kupas dan bersihkan kunyit, lalu potong tipis.
  2. Letakkan potongan kunyit ke dalam cangkir atau gelas.
  3. Siram dengan air mendidih, tutup, dan biarkan beberapa saat.
  4. Tambahkan lada hitam, aduk merata, dan nikmati minuman herbal tersebut selagi masih hangat.
6 dari 8 halaman

Penderita Kolesterol Tidak Boleh Minum Apa?

Pantau asupan minuman dalam menjaga kadar kolesterol tetap normal. Hindari minuman beralkohol berlebihan, minuman berenergi, minuman bersoda, minuman berkafein berlebihan, minuman campuran yang mengandung gula tambahan, dan minuman berbasis susu penuh.

7 dari 8 halaman

Kolesterol dan Asam Urat Tinggi Sebaiknya Makan Apa?

Orang-orang yang menderita asam urat dan kolesterol sebaiknya makan makanan yang baik untuk kondisi tubuhnya seperti buah-buahan segar, sayur labu siam, sawi hijau, sawi putih, terong, wortel, tomat, kentang, talas dan sayuran berdaun hijau gelap seperti daun kelor.

8 dari 8 halaman

Jus Apa yang Bagus untuk Asam Urat dan Kolesterol?

Jus Jeruk dan Stroberi menawarkan kandungan pektin dan bioaktif. Komponen ini berperan dalam menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi kelebihan asam urat dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.