Sukses

Coba 6 Resolusi Tahun Baru Ini yang Mudah Dicapai Menurut Pakar Kebugaran

Masih bingung dengan resolusi tahun baru? Coba 6 resolusi ini untuk hidup lebih sehat

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menunjukkan bahwa 80 persen resolusi Tahun Baru ditinggalkan pada bulan Februari. Ini tentunya bukanlah rekam jejak yang baik untuk tradisi yang dianut secara luas. Dan karena kebanyakan dari tujuan tersebut berkisar pada tujuan kesehatan, kebugaran, dan penurunan berat badan, para ahli mengatakan bahwa keberhasilan Anda biasanya bergantung pada janji Anda. 

Melampaui atau menjadi terlalu ambisius, dan kemungkinan besar Anda akan berhenti sebelum melihat hasil nyata. Jadi, menjelang tahun baru, cobalah membuat resolusi yang lebih sederhana dan berkelanjutan untuk diri Anda sendiri. 

Berikut 7 resolusi Tahun Baru yang mudah dicapai dan mungkin bisa Anda tepati, menurut pakar kebugaran. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Jalan-jalan setiap hari

Andrew White, CPT, pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri Garage Gym Pro, merekomendasikan untuk melakukan jalan kaki setiap hari, dengan target melakukan gerakan setidaknya 30 menit.

“Jalan kaki merupakan olahraga berdampak rendah yang tidak memerlukan peralatan khusus atau keanggotaan gym,” jelasnya. 

“Resolusi ini lebih mudah untuk dipatuhi karena sederhana, memerlukan sedikit perencanaan, dan bisa sangat menyenangkan.”

David Chesworth, direktur program dan ahli fisiologi olahraga (ACSM-CEP) di Hilton Head Health, setuju bahwa berjalan kaki adalah resolusi yang dapat Anda patuhi dengan mudah. 

Secara khusus, ia mendukung "jalan-jalan termal" setelah makan, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, membantu pencernaan, dan menghasilkan "pembakaran kalori lebih besar daripada jalan-jalan biasa".

2. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air adalah cara lain untuk memperbaiki kesehatan Anda dengan sedikit usaha, kata White. Ia merekomendasikan untuk meningkatkan asupan air harian Anda setidaknya delapan gelas per hari.

“Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat berdampak signifikan pada tingkat energi, kesehatan kulit, dan pencernaan,” jelasnya. 

“Resolusi ini dapat dikelola karena melibatkan perubahan kecil dan konsisten. Membawa botol air yang dapat digunakan kembali dan menyetel pengingat dapat mempermudah pencapaian tujuan ini.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mulailah rutinitas peregangan atau yoga setiap hari

Daripada langsung melakukan olahraga yang lebih intens, para ahli menyarankan untuk mengambil pendekatan yang lambat dan mantap, dengan fokus pada kualitas dan konsistensi latihan Anda dibandingkan hasil langsung.

“Peregangan atau berlatih yoga bahkan selama 10 hingga 15 menit sehari dapat meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan mental. Resolusi ini lebih dapat dicapai karena ini adalah aktivitas intensitas rendah yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, sehingga mengurangi intensitas aktivitas. menakutkan daripada melakukan latihan intensitas tinggi," kata White.

“Mulailah dari yang sederhana dengan peregangan yang sudah Anda ketahui caranya,” tambah Chesworth. “Tiga otot yang sering tegang dalam gaya hidup modern adalah betis, paha belakang, dan dada.”

4. Memasak lebih sering

White mengatakan bahwa dengan memutuskan untuk memasak lebih banyak makanan di rumah—idealnya setidaknya tiga kali makan per minggu—Anda kemungkinan besar akan meningkatkan nutrisi Anda dalam jangka panjang.

“Memasak di rumah memungkinkan kontrol yang lebih baik terhadap bahan-bahan dan ukuran porsi, sehingga berkontribusi pada kebiasaan makan yang lebih sehat. Resolusi ini lebih mudah untuk dipatuhi karena dapat dimulai dengan resep yang sederhana dan cepat dan secara bertahap melibatkan makanan yang lebih kompleks, sehingga mengurangi sulitnya peralihan ke masakan rumahan,' katanya pada Best Life.

 

3 dari 3 halaman

5. Berlatihlah makan dengan penuh kesadaran

Pada Hari Tahun Baru, banyak orang melakukan diet ketat dalam upaya menurunkan berat badan. White menyarankan untuk mengganti resolusi ini dengan tujuan makan yang lebih holistik dan berkelanjutan. 

Agar berhasil melakukannya, Anda hanya perlu memperlambat kecepatan, makan tanpa gangguan, dan memperhatikan perasaan Anda saat makan. Jika ya, kemungkinan besar Anda akan membuat keputusan yang lebih baik seputar makanan.

“Makan dengan penuh kesadaran adalah tentang hadir saat makan dan mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang pada tubuh Anda,” jelas sang pelatih. 

“Resolusi ini dapat dicapai karena tidak memerlukan perubahan pola makan secara drastis, melainkan perubahan dalam cara Anda mendekati makan. Hal ini dapat menghasilkan pencernaan yang lebih baik dan kenikmatan makanan yang lebih banyak.”

6. Cobalah kebiasaan berpasangan

Memasangkan kebiasaan adalah cara lain untuk mempersiapkan diri Anda agar sukses dalam kebugaran di Tahun Baru.

"Memasangkan kebiasaan menyiratkan bahwa Anda menciptakan kebiasaan baru yang digabungkan dengan kebiasaan yang sudah ada. Lebih mudah bagi otak untuk melekat pada sesuatu yang baru jika Anda meletakkannya di kursi penumpang dari kebiasaan yang sudah ada sejak lama," Chesworth menjelaskan. 

"Misalnya, biasakan menyeduh kopi. Setelah Anda menekan tombol 'seduh', berkomitmenlah untuk melakukan 10 squat dan 10 jumping jack saat kopi Anda siap."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.