Sukses

Makan Enak tapi Kolesterol Tetap Aman, 5 Jenis Ikan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi

Sebagaimana tekanan dan kadar gula darah, kadar kolesterol dalam tubuh bisa melonjak naik. Maka, penting untuk selalu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Menurut American Heart Association (AHA), orang dengan tingkat kolesterol yang tinggi tidak harus sepenuhnya menghindari konsumsi ikan karena khawatir mengonsumsi lemak jenuh yang tinggi. Sebab, ikan dan makanan laut secara umum mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi dan berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol tetap bisa mengonsumsi ikan tanpa perlu khawatir akan risiko lonjakan kolesterol. Bahkan, AHA merekomendasikan peningkatan konsumsi beberapa jenis ikan, seperti salmon dan tuna sebagai langkah untuk menjaga kadar kolesterol, dengan mengonsumsinya setidaknya 8 ons ikan per minggu.

Berikut 5 jenis ikan yang bisa dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi, dirangkum pada Jumat (19/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Ikan Salmon

Per 100 gram ikan salmon terkandung 0,93 gram asam lemak dan omega 3. Ikan salmon bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan kulit karena kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Tak hanya itu, meski dalam kadar rendah ikan salmon mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti zinc, fosfor, kalium, dan selenium.

3 dari 11 halaman

2. Ikan Makarel

Jenis ikan makarel, seperti ikan tenggiri dan ikan kembung, juga menjadi rekomendasi ikan yang aman dikonsumsi orang dengan riwayat kolesterol tinggi. Kurang lebih sama dengan ikan salmon, ikan makarel kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, fosfor, dan selenium.

4 dari 11 halaman

3. Ikan Tuna

Selanjutnya, ikan kaya nutrisi yang direkomendasikan bagi pengidap kolesterol tinggi adalah ikan tuna. Dalam 100 gram ikan tuna terkandung 1,11 gr omega 3 yang mana bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, nutrisi lain yang ada dalam ikan ini diantaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, zat besi, kolin, dan folat.

5 dari 11 halaman

4. Ikan Nila

Pilihan lain jenis ikan untuk penderita kolesterol tinggi ada ikan nila. Dalam 100 gram ikan nila terkandung 0,20 gram asam lemak omega 3. Adapun kandungan lainnya meliputi vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan magnesium. 

6 dari 11 halaman

5. Ikan Herring

Terakhir ada ikan herring. Jenis ikan ini mungkin terdengar asing, namun ikan ini sebenarnya banyak digunakan untuk olahan sarden. Kandungan omega 3 dalam ikan ini mencapai 0,46 gr dalam setiap takaran 100 gram-nya. Selain itu, ikan herring juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin D, tembaga, fosfor, dan kalium. 

7 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Ikan Salmon Mahal?

Untuk mendapatkan ikan salmon, negara seperti Norwegia sering menjadi pilihan utama untuk diimpor. Pasalnya, Norwegia merupakan produsen ikan salmon yang cukup besar.

8 dari 11 halaman

Ikan Salmon Berasal dari Air Apa?

Ikan salmon menetap di perairan Samudra Atlantik serta Samudra Pasifik.

9 dari 11 halaman

Kenapa Disebut Ikan Nila?

Asal-usul nama "Nila" merujuk pada tempat kelahiran ikan yang terkenal dengan dagingnya yang lezat. Ikan nila diambil dari Sungai Nil, aliran air di Afrika yang bermula dari Uganda dan Sudan, kemudian mengalir hingga ke Mesir.

10 dari 11 halaman

Ikan Tuna Itu Ikan Apa?

Salah satu spesies dari ikan yang hidup di laut yang memiliki daging berwarna merah muda atau merah tua adalah ikan tuna.

11 dari 11 halaman

Bentuk Ikan Tuna seperti Apa?

Bentuk badan tuna menyerupai torpedo, dikenal sebagai fusiform, sedikit mengecil di sisi-sisinya dan memiliki moncong yang tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini