Sukses

Pria, Perhatikan 4 'Red Flag' Saat Kencan yang Sering Kali Dilewatkan dalam Hubungan

Isyarat-isyarat ini tidak mudah dikenali, namun dapat dengan mudah menjadi tanda-tanda yang bisa Anda ketahui. Apa saja? Cek artikel selengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta - Bisa dibilang, hubungan asmara dan kencan saat ini agak sedikit rumit dibandingkan sebelum-sebelumnya, ya. Apalagi jika Anda sudah berusia 25 tahun ke atas jadi rasanya harus lebih berhati-hati dalam memilih pasangan. 

Terlebih jika pasangan atau calon pasangan rupanya senang mengatur. Jadi dia senang memutuskan apa yang harus dikenakan bersama, ke mana harus pergi, apa yang harus dibicarakan, seberapa banyak yang ingin dibagikan tentang diri Anda—dan masih banyak lagi.

Namun jika Anda terjebak dalam toxic relationship, Anda akan menghadapi situasi yang lebih menantang. Untuk mempermudahnya, seorang terapis di Men's Mental Health Institute seperti yang dilansir dari Best Life, Jumat (15/12/2023), baru-baru ini membagikan tiga tanda red flag yang biasanya diabaikan oleh pria "yang memakai penutup mata" sehingga mereka seperti tidak melihat tanda-tanda tersebut.

Teruslah membaca untuk mengetahui apa yang dia katakan agar Anda perhatikan sehingga Anda dapat menghindari lebih dari sekadar kencan yang buruk.

1. Gampang cemburu

Kecemburuan adalah indikator pertama bahwa wanita yang bersama Anda mungkin adalah orang yang toxic, menurut video TikTok dari @christiectherapy.

“Jika kecemburuannya berarti mengendalikan siapa yang dapat Anda lihat, dengan siapa Anda dapat berbicara, apa yang dapat Anda lakukan: Keluarlah,” kata terapis.

Perasaan cemburu mungkin berasal dari kurangnya kepercayaan. Jessica Miller, LMHC dari PsycheMag, sebelumnya mengatakan kepada Best Life bahwa seseorang yang kurang mempercayai pasangannya cenderung lebih sadar akan keberadaan dan pola pasangannya sehari-hari.

“Orang yang sangat cemburu sangat sadar akan pasangannya dan mengamati setiap gerakannya,” katanya.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Suka mem-bully Anda

Selanjutnya, TikToker mengatakan bahwa, "Komunikasi terbuka adalah satu hal, namun penindasan adalah hal lain."

Godaan ringan dan lelucon yang bersifat pribadi dapat diterima. Akan ketika, jika suasana hati berubah menjadi hinaan atau komentar kasar, hal itu akan berubah menjadi hal yang beracun.

“Jika pasangan Anda secara terang-terangan mengabaikan pendapat Anda, meremehkan perasaan Anda, atau meremehkan Anda di depan orang lain, ini adalah tanda pasti bahwa hubungan tersebut sedang menuju toksisitas,” kata Harman Awal, pakar kencan dan hubungan di Cupid and Cuddles.

Untuk itu, coba perhatikan kembali tingkahnya akhir-akhir ini. Apakah dia sendiri senang melakukan seperti itu atau tidak? Jika iya, bisa jadi inilah tanda red flag yang terlihat dan sebaiknya Anda mundur.

3 dari 4 halaman

3. Sering menerapkan standar ganda

Tentunya Anda dan pasangan harus mengetahui bahwa saat menjalin hubungan itu harus setara satu sama lain. Seperti misalnya jika kalian berdua memiliki aturan tertentu, keduanya harus saling menetapinya. 

“Aturan yang sama yang dia miliki untuk Anda, dia juga harus memilikinya untuk dirinya sendiri,” jelas terapis TikTok.

Seperti contohnya, saat Anda pergi keluar dengan teman-teman, Anda akan terus mengirimkannya pesan untuk mengabarkan posisi atau kapan Anda pulang. Namun sayangnya, dia tidak pernah melakukan hal tersebut. Jadi, dia seperti tidak ingin mengirimkan pesan sama sekali saat keluar.

jadi, alih-alih seimbang, hubungan malah berubah menjadi perebutan kekuasaan atau kebutuhan akan kendali.

4 dari 4 halaman

4. Tidak menghormati Anda sebagai pasangan

Selain tanda-tanda yang menunjukkan toxic relationship ini, mungkin ada tanda bahaya lain yang menunjukkan bahwa Anda tidak dihormati. Dari dua video yang terpisah, @christiectherapy, membagikan dua cara umum terjadinya hal ini.

Salah satu contoh yang pertama yaitu ketika pasangna Anda sering mengunggah foto-fotonya sendiri secara terbuka secara online. Bisa juga berupa sedang menggoda atau berinteraksi dengan pria lain.

"Dia tidak terlalu menghormati Anda atau hubungan Anda berdua satu sama lain," kata terapis.

"Cara kedua yang membuat pria tidak dihargai dalam suatu hubungan adalah jika dia tidak membiarkan Anda berpendapat," tambah terapis tersebut.

Dari 4 tanda tersebut, manakah yang sering pasangan Anda lakukan selama ini? Seandainya ada salah satu dan Anda tahu hubungan ini bisa menjadi lebih beracun lagi, sebaiknya segera berpisah dan move on.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.