Sukses

Mudah Ditiru, Ini Cara Bikin Rebusan Daun Alpukat untuk Jaga Kadar Kolesterol

Tak hanya dapat dikonsumsi buahnya, daun alpukat ternyata juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kolesterol. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Buah alpukat seringkali dikonsumsi baik sebagai camilan, jus, ataupun menu sarapan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat buah bernama latin persea americana ini banyak digemari hampir seluruh kalangan.

Tak hanya berhenti pada buahnya saja, nyatanya daun alpukat juga tak kalah berkhasiat. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa daun alpukat bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dari yang ringan hingga kronis. 

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi daun alpukat dan cara mengolahnya, dirangkum dari beberapa sumber pada Selasa (26/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Daun Alpukat untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Dilansir dari situs alodokter.com, daun alpukat dapat berefek antihiperlipidemia yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh yang berlebih. Selain itu, Jurnal Biomolecular and Health Science mengungkapkan, percobaan yang dilakukan terhadap 25 tikus menunjukkan bahwa sekelompok tikus yang diberikan ekstrak daun alpukat mengalami penurunan kadar kolesterol. 

Meskipun masih diperlukan studi lebih lanjut terkait efek pastinya terhadap manusia, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bahwa daun alpukat berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

3 dari 11 halaman

2. Resep Rebusan Daun Alpukat

Cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat daun alpukat adalah dengan mengonsumsi air rebusannya. Berikut cara yang bisa dilakukan.

  • Siapkan 5 lembar daun alpukat segar yang sudah dicuci bersih
  • Siapkan pula 2 gelas air dan madu (opsional)
  • Pertama, rebus terlebih dahulu air sampai mendidih
  • Lalu masukkan daun alpukat
  • Rebus selama 10 menit hingga airnya sedikit menyusut dan warnanya berubah
  • Saring rebusan daun alpukat
  • Air rebusan daun alpukat bisa dikonsumsi. Bisa ditambahkan madu agar tidak hambar.
4 dari 11 halaman

3. Kandungan Nutrisi Daun Alpukat

Dilansir dari hellosehat.com, berikut beberapa kandungan senyawa yang ada dalam daun alpukat:

  1. Alkaloid (sebagai antioksidan)
  2. Steroid (sebagai anti-inflamasi)
  3. Flavonoid (sebagai antioksidan)
  4. Saponin (sebagai antimikroba dan antijamur)
  5. Tanin (sebagai antiradang dan menjaga metabolisme)
  6. Kalsium
  7. Vitamin A
  8. Vitamin E
  9. Serat
5 dari 11 halaman

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Paparan radikal bebas berpotensi merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mengonsumsi daun alpukat, bisa membantu mencegah masalah tersebut. Ini karena alkaloid dan flavonoid di dalamnya yang berperan sebagai antioksidan mampu mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan. 

6 dari 11 halaman

5. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Terjadinya inflamasi atau peradangan pada persendian akan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri. Ini dapat dibantu dengan mengonsumsi daun alpukat yang mana mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan analgesik. Kedua sifat tersebut dapat membantu meredakan rasa nyeri pada persendian akibat aktivitas berat maupun radang sendi.

7 dari 11 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Boleh Makan Buah Alpukat?

Alpukat mengandung lemak sehat yang menguntungkan bagi tubuh, seperti lemak tak jenuh tunggal. Walau demikian, konsumsi alpukat secara berlebihan dapat meningkatkan kadar lemak jenuh yang juga terdapat di dalamnya, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan oleh individu yang menderita penyakit jantung.

8 dari 11 halaman

Berapa Lembar Daun Alpukat untuk Darah Tinggi?

Untuk meredakan tekanan darah tinggi, daun alpukat dapat dimanfaatkan dengan cara merebusnya. Caranya adalah dengan merebus 5 lembar daun alpukat setengah matang yang berwarna hijau mengkilat yang telah dikeringkan, menggunakan 3 gelas air hingga volume air menyusut menjadi sekitar 2 gelas.

9 dari 11 halaman

Apakah Baik Makan Buah Alpukat Setiap Hari?

Salah satu keunggulan mengonsumsi alpukat harian adalah memperbaiki kesehatan usus. Nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan usus adalah serat.

10 dari 11 halaman

Apakah Jus Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat?

Selain dapat mengurangi kadar kolesterol, jus alpukat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Fakta ini didukung oleh penelitian yang terdokumentasikan dalam jurnal yang berjudul Pengaruh Jus Buah terhadap Kolesterol dan Tekanan Darah pada Orang Dewasa.

11 dari 11 halaman

Apakah Minum Air Hangat Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol?

Konsumsi air yang hangat tidak mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini