Sukses

Cara Mengelola Kolesterol Tinggi Bagi Pengidap Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi pada diabetes bisa merusak pembuluh darah, memicu aterosklerosis, yang jika dikombinasikan dengan peningkatan kadar kolesterol, akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Liputan6.com, Jakarta - Diabetes dapat berkontribusi terhadap kadar kolesterol tinggi. Diabetes, khususnya diabetes tipe 2, dikatakan dengan resistensi insulin, di mana sel-sel menjadi kurang responsif terhadap insulin.

Ketika efektivitas berkurang, terjadi peningkatan produksi trigliserida dan kolesterol LDL (low- density lipoprotein), yang umumnya dikenal sebagai kolesterol "jahat."

Selain itu, diabetes bisa memengaruhi keseimbangan kolesterol HDL (high-density lipoprotein), yang merupakan kolesterol "baik."

Kadar gula darah yang tinggi pada diabetes bisa merusak pembuluh darah, memicu aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah), yang jika dikombinasikan dengan peningkatan kadar kolesterol, akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Berapa kadar kolesterol baik untuk pengidap diabetes?

Melansir dari Times of India, Jumat (22/12/2023), bagi pengidap diabetes, kadar kolesterol yang diinginkan umumnya adalah kolesterol LDL di bawah 100 mg/dL, kolesterol HDL di atas 40 mg/dL untuk pria dan di atas 50 mg/dL untuk wanita, dan trigliserida di bawah 150 mg/dL.

Mempertahankan tingkat ini sangat penting dalam mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan diabetes.

Penting bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengembangkan rencana yang dipersonalisasi, yang mencakup perubahan gaya hidup, pengobatan dan pemantauan rutin untuk mencapai dan mempertahankan kadar kolesterol optimal dan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan dalam konteks manajemen diabetes.

Kombinasi kolesterol tinggi dan diabetes lebih berbahaya dibandingkan jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan

Penyakit jantung bergantung pada banyak faktor risiko. Faktor risiko tersebut seperti tekanan darah, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok, kurang olahraga, dll. Jadi apakah seorang pasien akan terkena penyakit jantung atau tidak tergantung dari banyaknya faktor risiko yang dimilikinya.

"Jika seorang pasien mempunyai satu faktor risiko, misalkan peluangnya terkena penyakit jantung adalah 10%, tetapi jika ia mempunyai dua faktor risiko, maka kemungkinannya meningkat secara eksponensial. Jadi 1+1 bukanlah dua, tapi setara dengan 11," jelas Dr. Sanjeev Chaudhary, Direktur-Kardiologi, Marengo Asia Hospitals Gurugram.

Jika seseorang sudah mengidap diabetes, yang merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung, maka yang paling penting adalah ia mengontrol kolesterolnya dengan sangat jelas dan tekun akan kombinasi kolesterol tinggi dan diabetes lebih berbahaya daripada jika dikonsumsi sendiri-sendiri.

Jadi, pada pasien pengidap diabetes yang kemungkinan besar dianggap sebagai prekursor penyakit arteri koroner, setidaknya kolesterolnya harus dikelola dengan baik, dengan sangat baik dan harus dilakukan dengan sangat rajin agar faktor risiko, risiko terkena penyakit jantung tetap minimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketika diabetes dan kolesterol tinggi hidup berdampingan, keduanya menciptakan sinergi yang berpotensi membahayakan

Mengontrol kadar kolesterol sangat penting bagi individu dengan diabetes karena peningkatan risiko komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan kedua kondisi tersebut.

"Ketika diabetes dan kolesterol tinggi hidup berdampingan, keduanya menciptakan sinergi yang berpotensi membahayakan yang secara signifikan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya," ucap Dr. Sameer Gupta, Direktur Grup Spesialis Jantung Intervensi Senior - Cardiac Cath Lab, Direktur Metro Group of Cardiologist Rumah Sakit Noida.

3 dari 3 halaman

Bagaimana cara mEngendalikan kolesterol saat Anda pengidap diabetes?

Mengelola kadar kolesterol secara proaktif menjadi sangat penting dalam perawatan diabetes untuk mengurangi risiko ini. Mengontrol kolesterol LDL melalui perubahan gaya hidup, pengobatan jika perlu dan pola makan yang menyehatkan jantung membantu mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

"Selain itu, menjaga berat badan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur dan menghindari merokok berkontribusi signifikan terhadap pengelolaan kolesterol dan mengurangi risiko kardiovaskular pada diabetes," saran Dr. Gupta.

Mengupayakan target kolesterol tertentu sangat penting bagi pengidap diabetes, seringkali melibatkan prograM kontrol yang lebih ketat dibandingkan mereka yang tidak mengidap diabetes.

Pendekatan ini bertujuan untuk menjaga kadar kolesterol LDL lebih rendah dari 100 mg/dL dan selanjutnya mengurangi ambang batas ini dalam kasus dengan risiko kardiovaskular tambahan.

"Selain itu, penyedia layanan kesehatan seringkali menekankan perawatan komprehensif, termasuk pemantauan rutin kadar kolesterol, tekanan darah dan gula darah, sehingga membentuk pendekatan holistik dalam mengelola diabetes dan kolesterol," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.