Sukses

Minum Tambahan Secangkir Kopi di Pagi Hari Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum tambahan secangkir kopi tanpa pemanis dikaitkan dengan penurunan risiko penambahan berat badan selama empat tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita menyukai secangkir kopi pagi. Ini memberi kita dorongan energi, rasanya enak, dan merupakan bagian penting dari aktivitas harian kita.

Sekarang, mungkin ada alasan lain untuk lebih mencintai pagi Anda. Menurut penelitian, menambah secangkir kopi setiap pagi dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ya, hanya dengan satu cangkir kopi tambahan di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, minum tambahan secangkir kopi tanpa pemanis dikaitkan dengan penurunan risiko penambahan berat badan selama empat tahun.

Penelitian tersebut terdiri dari partisipan yang sering menikmati minuman berkafein di pagi hari. Ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi secangkir kopi ekstra tanpa pemanis kehilangan sekitar 0,26 pon selama empat tahun. Namun, mereka yang menambahkan satu sendok teh gula ke dalam kopinya mengalami kenaikan berat badan sebesar 0,26 pon dalam periode yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Secangkir kopi tanpa pemanis di pagi hari dapat menekan nafsu makan

Meminum secangkir tambahan kopi tanpa pemanis di pagi hari dapat menekan nafsu makan seseorang secara keseluruhan, memberikan mereka rasa kenyang yang seringkali berarti lebih sedikit ngemil sepanjang hari.

“Meningkatkan asupan minuman hangat, rendah hingga tanpa kalori dapat meningkatkan berat badan, karena peningkatan cairan, terutama cairan hangat, dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat menyebabkan lebih sedikit kalori yang dikonsumsi sepanjang hari,” Erin Palinski- Wade, Ahli Diet Terdaftar di New Jersey mengatakan kepada Fox News Digital.

Meskipun gula dapat meniadakan efek kenyang, Palinski-Wade berpendapat bahwa krimer dan susu memiliki manfaat nutrisi tersendiri. 

“Penambahan susu dan krimer dapat menambah protein/lemak sehingga dapat membantu rasa kenyang,” tambahnya. 

“Selain itu, hanya sedikit orang yang menggunakan susu atau krimer dalam jumlah berlebihan dibandingkan dengan tambahan gula, karena preferensi terhadap makanan manis.”

3 dari 4 halaman

Menambahkan kopi ke dalam pola makan seimbang juga mengurangi risiko penyakit

Rempah-rempah seperti kayu manis juga dapat memenuhi kebutuhan Anda akan tambahan rasa manis pada kopi Anda tanpa berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Menambahkan kopi ke dalam pola makan seimbang juga mengurangi risiko penyakit termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker.

Jay Vincent, seorang binaragawan dan penggemar nutrisi di TikTok menggunakan platform tersebut dan berbagi wawasan lain tentang bagaimana minum kopi dapat membantu membakar lemak.

“Kopi mengandung kafein di dalamnya. Kafein itu stimulan,” jelasnya. “Stimulan ini meningkatkan tingkat metabolisme istirahat Anda sehingga memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Jadi jika Anda menjalani diet dengan pembatasan kalori, kopi sebenarnya akan membantu Anda menciptakan keseimbangan energi negatif yang lebih besar sehingga menghasilkan lebih banyak mobilisasi lemak dan penurunan berat badan.”

4 dari 4 halaman

Stimulan dapat membantu menekan nafsu makan dan membakar lemak

Vincent juga menekankan bahwa meminum secangkir kopi tambahan di pagi hari akan lebih efektif dalam hal pembakaran lemak. “[Anda] berada dalam kondisi puasa di mana kadar glikogen Anda rendah,” katanya. “Ini akan memberi Anda peluang terbaik untuk memobilisasi jaringan lemak.”

Selain itu, kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kewaspadaan seseorang. Dengan pola pikir yang sangat terfokus, kepatuhan terhadap rencana penurunan berat badan atau pilihan makanan yang lebih sehat dapat meningkat.

Jadi, jika nanti atasan atau guru Anda menyulitkan Anda untuk berhenti sejenak untuk minum kopi sebelum bekerja atau kelas, ingatkan mereka bahwa Anda hanya memperhatikan kesehatan fisik Anda, dan mereka juga harus melakukannya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.