Sukses

Terungkap Rahasia Chuando Tan, Masih Tampak Muda dan Bugar di Usia Jelang 60 Tahun

Chuando Tan mengungkapkan rahasia awet muda dan tetap bugar di usianya yang nyaris 60 tahun

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Chuando Tan? Model dan fotografer asal Singapura yang menarik perhatian banyak orang karena meski usianya sudah lebih dari 55 tahun, penampilannya tampak masih seperti 30 tahunan. Lahir pada tahun 1966, tahun ini Chuando Tan akan berusia 58 tahun. 

Akan tetapi, jika menilik dari postingan terakhir di Instagram resminya @chuando_chuandroandfrey, ia tampak tak menua sedikit pun. Chuando Tan berprofesi sebagai model pada tahun 1980-an, bahkan ia pernah menjadi penyanyi pop pada tahun 90-an. 

Setelah karier menyanyinya menurun, Tan memutuskan untuk menekuni fotografi. Tan pertama kali menarik perhatian media ketika pada tahun 2017, sebuah kantor berita Tiongkok menampilkan kisah viral tentang Chuando.

Chuando Tan melakukan debut aktingnya pada tahun 2019 di 'Precious Is The Night'. Saat ini Tan memiliki 1,4 juta pengikut di Instagram yang masih penasaran dengan rahasia awet mudanya.

 

Dalam sebuah wawancara dengan presenter CNA Dawn Tan untuk serial tentang hidup lebih lama, dia mengakui bahwa pertanyaan terus-menerus tentang bagaimana dia mempertahankan penampilan awet mudanya “pada akhirnya sampai pada saya. Saya merasakan tekanannya. Sebab, jauh di lubuk hati aku tahu aku tidak semuda itu. Saya menua. Jadi saya tidak akan memberikan kesan yang salah bahwa saya selamanya muda. Mungkin mereka semua ingin jalan pintas, rahasia bagaimana menjaga masa mudanya kan?”

Namun, pada saat yang sama, Tan menyadari betapa dia telah menjadi inspirasi bagi banyak orang dan meremehkan anggapan bahwa popularitasnya hanya karena ketampanannya.

“Sejujurnya, menurutku aku tidak terlalu tampan sampai-sampai menjadi viral,” dia berbagi. “Saya ingin orang-orang mengikuti saya karena saya berusia lebih dari 55 tahun, mungkin hal itu memberi mereka harapan untuk mempelajari satu atau dua hal tentang menjalani gaya hidup sehat.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahasia Awet Muda Chuando Tan

Meskipun Tan setuju bahwa genetika berperan, dia menceritakan bahwa perjalanan kesehatan dan kebugarannya dimulai sejak usia muda. 

“Itu terjadi secara alami dan organik. Saya berusia awal 20-an ketika memulai perjalanan kebugaran, angkat beban, dan mengikuti jenis diet tertentu… Ini adalah gaya hidup yang melekat pada saya hingga saat ini,” katanya.

“Jauh di lubuk hati saya tahu bahwa saya saya menua seperti orang lain. Saya bisa menjadi orang yang terlihat seperti versi sehat dari seseorang seusia saya, bukan?” godanya, sebelum menambahkan bahwa itu semua tentang “apa yang kamu lakukan, apa yang kamu makan, dan apa yang kamu pikirkan”.

“Aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari harus sama dengan kalori yang Anda bakar sepanjang hari – sesederhana itu. Dan jumlah makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari sama dengan kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh,” ujarnya.

Tan yakin 70 persen penampilannya didasarkan pada makanan yang dia makan dan 30 persennya disebabkan oleh olahraga. Dia makan 6 butir telur rebus untuk sarapan dengan hanya 2 kuning telur (karena kolesterol). 

Dia meminum segelas susu dan terkadang menambahkan alpukat dengan buah beri ke dalam sarapannya yang berupa oatmeal. Selain telur, ia makan ayam dengan nasi, sayuran panggang, dan sup ikan di siang hari. 

Fotografer tersebut mengakui bahwa es krim adalah kelemahannya dan itulah sebabnya dia terkadang memakannya tetapi hanya di pagi hari. Ia juga menghindari kopi dan teh namun banyak minum air putih. 

Dia tidak merokok, tidak minum alkohol, dan makan salad yang terbuat dari sayuran segar untuk makan malam.

Aspek penting lainnya dalam gaya hidupnya adalah menjaga pola pikir positif. “Tahukah Anda, setiap kali kami mendengar orang mengatakan bahwa Anda terlihat sangat baik hari ini, Anda akan terlihat bahagia. Bukankah bagus jika kita bisa menjiwai diri kita untuk memiliki pola pikir seperti itu, memiliki pemikiran yang positif, sehat, dan awet muda? Saya pikir setelah jangka waktu tertentu, perasaan itu pada akhirnya akan menjadi diri Anda sendiri.”

 

3 dari 3 halaman

"Ketika Saya Berusia 60 Tahun, Saya Masih Akan Melakukan Apapun yang Saya Suka."

Namun, seperti orang lain, Tan juga berpikir untuk menjadi tua. “Saya berbohong jika saya mengatakan bahwa tidak pernah terlintas dalam pikiran saya bahwa saya ingin belajar bagaimana agar tidak menua. Tapi ini sesuatu yang tidak bisa (dihindari) karena penuaan tidak bisa dihindari,” ujarnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Dia menyindir bahwa meskipun para pengikutnya mungkin memandangnya sebagai “maskot” yang “muda selamanya” seperti Dorian Gray, dia memecahkan gelembung mereka “suatu hari dengan menunjukkan bahwa saya menua secara alami” dalam postingannya.

Jadi, apa yang akan ia lakukan di masa tuanya? Selain melanjutkan bisnisnya saat ini (studio fotografi ChuanDo & Frey dengan Frey Ow, dan AVE Management) dan merilis proyek buku, ia masih akan melakukan aktivitas lainnya.

Mengenai ke depan, lulusan Akademi Seni Rupa Nanyang ini hanya ingin melanjutkan apa yang telah dia lakukan. “Pada saat saya mencapai usia 60, tentu saja saya masih akan melakukan apa pun yang saya sukai, tetapi saya akan ingin menjaga batin, kesehatan mental, dan sebagainya,” ujarnya.

“Saya ingin sekali mengunjungi dunia, dan mungkin terus menginspirasi orang-orang, dengan rutinitas saya, dengan latihan saya – itu akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.