Sukses

Sering Dibuang, Biji Nangka Ternyata Efektif untuk Tangkal Kolesterol Jahat

Selain enak dikonsumsi, ternyata biji buah nangka juga punya segudang manfaat kesehatan loh! Salah satunya untuk mencegah naiknya kolesterol jahat dalam tubuh. Yuk simak penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Biji buah nangka sering dikonsumsi sebagai camilan dengan cara dikukus maupun digoreng. Rasanya yang gurih dan enak membuatnya banyak disukai masyarakat Indonesia. Namun, bagi mereka yang belum tahu bahwa biji dari buah yang mirip dengan cempedak ini bisa dikonsumsi, mungkin akan membuangnya. 

Hal ini tentu sangat disayangkan, karena selain rasanya yang enak, biji buah nangka cukup bernutrisi. Mengonsumsinya bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan, salah satunya efektif untuk mencegah naiknya kadar LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi biji nangka yang jarang diketahui, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi biji nangka memiliki potensi untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Penumpukan LDL atau kolesterol jahat ini cukup berbahaya jika dibiarkan karena akan menyumbat aliran darah dengan membentuk plak di pembuluh darah. Konsumsi biji nangka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki keseimbangan kadar kolesterol tubuh. 

3 dari 10 halaman

2. Mencegah Insomnia

Biji nangka kaya akan kandungan magnesium yang mana kandungan ini bermanfaat untuk membuat tubuh terasa lebih rileks. Berdasarkan riset dari BMC di tahun 2021 menunjukkan bahwa konsumsi magnesium pada orang dewasa dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur.

4 dari 10 halaman

3. Memiliki Sifat Anti Kanker

Pertumbuhan sel-sel kanker salah satunya dipicu oleh paparan radikal bebas yang merusak jaringan-jaringan dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, tubuh perlu mendapat asupan antioksidan berupa flavonoid, tanin, dan saponin. Ketiga senyawa antioksidan tersebut dapat ditemukan dalam kandungan biji buah nangka. Karenanya, mengonsumsi biji nangka secara rutin dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta memperbaiki kerusakan yang terjadi pada DNA tubuh. 

5 dari 10 halaman

4. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Biji nangka tinggi kandungan zat besi, vitamin A, dan protein. Ketiga kandungan ini bermanfaat salah satunya untuk kesehatan rambut. Protein dan zat besi ini dapat berperan untuk melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut dapat terangsang dengan baik dan memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan. Sedangkan vitamin A berfungsi melindungi lapisan rambut agar tidak mudah rapuh.

6 dari 10 halaman

5. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam biji nangka berperan dalam melancarkan gerak peristaltik usus sehingga feses dapat dilembutkan dengan baik dan mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, serat juga berfungsi sebagai probiotik sebagai asupan kepada bakteri baik di usus yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

7 dari 10 halaman

Biji Nangka Apa Namanya?

Biji nangka, yang umumnya dikenal sebagai beton di kalangan orang Jawa, dapat dimanfaatkan untuk membuat beragam varian hidangan.

8 dari 10 halaman

Apa Saja Manfaat Biji Cempedak?

Biji cempedak memiliki kandungan nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Terdapat vitamin C, vitamin A, fosfor, kalsium, dan zat besi di dalamnya. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tulang, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh Anda.

9 dari 10 halaman

Apa Perbedaan Cempedak dan Nangka?

Di berbagai daerah di Indonesia, buah nangka dapat dengan mudah ditemui, sementara buah cempedak hanya dapat dijumpai di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Oleh karena itu, cempedak dan nangka merupakan jenis buah yang berbeda.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Waktu Merebus Biji Nangka?

Cara untuk memasak biji nangka adalah dengan merebusnya selama 20 hingga 30 menit hingga lunak. Alternatif lainnya, biji nangka dapat dipanggang dalam oven selama 20 menit atau sampai berwarna kecokelatan. Tanggal 3 Desember 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini