Sukses

5 Rekomendasi Anime Terbaik 2023, Anda Sudah Nonton?

Nah, penasaran apa saja serial anime terbaik 2023? Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia anime semakin berkembang. Dengan kembalinya acara favorit penggemar seperti Jujutsu Kaisen ke layar kaca dan merilis acara orisinal baru seperti Pluto dari Netflix, apakah tahun 2023 menjadi tahun terbaik?

Tahun 2022 merupakan tahun yang sulit untuk diikuti. Ini menghadirkan serial luar biasa seperti Chainsaw Man dan Spy X Family, bersamaan dengan kembalinya raksasa industri Bleach, Attack on Titan dan Mob Psycho 100.

Namun, di tahun 2023 meningkatkan standar tersebut lebih tinggi lagi, menetapkan standar baru dengan beberapa acara hit.

Nah, penasaran apa saja serial anime terbaik 2023? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Dexerto, Sabtu (9/12/2023).

 

1. Jujutsu Kaisen Season 2

Jujutsu Kaisen terjadi di dunia yang menyaksikan kutukan mematikan yang mengancam umat manusia. Para penyihir SMA Jujitsu yang sangat terlatih mempunyai tanggung jawab untuk melawan mereka.

Ceritanya bermula ketika seorang anak laki0laki bernama Yuji Itadori melepaskan kutukan terkuat dengan menelan salah satu jarinya yang busuk.

Serial ini adalah gagasan Gege Akutami, mangaka paling brutal di industri. Sejujurnya, JJK bukanlah karya Shonen biasa--sebenarnya, lebih dari itu.

Saat menonton animenya pasti merinding. Season 1 dari serial ini memang mengesankan, tetapi season kedua telah membuat popularitas serial ini meroket.

Jujutsu Kaisen telah memberi kita beberapa karakter menarik seperti Gojo, Yuji, Megumi, Nanami dan banyak lagi. Namun, jika Anda seorang pendatang baru dan akan mulai menonton serial ini, Anda diminta untuk tidak terlalu terikat dengan karakter utama mana pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Attack on Titan Finale

Tidak ada kejutan untuk anime populer ini tahuun ini. Episode terakhir Attack on Titan (Season 4 part 3) membuat heboh internet ketika ditayangkan perdana pada 4 November.

Meskipun terdapat kontroversi, musim terakhir yang berlangsung selama tiga tahun, dan akhirnya manga yang memecah belah, karya klasik modern Hajime Isayama akhirnya mendapatkan akhir yang layak.

Studio MAPPA membuat final yang epik dan berdurasi panjang, menghidupkan Rumbling yang menjadi akhir dunia dengan perpaduan animasi 2D dan 3D yang menakjubkan.

Mengakhiri 100 episode aksi yang intens, kematian brutal dan alur cerita yang memusingkan bukanlah hal yang mudah, tetapi episode terakhir berhasil disampaikan, memperkuat posisi Attack on Titan dalam sejarah sebagai salah satu anime terhebat sepanjang masa.

3. Frieren: Beyond Journey’s End

Frieren: Beyond Journey’s End adalah anime lainnya dengan gaya seni yang indah dan narasi yang ringan. Ini adalah serial anime yang diproduksi oleh studio animasi terkenal Madhouse. Yang juga dijadikan Howl's Moving Castle, Sprited Away dan Death Note.

Anime yang mengikuti seorang penyihir elf yang mencari makna hidup baru setelah perang, tidak hanya menarik perhatian mereka yang telah membaca manganya tetapi juga menarik penggemar anime dengan visualnya yang indah.

Di era di mana anime berdarah dan kelam seperti Jujutsu Kaisen, Chainsaw Man dan Attack on Titan memiliki banyak penggemar, Frieren: Beyond Journey's End bisa menjadi pelarian sempurnamu ke dunia yang indah dan menawan.

3 dari 4 halaman

4. Vinland Saga Season 2

Vinland Saga awalnya merupakan serial Shonen. Namun film tersebut segera dipindahkan ke kategori Seinen setelah kontennya menjadi terlalu dewasa untuk penonton muda.

Season 1 tidak memperoleh jumlah penonton karena debutnya di Prime Video, bukan platform yang memiliki reputasi baik untuk penggemar anime.

Namun, serial ini segera diakui sebagai serial yang diremehkan, kemudian diambil alih oleh MAPPA yang dilisensikan oleh Netflix, dan mendapatkan audiens yang lebih besar.

Animanga adalah sebuah karya seni indah yang menampilkan alur cerita unik, dengan season kedua mengikuti Einar dan Thorfinn saat mereka bekerja sama menuju kebebasan dari dosa masa lalu.

Pertumbuhan karakter protagonis utama juga patut diacungi jempol. Season kedua dimulai agak lambat, tanpa banyak adegan aksi, namun dengan cepat bertambah cepat dan membuktikan bahwa ia berpotensi menjadi salah satu anime terpopuler sepanjang masa.

 

4 dari 4 halaman

5. Spy X Family Season 2

Terpilih sebagai anome yang paling dinantikan pada musim gugur 2023, episode pembuka Spy X Family season 2 memecahkan rekor dengan melampaui dua juta penayangan dalam tiga hari.

Dengan lebih sedikit episode, namun lebih banyak aksi, kesialan lucu keluarga Forger memikat penonton di tengah latar belakang spionase dan politik global.

Mengikuti keluarga sementara dalam petualangan baru, di Spy X Family season 2 terus menguasai Agen mata-mata Twilighy dalam misinya dengan nama samaran Loid Forger, bersama Anya dan istri pembunuhnya, Yor.

Menawarkan karakter karismatik dan perpaduan terampil antara kehidupan rumah tangga dan humor, Spy X Family season 2 selalu ditakdirkan untuk memenangkan hati keluarga--meskipun ironisnya, mengingat premisnya berkisar pada keluarga palsu namun menawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.