Sukses

Kolesterol Naik Usai Lebaran, Ini 7 Buah untuk Mengatasinya

Banyaknya makanan bersantan ketika Lebaran seringkali memicu kolesterol naik setelahnya. Untuk itu perlu diketahui buah-buahan yang secara alami bisa membantu menurunkan kolesterol. Yuk, simak apa saja!

Liputan6.com, Jakarta Selain kumpul keluarga, Lebaran juga menjadi momentum surganya makanan. Sajian yang enak-anak seringkali membuat kalap saat makan. Akibatnya, tidak sedikit yang mengeluhkan kadar kolesterolnya yang naik setelah Lebaran. 

Kondisi ini tentu tidak bisa disepelekan begitu saja karena selain membuat badan terasa tidak nyaman, kolesterol tinggi juga berisiko mendatangkan berbagai penyakit lain. Contohnya, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, sampai stroke. 

Namun demikian, tidak perlu terlalu panik dan khawatir karena beberapa jenis buah-buahan secara alami bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dirangkum dari beberapa sumber pada Selasa (16/4/2024), berikut ini daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan kalium dan serat yang larut dalam air. Kedua kandungan tersebut dapat berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), tekanan darah, dan membantu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. 

3 dari 13 halaman

2. Apel

Apel memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol (LDL)  tubuh yang tinggi. Ini karena dalam buah apel terkandung zat beta-glucan yang mana berperan dalam mengendalikan produksi kolesterol dalam darah. 

Kandungan serat larut-nya juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pengerasan pembuluh arteri. Dengan ini, apel bisa dikatakan baik untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung maupun stroke.

4 dari 13 halaman

3. Tomat

Buah tomat disebut-sebut ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut penelitian dari jurnal Maturitas disebutkan bahwa, tomat yang sudah diolah memiliki khasiat yang hampir serupa dengan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol, statin misalnya. 

Kemampuan tomat dalam menurunkan kolesterol ini didapat dari kandungan senyawa likopen vitamin B, dan kalium di dalamnya. Senyawa likopen berperan sebagai antioksidan yang membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dana stres. Sementara vitamin B dan kaliumnya berguna untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

5 dari 13 halaman

4. Semangka

Sama seperti tomat, semangka juga tinggi kandungan likopen yang memberikan warna merah pada daging buahnya. Kandungan seratnya yang tinggi juga ampuh dalam menghambat tubuh dalam menyerap kolesterol.

6 dari 13 halaman

5. Buah Beri

Buah jenis beri-berian, seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan sejenisnya juga termasuk efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, buah beri diketahui tinggi kandungan serat pektin yang berperan mengikat kolesterol berlebih di usus halus. 

Disebutkan melalui salah satu riset dalam jurnal Nutrients (2019), mengonsumsi buah beri-berian, baik secara langsung, dalam bentuk ekstrak, ataupun jus, terbukti bisa membantu menurunkan kolesterol total dan Low-Density Lipoprotein (LDL).

7 dari 13 halaman

6. Pepaya

Buah lokal yang termasuk mudah dijumpai ini juga dipercaya ampuh untuk kendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah berwarna oranye ini kaya akan nutrisi, seperti antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Antioksidan dalam buah pepaya yang bereaksi dengan enzim paraoxonase mampu membantu mencegah terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah. Hal ini kemudian akan menurunkan risiko timbulnya plak di pembuluh arteri atau aterosklerosis.

8 dari 13 halaman

7. Jeruk Nipis

Buah-buahan sitrus, seperti jeruk nipis termasuk jenis buah yang cukup efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tubuh. Manfaat ini didapat dari tingginya kandungan flavonoid dalam jeruk nipis.

Untuk mengurangi rasa asamnya, jeruk nipis dapat dikonsumsi dengan cara mengirisnya tipis-tipis, lalu diseduh dengan air hangat dan ditambahkan madu. Untuk hasil yang lebih optimal, dapat dikonsumsi dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

9 dari 13 halaman

Apakah Buah Mentimun Dapat Menurunkan Kolesterol?

Buah mentimun diyakini mampu menurunkan kolesterol sekaligus tekanan darah tinggi. Karenanya, tak mengherankan jika timun menjadi salah satu buah yang paling diburu saat acara besar setelah mengonsumsi banyak daging.

10 dari 13 halaman

Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Rupanya, meminum air kelapa secara teratur telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

11 dari 13 halaman

Pisang Apa yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol?

Salah satu metode untuk mengatur kadar kolesterol adalah dengan menambahkan serat dalam pola makan, di antaranya dengan mengonsumsi buah pisang kapok kuning.

12 dari 13 halaman

Apakah Buah Nanas Dapat Menurunkan Kolesterol?

Salah satu manfaat Nanas adalah kemampuannya dalam menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

13 dari 13 halaman

Kolesterol Tinggi Sakitnya dimana?

Kadar kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah di otak karena kurangnya aliran oksigen dan darah. Hal ini dapat menghasilkan gejala seperti penurunan kekuatan pada salah satu sisi tubuh, muntah yang tiba-tiba, atau sakit kepala parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini