Sukses

Penyakit Celine Dion Makin Parah, Sang Kakak Ungkap: Belum Ada Obat yang Bekerja tapi Kami Tak Hilang Harapan

Penyakit yang diderita Celine Dion dikabarkan makin parah.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi legendaris Kanada Celine Dion tidak lagi memiliki 'kontrol atas ototnya.' Demikian menurut kakak perempuannya, Claudette Dion.

Setahun setelah sang pelantun "My Heart Will Go On" itu terpaksa membatalkan tur dunianya pada Desember lalu, saudara kandungnya, Claudette Dion, mengatakan bahwa mungkin perlu beberapa saat sebelum Celine Dion kembali ke panggung setelah perjuangannya melawan kelainan saraf yang disebut stiff person syndrome.

Kondisi Celine yang bersifat progresif dan tidak dapat disembuhkan menyebabkan tubuh menyerang sel sarafnya sendiri dan berdampak buruk pada mobilitas.

'Dia bekerja keras, tetapi dia tidak memiliki kendali atas ototnya. Yang menghancurkan hati saya adalah dia selalu disiplin,' kata Claudette kepada 7 Jours.

"Dia selalu bekerja keras. Ibu kami selalu memberitahunya, 'Kamu akan melakukannya dengan baik, kamu akan melakukannya dengan benar."

Dia melanjutkan, 'Memang benar bahwa baik dalam mimpi kami maupun mimpinya, tujuannya adalah untuk kembali ke panggung. Dalam kapasitas apa? Aku tidak tahu.'

Meskipun penelitian mengenai kondisi ini sedang dilakukan, kelangkaan penyakit tersebut menyebabkan kemajuan penyembuhan penyakit yang lambat.

Claudette menambahkan, 'Pita suara adalah otot, dan jantung juga merupakan otot. Inilah yang datang untuk menangkap saya. Karena ini hanya 1 dari sejuta kasus, para ilmuwan belum melakukan banyak penelitian karena penyakit ini tidak berdampak pada banyak orang.'

Badan amal keluarga Celine, Fondation Maman Dion, dibanjiri pesan dukungan untuk sang bintang.

Claudette berkata, 'Beberapa orang kehilangan harapan karena penyakit yang tidak diketahui secara pasti. Andai saja Anda tahu jumlah panggilan telepon yang diterima Yayasan tentang Celine! Orang-orang mengatakan kepada kami bahwa mereka mencintainya dan berdoa untuknya. Dia mendapat begitu banyak pesan, hadiah dan salib yang diberkati.'

Claudette sebelumnya mengungkapkan bahwa meskipun bekerja dengan 'peneliti terkemuka di bidangnya', kesehatan saudara perempuannya hanya terlihat sedikit perbaikan.

Dia mengatakan kepada Le Journal de Montreal: 'Kami belum menemukan obat yang bekerja, namun kami tidak kehilangan harapan.'

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih berencana tampil

Pada bulan Oktober, Claudette mengatakan Celine belum bergantung pada kursi roda untuk bepergian dan masih berencana untuk kembali tampil.

Orang yang menderita sindrom orang kaku (SPS) dapat mengubah penderitanya menjadi 'patung manusia', membuat mereka kesulitan berjalan atau berbicara.

Kondisi ini, yang diperkirakan hanya menyerang satu dari sejuta orang, juga dapat menyebabkan kejang yang menghasilkan kekuatan yang cukup untuk menyebabkan patah tulang.

Biasanya, pasien didiagnosis berusia sekitar 30-50 tahun, dan sebagian besar adalah wanita.

Bintang tersebut pertama kali mengungkapkan diagnosisnya pada Desember 2022 melalui postingan Instagram yang berlinang air mata, dan beberapa bulan kemudian membatalkan tur dunianya, yang dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2023.

Pada bulan September, sebuah video muncul di YouTube berjudul 'Keluarga Celine Dion Mengungkapkan Bagaimana Dia Meninggal', di mana seorang narator yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa penyakitnya yang tidak dapat disembuhkan 'berkembang dengan sangat cepat'. Video tersebut telah dipublikasikan ulang di TikTok, dan telah ditonton lebih dari 430.000 kali.

 

3 dari 3 halaman

Membantah rumor

Klip tersebut memicu rumor di media sosial bahwa artis pemenang penghargaan Grammy itu kini harus menggunakan kursi roda dan kesulitan untuk bergerak.

Namun, saudara perempuan Celine membantah hal tersebut.

“Saya tahu bahwa secara moral, mental, dia kuat. Dia tidak depresi sama sekali… dia benar-benar menikmati hidup. Kami akan melewati ini,' kata saudara perempuannya, Claudette, kepada situs berbahasa Prancis showbizz.net.

Mengenai rumor tersebut, Claudette berkata: 'Mengapa mereka mengatakan dia menggunakan kursi roda? Mengapa mereka mengatakan dia menderita kanker? Mengapa Anda menciptakannya?

Meskipun Celine Dion kesakitan, dia tidak menyerah pada rencana untuk kembali ke panggung, menurut saudara perempuannya.

Awal tahun ini, Claudette juga mengatakan kepada showbizz.net bahwa ikon tersebut sedang menjalani masa pemulihan di Denver dan mengikuti rencana perawatan dokternya dengan cermat karena dia 'ingin kembali, itu sudah pasti.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.